Sukses

Trik Makeup Artist Bikin Hidung Lebih Mancung Pakai Campuran Tepung

Liputan6.com, Jakarta - Beragam kosmetik dan peralatan makeup dianggap menjadi salah satu barang yang penting dan wajib dimiliki oleh sebagian orang. Dengan merias wajah, mereka merasa lebih percaya diri, terutama saat berinteraksi dengan orang lain dan berada di luar rumah.

Tak heran bila banyak hal seputar makeup diminati baik wanita maupun pria, termasuk tutorial berdandan yang bertebaran di media sosial. Di antara tutorial dengan teknik sederhana, sejumlah kreator konten sengaja membagikan tutorial makeup yang unik. Salah satunya dilakoni makeup artist (MUA) yang memiliki akun TikTok bernama @neliagustin_makeup.

Bukannya menggunakan produk makeup yang umum dikenakan, dia justru menggunakan bahan dapur, yaitu tepung untuk merias wajahnya. Dalam videon yang diunggahnya tersebut, ia ingin membuat ilusi hidung agar terlihat mancung dengan menggunakan bahan campuran tepung.

Bagi kebanyakan orang, itu mungkin cara yang kurang masuk akal. Namun, MUA bernama Nelia ini berusaha meyakinkan warganet dengan menerangkan proses langkah demi langkah.

Pertama-tama, ia menyiapkan tepung maizena dan vaseline gel secukupnya yang diletakkan di sebuah piring. Ia kemudian ia mencampurkan semua bahan tersebut sampai rata. Prosesnya persis dengan membuat adonan kue. MUA tersebut pun memberikan sedikit foundation warna cokelat untuk agar serupa dengan warna kulit.

Usai adonan siap, Nelia dengan terampil mulai menempelkan adonan tepung tadi ke hidung. Kemudian secara perlahan, ia membentuk adonan tersebut sesuai dengan bentuk hidungnya.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Tidak Tersenggol

Ia memastikan bahwa adonan tersebut benar-benar rata dan mulus sehingga bisa menyerupai kulit wajahnya.  Usai membuat 'hidung palsu', MUA ini melanjutkan tutorialnya dengan menggunakan peralatan makeup yang biasa dipakai.

Meski begitu, ia terlihat sangat berhati-hati saat merias agar bentuk hidung yang telah dibuat tadi tidak tersenggol. MUA itu pun menyempurnakan penampilannya dengan memakai bedak, eyeshadow, blush on warna merah dan lipstik. Tak lupa, ia memakai bulu mata palsu agar tampilan bulu matanya lebih tebal dan lebat.

Tutorial makeup tak biasa ini tentu langsung mencuri perhatian warganet. Siapa sangka saat melihat hasilnya benar-benar di luar dugaan. Wajah polosnya tersebut berubah menjadi lebih cantik dengan riasan yang flawless. Bukan itu saja, hidungnya pun terlihat lebih mancung.

Video yang sampai berita ini ditulis telah ditonton lebih dari 1,7 juta kali ini mendapat berbagai reaksi dari warganet. Banyak warganet yang kagum dengan trik yang dipakai oleh sang MUA.

3 dari 4 halaman

Takut Mencoba

Namun, ada pula yang mengaku takut mencobanya karena membayangkan 'hidung palsu' tersebut akan mudah rusak.  "Ini loo ajaib nya klu pinter makeup, bisa pangling," komentar seorang warganet.

"Tapi harus udh expert bgt ga sih? Soalnya tar kalo gabisa malah takut jatuhnya jadi aneh," komentar warganet lainnya. "Keren banget, tp klo hidung gw gampang keringatan takut belum la smpe di tmpat acara uda lepas," timpal warganet lainnya.

Profesi artis termasuk yang sering menggunakan jasa MUA. Begitu pula dengan pasangan Tara Basro dan Daniel Adnan. Yang menarik, saat Daniel dirias ternyata Tara Basro yang menjadi makeup artist pribadinya.  Dalam video yang diunggah di akun Instagram Daniel Adnan pada 26 Agustus 2022 itu, pasangan suami istri ini kompak mengenakan bath robe.

Video diawali dengan Tara yang menyapa dan menjelaskan bahwa ia merias suaminya untuk menghadiri berbagai acara.  Sesaat sebelum memulai merias, Tara Basro mengecup manis pipi Daniel Adnan. "Aku tutup aman apa?" tanya Daniel. "Hmm enggak usah," jawab Tara.

4 dari 4 halaman

Kipas Kecil

Pertama-tama, langkah merias dimulai dengan menyemprotkan facial spray dari Evian ke wajah Daniel.  Saat itu, aktor berusia 30 tahun tersebut tampak terkejut dengan facial spray yang mendarat di wajahnya.

Agar meresap, Tara mengeringkan facial spray tadi dengan mengarahkan kipas kecil ke wajah Daniel. Berlanjut ke tahap berikutnya, yakni menggunakan setting spray dari Ilia dan pemain film "Pengabdi Setan" tersebut menunjukkan produknya ke kamera. "Pakai ini dulu, jadi ini primer sekaligus bisa jadi fixing spray juga. Oke, Daniel tutup mata," kata Tara.

Daniel pun mengikuti ucapan sang istri yang kemudian menyemprotkan produk makeup tersebut. Kembali, ia menggunakan kipas kecil agar produk segera meresap. Produk selanjutnya yang digunakan Tara untuk Daniel adalah RMS Revolve Radiance Locking primer.

Tara pun mengaplikasikan primer secara merata dari dahi, pipi, hingga bawah mata. "Sebenarnya untuk Daniel itu, biasanya enggak akan pakai foundation satu muka, jadi cuma di beberapa area aja. Untuk Daniel yang paling bermasalah adalah bawah mata dia. Jadi, super celong dan agak dark," terang Tara.

Tara juga menunjukkan foundation yang biasa digunakan Daniel, yakni Dior Backstage shade 4,5 N & 6W. Setelah mencampur dua shade untuk Daniel, Tara membaurkannya di tangan dan mengaplikasikannya di bawah mata sembari diratakan dengan spons.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.