Sukses

Rachel Vennya Bagikan Tips Packing untuk Liburan, Satu Koper Bisa Muat Banyak

Liputan6.com, Jakarta - Liburan menjadi aktivitas menyenangkan yang dinantikan bagi kebanyakan orang, apalagi menjelang akhir tahun. Liburan bukan hanya soal destinasi, akomodasi, dan juga kuliner, tetapi juga persiapan soal barang bawaan juga harus diperhatikan.

Berbagai perlengkapan mulai dari busana, aksesori, alat makeup, hingga barang-barang lain untuk menunjang liburan tidak boleh lupa untuk disiapkan. Terkadang banyaknya barang yang dibawa membuat koper tak cukup dan sulit untuk ditutup. Rupanya ada tips dan trik tersendiri agar satu koper bisa menampung banyak barang.

Selebgram Rachel Vennya membagikan tips dan trik ini melalui akun Instagramnya, @rachelvennya. Dalam unggahan, Rachel membagikan lima cara packing praktis untuk liburan.

1. Memilih Koper

Yang pertama tentunya adalah memilih koper yang akan kita bawa selama liburan. Pilih ukuran koper yang sekiranya cukup untuk menampung barang. Selain itu, Rachel merekomendasikan penggunaan koper bukaan atas agar barang-barang tidak berantakan saat dibuka.

2. Buat Daftar Barang Bawaan

Sebelum memulai packing, cobalah untuk mencatat barang apa saja yang hendak dibawa. Susun outfit yang hendak dikenakan per hari agar lebih mudah dalam menyusun daftar.

3 Masukkan Barang Bawaan Dalam Travel Bag

Penggunaan travel bag rupanya sangat membantu agar isi koper tidak mudah berantakan. Pisahkan tiap travel bag untuk outfit harian, pakaian dalam, perintilan busana, aksesori, sepatu, tas, alat makeup, toiletry kit, dan medical kit. Saat kita ingin mengambil pakaian dalam misalnya, cukup ambil travel bag nya saja jadi tidak membuat barang-barang lainnya berantakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

4. Pilih Travel Bag yang Lebih Kaku untuk Alat Elektronik

Bila hendak membawa kamera maupun peralatan elektronik lainnya, pastikan peralatan seperti kamera, charger, kabel dan lainnya tersimpan dalam travel bag yang lebih kaku. Tujuannya agar tidak mudah terbanting.

5. Vakum Pakaian

Cara yang satu ini mungkin belum pernah Anda lakukan sebelumnya. Bila ingin berlibur terutana saat musim dingin, Rachel menyarankan untuk vacuum pakaian agar lebih ringkas lantaran baju musim dingin biasanya cukup tebal. Vakum juga bisa digunakan bila pakaian yang dibawa cukup banyak.

Selain tips dari Rachel Vennya, berikut ini ada cara tentang packing koper untuk liburan, yang dilansir dari kanal Hot Liputan6.com.

1. Pakaian Digulung, Tidak Ditumpuk

Menumpuk pakaian di koper dengan cara dilipat seperti biasa akan lebih memakan tempat daripada jika digulung. Anda bisa menggulung berbagai pakaian untuk mendapatkan ruang yang lebih luas dan memungkinkan Anda untuk membawa lebih banyak barang jika memang dibutuhkan. Bila Anda adalah orang yang biasanya membawa banyak baju saat liburan, cara ini akan sangat membantu.

 

3 dari 4 halaman

2. Gunakan Kantong Kedap Udara

 

Kantong kedap udara diperlukan untuk mengkerutkan ukuran berbagai barang atau pakaian. Anda bisa memasukkan jaket, baju anak-anak hingga beberapa mainan lembut ke dalam kantong kedap udara ini. Bahkan setelah Anda selesai liburan dan akan packing untuk pulang nantinya, kantong kedap udara atau disebut juga dengan vacuum bag ini bisa menjadi tempat menyimpan baju kotor yang Anda pakai saat liburan.

3. Packing Barang-Barang Kecil dengan Baik

Biasanya barang-barang kecil ini malah membuat lebih bingung karena mudah tercecer dan hilang. Untuk membawa barang-barang kecil seperti cincin, anting, kalung dan aksesori lainnya Anda bisa membeli pillbox. Sedangkan, barang-barang kecil seperti kaca mata, kaus kaki, hingga USB bisa diletakkan di dalam sepatu.

4. Jangan Menyisakan Ruang Kosong

Dalam packing koper untuk liburan, Anda jangan sampai menyisakan ruang kosong. Jika ada sedikit saja ruang kosong dalam koper, susunan packing di dalam koper bisa kacau lagi. Untuk mengantisipasi bila koper Anda masih ada ruang kosong, Anda bisa memasukkan gumpalan kertas atau koran dan semacamnya.

4 dari 4 halaman

5. Pakai Prinsip Piramida

 

Prinsip piramida adalah meletakkan barang-barang besar di bawah terlebih dahulu, dan diakhiri dengan barang kecil layaknya priamida. Anda bisa mengimprovisasi proses packing koper sesuai kebutuhan.

Pertama-tama, masukkan sepatu di bagian paling bawah koper, bersama dengan celana jeans atau pakaian yang mudah kusut lainnya, bagian ini akan menjadi alas dan pelindung barang-barang lainnya, letakkan memanjang dan jangan digulung. Selanjutnya, masukkan baju-baju yang sudah Anda gulung sebagai bagian tengah dari piramida.

Setelah itu masukkan barang-barang yang mudah pecah dan rapuh, seperti kosmetik, aksesori, atau dokumen di bagian paling atas dari piramida koper. Langkah terakhir adalah membungkus barang-barang tersebut dengan sisa dari celana jeans.

6. Pisahkan Perlengkapan Pribadi

Setiap orang pasti punya perlengkapan pribadi yang wajib dibawa ke mana pun mereka pergi. Contohnya perlengkapan skin care, peralatan mandi, dan benda-benda pribadi lainnya.

Untuk memudahkan Anda mengemas benda tersebut, disarankan untuk menggunakan goodie bag atau tas khusus seperti tas Ziploc. Simpan benda-benda pribadi itu dalam satu tas sehingga bila sewaktu-waktu Anda membutuhkan, akan lebih mudah untuk mencarinya.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS