Sukses

10 Sup Terlezat di Dunia Versi TasteAtlas, Rawon Masuk Daftar

Rawon masuk dalam daftar 10 sup terlezat di dunia versi TasteAtlas.

Liputan6.com, Jakarta - Sup didefinisikasi sebagai masakan berkuah kaldu dan diberi bumbu lainnya dan kemudian didihkan. Berbagai negara memiliki olahan sup andalan masing-masing. TasteAtlas pun memeringkatkan sup terlezat di dunia.

Ternyata, salah satu jenis hidangan sup Indonesia masuk dalam daftar tersebut. Bukan soto ayam yang pernah masuk dalam daftar sup terbaik dunia versi CNN, tapi masakan asal Jawa Timur yaitu rawon. Berikut detail 10 sup terbaik versi TasteAtlas, dikutip Jumat, 2 September 2022.

1. Khao Soi

Hidangan khas Thailand Utara, khao soi adalah sup kelapa lezat yang menggabungkan berbagai pengaruh daerah untuk menciptakan hidangan yang benar-benar spektakuler. Basis supnya adalah kaldu yang sedikit pedas yang menggabungkan santan dan pasta kari merah.

Kuahnya disajikan dengan mi telur pipih dan pilihan daging, yang biasanya terdiri dari ayam, sapi, dan babi. Di atasnya ada segenggam mi goreng renyah dan daun ketumbar cincang. Hidangan ini biasanya disajikan bersama berbagai bumbu seperti jeruk nipis segar, acar kubis, bawang merah, dan cabai. Khao soi mendapat nilai 4,9/5 di situs Tasteatlas.com.

2. Cullen Skink

Meskipun dimasak secara tradisional di sepanjang pantai, Cullen skink aslinya berasal dari desa nelayan Cullen di timur laut Skotlandia. Sup ikan yang kental dan lembut ini biasanya berbahan dasar haddock asap yang dimasak dengan susu, daun bawang, bawang bombay, dan kentang sebagai isian dalam jumlah besar.

Beberapa resep menentukan penggunaan smokies Arbroath, meskipun hampir semua ikan putih asap bisa digunakan. Cullen skink akan dihidangkan dengan segelas wine putih kering. Tetapi untuk menikmati pesta Skotlandia sebenarnya, cobalah memasangkannya dengan wiski Scotch. Cullen skink mendapat nilai 4,8/5.

3. Ramen

Ramen adalah sup mi yang pertama kali muncul di Jepang pada 1910, ketika koki Cina menggabungkan mi dengan kaldu asin. Mi keriting ini berwarna kuning cerah dan lebih elastis daripada mi Jepang yang disiapkan pada saat itu – adonan diremas dengan air mineral yang mengandung natrium karbonat yang disebut kansui.

Pada 1958, namanya diambil dari pengucapan kata Cina lamian (mi yang ditarik). Pada tahun yang sama, Nissin Foods memproduksi mi ramen instan pertama dengan kaldu rasa ayam yang disebut Chicken Ramen. Ramen mendapat nilai 4,7/5.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4. Tonkotsu Ramen

Tonkotsu adalah gaya unik ramen yang terdiri dari kaldu babi berlemak yang sangat kaya, mi segar, telur kuning lembut, dan perut babi lembut yang meleleh di mulut. Hidangan ini sangat populer dan istimewa sehingga bisa menjadi sajian berbeda, bukan hanya gaya ramen.

Ramen ini biasanya ditaburi dengan daun bawang untuk kecerahan, rebung untuk rasa yang renyah dan pedas, rumput laut nori untuk kerenyahan, dan jagung manis untuk rasa yang lebih baik. Kaldu yang kaya dikembangkan dengan memasak tulang babi untuk waktu yang sangat lama, sampai kolagen dan lemak larut, menghasilkan tekstur hidangan yang unik dan lembut. Tonkotsu ramen mendapat nilai 4,7/5.

5. Zurek

Zurek adalah sup tradisional Polandia yang dicirikan oleh rasa asamnya yang khas, yang berasal dari ragi asam, atau fermentasi roti dan tepung gandum hitam. Sup ini juga mengandung daging seperti sosis, bacon, atau ham, dan sayuran seperti kentang dan jamur.

Meskipun sangat populer di seluruh Polandia, setiap daerah memiliki versi hidangannya sendiri. Kadang-kadang disajikan dalam mangkuk yang dapat dimakan yang terbuat dari roti, ketika biasanya menambahkan separuh telur rebus di atas sup sebagai hiasan. Zurek secara tradisional disiapkan dan dikonsumsi selama Paskah. Zurek mendapat nilai 4,7/5.

6. Mercimek Corbasi

Mercimek corbasi adalah sup Turki yang dibuat dengan lentil merah, kaldu ayam, bawang, dan wortel. Sup ini sering dibumbui dengan garam, merica, jinten, atau paprika. Mudah disiapkan, diisi, dan dihangatkan, sup dikonsumsi untuk sarapan, makan siang, atau makan malam di pedesaan Turki, terutama di restoran lokal yang dikenal sebagai lokantas. Mercimek corbasi mendapat nilai 4,7/5.

3 dari 4 halaman

7. Sinigang

Sinigang adalah sup asam Filipina yang terdiri dari sampalok (buah asam), kangkung, cabai, kol, brokoli, terong, tomat potong dadu, irisan bawang bombay, jahe, bawang putih, kacang hijau, kecap ikan, dan garam. Kaldu dasar biasanya terdiri dari cucian beras, dengan penambahan bahan asam.

Bahan-bahan seperti daging babi, ikan, bandeng, udang, ayam, atau sapi juga bisa ditambahkan ke dalam sup. Sinigang secara tradisional disajikan saat panas sebagai hidangan utama, dengan nasi sebagai pelengkapnya.

Sup ini adalah hidangan yang sering terlihat di acara-acara khusus seperti ulang tahun atau pernikahan. Seiring waktu, karena hidangan ini menjadi lebih populer, ada variasi baru yang menggunakan jambu biji atau mangga mentah sebagai pengganti sampalok, dan setiap daerah mengembangkan versi sup populer mereka sendiri. Sinigang mendapat nilai 4,7/5.

8. Rawon

Rawon adalah makanan khas Indonesia yang berasal dari Jawa Timur. Sup beraroma ini biasanya dibuat dengan daging sapi yang direbus perlahan dan bahan tradisional Indonesia lainnya seperti daun jeruk, serai, jahe, dan cabai. Namun, elemen kuncinya adalah buah kluwek, kacang hitam Indonesia.

Bumbu khas Indonesia ini sangat beracun saat mentah, dan selalu perlu difermentasi sebelum dikonsumsi. Bumbu digiling dengan bahan-bahan dan rempah-rempah lain, memberikan hidangan rasa yang asam dan warna hitam gelap yang unik. Asal-usul hidangan ini diyakini berasal dari kota Surabaya, ibu kota Jawa Timur. Rawon mendapat nilai 4,7/5.

4 dari 4 halaman

9. Sup Salmon (Lohikeitto)

Lohikeitto adalah sup salmon krim yang juga dikenal sebagai laxsoppa di Swedia. Terlepas dari potongan fillet salmon, secara tradisional termasuk kentang potong dadu dan wortel yang dimasak dalam kaldu beraroma mentega yang diresapi dengan kaldu ikan dan krim. Hidangan musim dingin yang menenangkan ini dibumbui dengan banyak dill dan disajikan bersama roti gandum hitam atau irisan lemon. Lohikeitto mendapat nilai 4,7/5.

10. Ciorbă de pește "ca-n Deltă,"

Ciorbă de pește "ca-n Deltă," atau sup ikan Delta danube adalah sup asam tradisional Rumania yang dibuat dengan kombinasi kaldu ikan, ikan segar (dapat digunakan ikan air asin dan air tawar), sayuran, rempah-rempah, dan borş.

Ikan dibiarkan utuh atau dipotong menjadi potongan besar sebelum dimasak dalam kaldu ikan yang kaya bersama sayuran seperti kentang, wortel, bawang, tomat, parsnip, dan paprika. Sup dibumbui dengan borş dan rempah-rempah aromatik seperti lovage, peterseli, dan daun bawang. Sup ini biasanya dinikmati saat masih panas. Sup ikan Delta danube mendapat nilai 4,7/5.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.