Sukses

#SerunyaIndonesia Dukung Brand Fesyen Lokal Bareng TikTok

Liputan6.com, Jakarta Saat ini, TikTok yang menjadi salah satu platform paling inovatif dan favorit kaum muda tengah menyelenggarakan kampanye #SerunyaIndonesia. Salah satu rangkaian dalam kampanye tersebut adalah TikTok Shop For Your Fashion yang berlangsung pada 11-21 Agustus 2022 di Mal Kota Kasablanka. 

Yup, TikTok Shop For Your Fashion merupakan program pameran offline dan online brand lokal fesyen Tanah Air sebagai perwujudan dukungan dan upaya untuk terus memajukan para pengusaha lokal, agar tumbuh dan maju bersama dengan TikTok Shop, melalui peningkatan brand awareness kepada khalayak yang lebih luas. 

Program TikTok Shop For Your Fashion menghadirkan dua program utama, mulai dari pameran dan fashion show di Mal Kota Kasablanka, hingga in-app challenge #TikTokShopBanggaLokal untuk memberi apresiasi sekaligus ruang agar brand fashion lokal dapat terus maju dan berkembang. 

Program TikTok Shop For Your Fashion merupakan bagian dari kampanye #SerunyaIndonesia yang diselenggarakan oleh TikTok sepanjang Agustus untuk mengobarkan semangat kebhinekaan agar Indonesia dapat pulih lebih cepat, dan bangkit lebih kuat. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Pesatnya Industri Fesyen

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif diketahui bahwa industri fesyen merupakan salah satu tulang punggung industri ekonomi kreatif lokal, dengan pertumbuhan positif 2,98%. Bahkan saat industri ekonomi kreatif lain mengalami pertumbuhan negatif di masa pandemi pada 2021. 

Pesatnya perkembangan industri fesyen juga terlihat dari pertumbuhan TikTok Shop beberapa bulan belakangan ini, dengan mencatatkan pertumbuhan GMV 18 kali lipat selama Agustus hingga Desember 2021. 

Berangkat dari fenomena tersebut, TikTok Shop berkomitmen untuk terus memberdayakan UMKM  dan seller fesyen dengan memanfaatkan ekosistem TikTok yang lengkap dan terintegrasi. 

Desey Muharlina Bungsu, Fashion Category Lead, TikTok Shop Indonesia mengatakan, memasuki era endemi, meningkatnya aktivitas fisik dan pertemuan tatap muka yang semakin marak, ternyata mendorong peningkatan kebutuhan konsumen akan pakaian dan item fesyen lainnya. 

"TikTok Shop menyadari fenomena ini sebagai sebuah kesempatan untuk turut memajukan seller dan brand lokal, termasuk dari kategori fesyen. Oleh karena itu, kami menyelenggarakan program TikTok Shop For Your Fashion khusus bagi brand fashion lokal Indonesia agar mereka mendapatkan eksposur yang lebih luas lagi melalui interaksi tatap muka dengan masyarakat Indonesia melalui pameran offline. Di pameran ini, brand fashion lokal dapat menunjukkan produk unggulan mereka yang dapat disandingkan dengan brand fashion internasional," kata Desey. 

3 dari 3 halaman

Cek Detail Acara TikTok Shop, Yuk!

Seperti dijelaskan sebelumnya, kalau TikTok Shop For Your Fashion dikemas dan terintegrasi secara hibrid (offline dan online). Tujuannya jelas, untuk  menghadirkan pengalaman berbelanja online yang mulus bagi konsumen, sembari berinteraksi tatap muka. 

Itu artinya, kamu sebagai konsumen bisa langsung berbelanja dengan mudah melalui keranjang belanja kuning yang disematkan di dalam video pendek, live streaming, dan profil konten kreator tanpa harus meninggalkan aplikasi TikTok.

Nah, buat kamu yang penasaran sama acaranya dan mau ikutan acara TikTok Shop For Your Fashion, cek detailnya di bawah ini: 

Hashtag Challenge #TikTokShopBanggaLokal: Ini adalah acara yang dapat diikuti para kreator dan seller fashion TikTok Shop dalam format video singkat dan livestream yang mulai dilakukan pada 25 Juli-21 Agustus 2022 di platform TikTok. Pemenang hashtag challenge akan mendapatkan berbagai hadiah menarik, sekaligus fasilitas yang dapat mendorong bisnis seller di TikTok Shop

Fashion Show dan Fashion Exhibition: Acara ini berlangsung mulai 11-21 Agustus 2022 di Mal Kota Kasablanka, Jakarta yang diramaikan seller fesyen lokal di TikTok Shop. Mulai dari brand fesyen  modest seperti Mayoutfit

Ada juga produk fesyen pria seperti Roughneck 1991 dan Shining Bright, tas dan sepatu seperti Jimshoney dan Aurum Lab, produk pakaian olahraga seperti Eiger, hingga produk unisex seperti Sweaterpolos.id. Oh ya, selain menghadirkan brand lokal, kreator dan host teratas TikTok juga hadir untuk mengadakan sesi livestream langsung di booth brand fashion lokal selama pameran For Your Fashion berlangsung.

Mengenai program TikTok Shop For Your Fashion, salah satu pengusaha lokal, yaitu sweaterpolos.id yang mengungkapkan dampak positif dari TikTok Shop. 

"Kami sebagai brand fashion telah merasakan sendiri bagaimana TikTok Shop membantu kami untuk tumbuh dengan cepat, dan kami senang dapat berpartisipasi dalam acara For Your Fashion ini. Dengan menggunakan fitur yang ada di TikTok Shop, kami dapat melakukan aktivitas pemasaran dan penjualan dengan lebih kreatif dan lebih cocok dengan target konsumen. Calon pembeli yang melihat video tentang brand kami di TikTok bisa langsung berbelanja di toko kami di TikTok Shop, sehingga proses belanja mereka bisa cepat dan praktis. Platform TikTok Shop juga sangat ramah untuk sellers dan mempermudah kami untuk melayani pelanggan mulai dari proses belanja sampai pengiriman dengan cepat," kata Selvy Sepani, Founder, Sweaterpolos.id.

So, jangan lewatkan juga keseruan dari TikTok Shop untuk para brand lokal di HUT RI ke-77 ini ya! Itu karena TikTok menghadirkan program 8.8 Merdeka Sale yang berlangsung pada 8-17 Agustus 2022. Tersedia berbagai voucher dan diskon seru untuk memudahkan pengguna TikTok mendapatkan produk brand lokal yang hadir di TikTok Shop.

Untuk merasakan keseruan dan turut mendukung fashion brand lokal, kunjungi pameran TikTok Shop For Your Fashion di Mall Kota Kasablanka pada 11-21 Agustus 2022. Selain itu, jika kamu ingin tahu bagaimana brand dan UMKM dapat memanfaatkan platform TikTok Shop untuk mengembangkan bisnis,klik di sini.

 

(*)

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS