Sukses

Semarak Jember Fashion Carnaval 2022, Para Satwa Juga Ikut Bergaya

Liputan6.com, Jakarta - Jember Fashion Carnaval 2022 resmi diselenggarakan pada 6--7 Agustus 2022. Perhelatan karnaval busana bergengsi tersebut di tahun ini mengusung tema The Second Decade of JFC "The Legacy" dan rutenya dimulai di Alun-Alun Jember, Jawa Timur.

Berdasarkan keterangan di akun Instagram resmi Jember Fashion Carnaval (JFC) disampaikan bahwa tema "The Legacy" diangkat sebagai upaya Jember Fashion Carnaval mewariskan semangat dan tujuan besar. Ada serangkaian acara menarik yang turut menyemarakkan karnaval gagasan mendiang Dynand Fariz ini.

Salah satu yang mencuri atensi adalah Pets Carnival yang digelar pada Sabtu, 6 Agustus 2022. Rute acara yang menghadirkan satwa-satwa ini dimulai dari Alun-Alun Jember dan finis di Kota Cinema Mall.

"Pet Carnival pertama di dunia yang dikolaborasikan antara JFC ini mengikutsertakan beberapa komunitas pecinta hewan, BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam), dan PDHI (Persatuan Dokter Hewan Indonesia), dengan berbagai jenis hewan setiap tahunnya," demikian bunyi keterangan terkait agenda ini.

Pet Carnival di Jember Fashion Carnaval 2022 dibuka dengan aksi dari K-9 Polres Jember. Tim Polres Jember memasuki area acara lengkap dengan anjing yang secara khusus dilatih untuk membantu polisi dan petugas penegak hukum lainnya. Di belakangnya diikuti dengan beberapa mobil polisi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Aksi Anjing Pelacak hingga Defile Anjing

Seorang petugas memperkenalkan timnya dan menyebut bahwa Polres Jember telah memiliki K-9 sejak beberapa bulan lalu. "Oleh karena itu, di sini kami menyempatkan diri untuk memperkenalkan apa yang sudah kita lakukan dalam keseharian di Polres Jember," jelas petugas tersebut.

"Mudah-mudahan K-9 Polres Jember bisa membantu masyarakat Kota Jember yang membutuhkan bantuan dan jasa K-9, dalam arti K-9 Polres Jember melayani, melindungi, mengayomi dan menjaga wilayah Kota Jember dengan sebaik-baiknya," demikian tambahnya.

Kemudian dilanjutkan dengan penampilan Polisi Satuan K-9 Polres Jember dengan anjing pelacak. Ada pula aksi simulasi pelacakan dengan anjing pelacak yang disebutkan sebagai agenda keseharian.

Setelah itu, tak ketinggalan pula defile anjing-anjing yang datang dari Komunitas Dogs Lover. Masing-masing anjing dari komunitas ini memasuki area pertunjukan Jember Fashion Carnaval 2022 dan ketika berjalan, anjing-anjing tersebut diperkenalkan namanya, jenis anjing, dan usianya.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Defile Ayam hingga Kuda

Pertunjukan selanjutnya adalah defile ayam dari komunitas ayam. Ayam-ayam tersebut dibawa ke area pertunjukan juga diperkenalkan jenis dan usianya.

Kemudian ada pula defile reptil, mulai dari ular hingga iguana dan dijelaskan jenis dan usianya. Dilanjutkan dengan defile kuda lengkap dengan rider serta pendamping ketika memasuki area pertunjukan. Pada bagian akhir, seluruh satwa diajak parade bersama, mulai dari anjing, ayam, reptil, dan kuda.

Selain Pet Carnival, pada 6 Agustus 2022 juga digelar acara Wonderful Artchipelago Carnival Indonesia (WACI). Ini adalah karnaval yang digagasKementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang bekerja sama dengan JFC menyuguhkan tampilan karnaval yang diikuti berbagi perwakilan daerah untuk mempersatukan budaya Indonesia.

Ada pula Artwear Carnival (Fashion Art), sesi pertunjukan fesyen tematik yang dibuat oleh para desainer, komunitas, dan brand yang dibalut menjadi satu dengan detail bermotif karnaval. Acara ini berlangsung dengan rute Alun-Alun Jember Jalan Sudarman (depan Pemkab).

4 dari 4 halaman

Acara Minggu, 7 Agustus 2022

Pada Minggu, (7/8/2022), acara Jember Fashion Carnaval 2022 dilanjutkan oleh World Kids Carnival. Ini adalah pertunjukan fesyen tematik untuk anak yang dibuat oleh para desainer, komunitas, dan brand yang dibalut menjadi satu dengan detail bermotif karnaval. World Kids Carnival rencananya akan berlangsung dengan dengan rute mengitari Alun-Alun Jember.

Kemudian acara  Grand Carnival of JFC 2022, yakni parade kostum karnaval spektakuler yang menjadi acara inti dari JFC 2022. Penampilan karnaval tersebut dibuat oleh seluruh kreativitas dan imajinasi dan akan ditampilkan melalui koreografi menarik dengan rute Alun-Alun Jember dan finis di GOR Kaliwates.

10 Defile yang akan ditampilkan pada Grand Carnival, yakni:

1. Defile Madurese

2. Defile Mahabharata

3. Defile Betawi

4. Defile Majapahit

5. Defile Garuda

6. Defile Sriwijaya

7. Defile Kujang

8. Defile Aztecs

9. Defile Sasando

10. Defile Poseidon

 

Daftar harga tiket Jember Fashion Carnaval 2022:

- WACI dan Pet Carnival: Rp 50.000

- Artwear Carnival: Rp 50.000

- World Kids Carnival: Rp 50.000

- Grand Carnaval Gold: Rp 250.000

- Grand Carnaval Platinum: Rp 500.000

Anda bisa membeli tiket dengan mengunjungi situs berikut: https://ticket.jfcglobalindonesia.com/.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS