Sukses

6 Fakta Menarik Irlandia, Perayaan Halloween Bermula Dari Sini

Perayaan Halloween tidak bisa dilepaskan dari kebudayaan masyarakat kuno Irlandia.

Liputan6.com, Jakarta - Irlandia merupakan negara tetangga Inggris dengan Dublin sebagai ibu kotanya. Luas wilayahnya sekitar 70.273 km persegi.

Batas wilayah Irlandia dibagi menjadi empat bagian. Bagian timur Irlandia berbatasan langsung dengan Laut Irlandia, dan bagian utara langsung berhadapan dengan Irlandia Utara. Irlandia berbatasan dengan Samudra Atlantik di sebelah barat dan selatan.

Republik Irlandia adalah demokrasi parlementer. Konstitusinya diumumkan pada 1937 dan dapat diubah melalui referendum. Kepala negara negara, presiden (uachtarán), dipilih langsung oleh publik untuk masa jabatan tujuh tahun dan memenuhi syarat untuk dipilih kembali untuk masa jabatan kedua, mengutip dari Britannica pada Rabu, 14 September 2022.

Irlandia memiliki fakta-fakta lain yang mungkin belum diketahui. Berikut enam fakta menarik Irlandia yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber.

1. Halloween

Tahukah kamu bahwa Halloween berasal dari Irlandia? Dasar untuk tanggal liburan menyenangkan ini kembali ke lebih dari 2000 tahun saat festival Celtic Samhain. Masyarakat kuno Irlandia merayakan hari ketika orang mati akan kembali berjalan di Bumi setahun sekali sebelum tahun kalender baru dimulai, mengutip dari Theplanetd.com.

Wisatawan yang mengunjungi Irlandia pada akhir Oktober mendapatkan kesempatan untuk mengalami festival malam semua hallow terbesar di negara itu. Destinasi teratas di dunia untuk merayakan liburan seram ini adalah Derry, Irlandia Utara, yang dulu masih menyatu dengan Irlandia.

Londonderry Banks of the Foyle Halloween Carnival menawarkan perayaan empat hari yang menakutkan selama minggu terakhir bulan Oktober setiap tahun. Ini menampilkan parade, api unggun, dan tentu saja, orang-orang dari segala usia berpakaian seperti hantu dan monster favorit mereka.

2. Tambang Seng Terbesar Di Eropa

Irlandia juga terkenal dengan tambang sengnya di dekat Navan, County Meath. Ada tiga yang beroperasi Yang terdalam adalah tambang Tara dengan kedalaman Tara 3.300 kaki. Ukuran dan kedalaman tambang aktif ini menjadikannya yang terbesar di Eropa.

Dua lainnya yang beroperasi adalah Tipperary dan Drummond. Irlandia adalah pemasok konsentrat seng terbesar di Uni Eropa. Tambang besar ini telah beroperasi selama lebih dari 30 tahun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Rumah bagi Tiga Pabrik Bir Terkenal

Negara kepulauan ini dikenal dengan bir dan minuman keras premium. Sejarah pembuatan bir di negara ini sudah ada sejak 5.000 tahun yang lalu.

Saat ini, negara ini menjadi rumah bagi sekitar 75 pabrik bir independen yang menghadirkan bir kerajinan unik ke ribuan pub di negara ini. Tiga produsen yang paling terkenal yakni Guinness, Smithwicks, dan Harp Lager.

Pabrik bir Guinness menyewa tanah Irlandia selama 9.000 tahun. Sang pendiri Arthur Guinness menandatangani kontrak terakhir di St. James's Gate pada 1759. Perusahaan mengekspor bir terkenalnya ke Inggris untuk pertama kalinya pada 1769.

Guinness sangat populer dengan 10 juta pint makanan lezat yang diproduksi setiap hari di Dublin. Menuangkan pint Guinness yang sempurna itu penting dan membutuhkan waktu. Dibutuhkan 119,5 detik untuk menuangkan bir pada sudut 45 derajat.

Guinness juga lekat buku catatan rekor dunianya. Guinness Book of World Records dibuat oleh Sir Hugh Beaver pada 1950an. Dia adalah direktur pelaksana Guinness pada saat itu.

Setelah berdebat tentang burung buruan tercepat di Eropa, dia menyadari tidak ada jawaban yang dia butuhkan. Perdebatan seperti itu muncul sepanjang waktu di pub Irlandia. Untuk memenuhi kebutuhan informasi berdasarkan fakta dan angka, Guinness Book of World Records lahir.

4. Salah Satu Negara Paling Religius di Dunia Barat

Meskipun kehadiran gereja berkurang di seluruh dunia, Irlandia adalah salah satu negara paling Kristen di seluruh dunia. Empat dari setiap lima orang di Emerald Isles mengidentifikasi diri sebagai orang Kristen. Sekitar 34 persen warga Irlandia menghadiri gereja secara teratur.

Jangan lewatkan kunjungan ke salah satu situs keagamaan paling terkenal di negara ini, Katedral St. Patrick di Dublin. Orang-orang Irlandia telah merayakan misa di rumah ibadah yang mengesankan ini selama lebih dari 1.500 tahun.

3 dari 4 halaman

5. Tempat Wisata

Rumah bagi beberapa pemandangan paling hijau dan paling menakjubkan di dunia, Irlandia penuh dengan tempat-tempat wisata yang begitu menarik. Berikut beberapa tempat terbaik yang dapat dikunjungi di Irlandia menurut Planetware.com.

Tebing Moher

Tebing Moher digambarkan sebagai sesuatu yang megah. Bagi mereka yang telah membaca tentang Emerald Isle (nama lain Irlandia) sebelum berkunjung, tebing-tebingnya akan familiar, dibintangi seperti yang mereka lakukan di kartu pos dan buku panduan yang tak terhitung jumlahnya. 

Sekitar 1,5 jam dengan mobil dari Galway, tebing itu dikunjungi oleh hampir satu juta orang dari seluruh dunia setiap tahun. Ini adalah salah satu perjalanan sehari yang populer dari Dublin. Kawasannya membentang sejauh delapan kilometer di sepanjang Atlantik dan naik sekitar 214 meter di titik tertinggi mereka. Berjalan-jalanlah di sepanjang jalan untuk merasakan kekuatan alam yang paling megah.

The Rock of Cashel

Situs warisan Irlandia yang paling banyak dikunjungi, Rock of Cashel membintangi gambar Emerald Isle yang tak terhitung jumlahnya. Ratu Elizabeth II dari Inggris Raya bahkan mengunjungi dengan helikopter selama tur resminya pada 2011 di negara itu.

Bertengger di atas formasi batu kapur di Golden Vale, kumpulan bangunan abad pertengahan yang megah ini mencakup High Cross dan Kapel Romawi, menara bundar abad ke-12, kastil abad ke-15, dan katedral Gotik abad ke-13. Hall of the Vicars Choral yang telah dipugar juga termasuk di antara strukturnya. Atraksi wisata termasuk pertunjukan audio visual dan pameran. Dikatakan juga bahwa tempat itu menjadi tempat kedudukan Raja Tertinggi Munster sebelum invasi Norman.

Museum Nasional Irlandia, Dublin dan County Mayo

Sangat mudah untuk menghabiskan sepanjang hari di Museum Nasional Irlandia, yang secara teknis merupakan kumpulan museum. Anda akan menemukan sebuah bangunan yang didedikasikan untuk menyoroti "sejarah alam" negara itu di Merrion Street di Dublin 2, "seni & sejarah dekoratif" di Collins Barracks Dublin, "kehidupan pedesaan" di Mayo dan museum "arkeologi" yang menakjubkan di Kildare Street di Dublin 2.

Museum Nasional Irlandia—Archaeology adalah rumah bagi lebih dari dua juta artefak bersejarah, dan berisi penemuan-penemuan menarik, termasuk karya logam yang berasal dari Zaman Besi Celtic.

Sementara, National Museum of Ireland—Country Life, yang terletak di Turlough Park, Castlebar, bertempat di sebuah bangunan unik yang memadukan arsitektur Victoria dan kontemporer. Di dalamnya terdapat koleksi foto, film, perabotan kuno, dan pameran permanen tentang segala hal, mulai dari perapian Irlandia dan rumah hingga kehidupan di masyarakat hingga berbagai pekerjaan yang diadakan di darat dan air.

Museum Nasional Irlandia—Decorative Arts & History bertempat di barak militer yang ikonis. Di sini juga berisi harta bersejarah seperti keramik, barang pecah belah, pakaian, perhiasan, dan koin. Museum Nasional Irlandia—Natural History adalah rumah bagi lebih dari 10 ribu pameran yang menampilkan satwa liar paling dicintai di negara ini, serta makhluk menarik dari seluruh dunia.

4 dari 4 halaman

6. Hidangan Populer

Setiap negara memiliki hidangan khasnya masing-masing, begitu pula Irlandia. Berikut beberapa hidangan populer dari Irlandia menurut Tasteatlas.com.

White Puding (Puding Putih)

Puding putih adalah hidangan tradisional Irlandia yang terdiri dari oatmeal, roti, daging babi, lemak, dan lemak. Di Irlandia, bahan-bahannya dimasukkan ke dalam wadah sosis, tetapi di Skotlandia tidak selalu demikian, dan pudingnya juga dibumbui dengan bawang dan rempah-rempah. Sosis sering diiris dan digoreng atau dipanggang yang biasanya menjadi bagian penting dari sarapan lengkap tradisional Irlandia.

Daging Sapi dan Guinness Rebus

Rebusan tradisional Irlandia ini dibuat dengan potongan daging sapi, bawang, bacon, pasta tomat, kaldu, bir Guinness, dan sayuran seperti wortel, kentang, dan seledri. Rebusan dibumbui dengan daun salam, thyme, garam, bawang putih, dan lada hitam, sedangkan tepung ditambahkan sebagai pengental.

Hidangan ini harus dimasak sangat lambat dengan api kecil sampai semua rasa tercampur rata. Rebusan daging sapi dan Guinness dapat disajikan dengan biskuit atau roti soda Irlandia di sampingnya, dan disarankan untuk menyiapkannya pada hari yang lebih dingin atau untuk Hari St. Patrick.

Boxty

Boxty adalah panekuk kentang Irlandia sederhana yang sering dikaitkan dengan wilayah Midlands utara dan daerah Leitrim. Kentang diparut halus dan dipadukan dengan buttermilk, tepung terigu, dan telur, dan seluruh ramuan tersebut kemudian dimasak seperti pancake biasa. Dulu boxty biasanya dikonsumsi sendiri, tapi sekarang disajikan seperti tortilla, diisi dengan berbagai macam daging dan sayuran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.