Sukses

Kondisi Terkini Nani Wijaya, Warganet Doakan Sehat Selalu

Seorang pengguna TikTok membagikan video singkat bersama Nani Wijaya.

Liputan6.com, Jakarta - Dunia seni peran Tanah Air memiliki segudang talenta berbakat, salah satunya aktris senior Nani Wijaya. Setelah lama tak terdengar kabarnya, aktris yang berkarier sejak era 60-an ini muncul dalam sebuah video TikTok.

Adapun video TikTok tersebut diunggah oleh akun kitanlia pada Senin, 10 Oktober 2022. Dalam video berdurasi 18 detik itu menampilkan kondisi Nani Wijaya kini dengan pemilik akun tersebut duduk berdampingan.

"Ini oma, Oma Wijaya. Nih dulunya artis nih," kata pemilik akun kitanlia dalam video

Ia juga menuliskan keterangan singkat di dalam video yang berbunyi, "nani wijaya sekarang sudah tua sehat ya omah."

Sejak diunggah, video tersebut sudah disaksikan lebih dari 3,3 juta kali. Tak hanya itu, video juga disukai lebih dari 147 ribu kali dan dikomentari lebih dari 7.800 kali.

Pemilik akun kitanlia juga membalas salah seorang warganet dengan mengunggah kembali video tersebut. Adapun warganet tersebut turut berkomentar, "sehat selalu ya oma idola masa kecilku. i love you oma."

Pada video itu, perempuan yang duduk di sebelah Nani Wijaya diketahui adalah pekerja di rumah sang aktris senior. "nh sy kerja di rumah ibu nani wijaya maaf syah ga bisa balas satu persatu ya sahabat," tulisnya dalam kolom keterangan.

Unggahanya tersebut turut dibanjiri komentar yang didominasi mendoakan Nani Wijaya agar sehat selalu. "wajah pangling tp suara msh inget,,, love u mama Nani Wijaya sehat selalu," tulis seorang warganet.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Doa Sehat Selalu

"tetep cantik. suara ttp merdu. selamat menikmati hari tua bu Nani. semoga sehat dan bahagia selalu," lanjut warganet lain.

"artis senior...sehat selalu omah nani wijaya," tulis warganet. "sehat selalu bu nani wijaya ....kita pun akan mengalami proses yg sama ..." tambah lainnya.

"Semoga selalu dalam lindungan ALLAH SWT dan selalu diberi kesehatan ya oma NANI WIJAYA artis legendaris," tulis warganet.

"suaranya gak berobah,,,sehat selalu ya bunda nani wijaya," jelas warganet. "sehat sell ea bu and pjng umur.. amiin ya robal alamiin.." tambah lainnya.

"sehat selaluu omahh.. aku penggemar omaahh," tulis warganet.

"sehat2 omah pantesan udh g pernh keliatan..sehat2 omah kangen jd maky oneng," tulis lainnya.

"ya Allah blm lama, bbrapa hari lalu pdhal tiba2 sempet kepikiran Nani Wijaya Udah ngga pernah keliatan,gmna kabarnya ya.. eh skrg FYP," tulis seorang warganet.

"sehat selalu oma,seumuran sama oma aku,salam sungkem kagem oma nani," tambah lainnya.

3 dari 4 halaman

Aktris Senior

Dikutip dari Showbiz Liputan6.com, Nani Wijaya adalah aktris kelahiran Cirebon, Jawa Barat, 10 November 1944. Namanya tentu tidak asing di dunia seni peran Indonesia, beberapa tahun lalu, ia juga dikenal sebagai Emak Eti di sinetron komedi Bajaj Bajuri.

Kiprah Nani Wijaya sebagai seorang aktris kawakan sudah dimulai sejak 1960. Kala itu ia masih remaja, tepatnya usia 16 tahun. Kala itu, ibu enam anak ini memulai akting sebagai karakter pendukung dalam film berjudul Darah Tinggi.

Kariernya terus menanjak seiring berjalannya waktu. Beberapa film yang dimainkannya pun sempat mendapat apresiasi seperti Menyusuri Jejak Berdarah (1967), Cinta Pertama (1973), Binalnya Anak Muda (1978), Roda-Roda Gila (1978), Harmonikaku (1979), dan banyak lagi.

Nani Wijaya juga tampil di empat film Catatan si Boy yang dibintangi oleh Onky Alexander dan Meriam Bellina. Sejumlah film populer yang dimainkannya antara lain adalah Yang Muda Yang Bercinta (1977), R.A. Kartini (1982), serta Ummi Aminah (2012). Bahkan, banyak film-film lawas yang mengantarkannya menang maupun masuk nominasi di ajang Festival Film Indonesia selama beberapa tahun. Aktris yang memiliki suara khas ini juga pernah kuliah jurusan Kriminologi.

4 dari 4 halaman

Peran hingga Layar Kaca

Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia, Nani Wijaya pun mulai menemukan karakter yang selalu pas untuk dimainkan, yakni seorang ibu dengan watak berbeda-beda. Kadang keras kepala, namun ada juga yang selalu eksentrik.

Salah satu perannya sebagai seorang ibu yang cukup terkenal adalah dalam film Yang Muda Yang Bercinta (1977). Berkat perannya itulah Nani menang penghargaan di Festival Film Indonesia (FFI) 1978 kategori Pemeran Pendukung Wanita Terbaik.

Film seperti Gara-Gara Janda Kaya, Roda-Roda Gila, hingga Yang, juga memperlihatkan akting Nani Wijaya sebagai seorang ibu dengan watak yang berbeda-beda. Setelah tampil di puluhan film hingga era 1990-an, Nani Wijaya pun memutuskan untuk lebih banyak terjun di dunia layar kaca sepanjang era 2000-an.

Sejumlah sinetron populer era 2000-an diperankannya seperti Wah Cantiknya, Cinta SMU, Bajaj Bajuri, Si Cecep, dan banyak lagi. Di dalam beberapa sinetron yang dimainkannya, Nani Wijaya tampil sebagai seorang ibu untuk karakter utama atau karakter pendukung.

Peran ikonis Nani Wijaya didapatnya sewaktu ia tampil di sinetron komedi Bajaj Bajuri. Di situ, ia berperan sebagai Emak Eti, ibu dari tokoh utamanya, Bajuri, yang diperankan Mat Solar.

Watak Emak Bajuri yang sangat khas membuat nama dan sosok Nani Wijaya menjadi populer di kalangan masyarakat. Hal itu juga dialami oleh Mat Solar dan para bintang lain sinetron ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.