Sukses

Usung Keberlanjutan, Brand Kecantikan Raisa Pakai Kemasan Ramah Lingkungan

Liputan6.com, Jakarta - Kecintaan yang besar pada dunia kecantikan mengantarkan penyanyi Raisa pada mimpinya untuk membangun brand makeup sendiri. Setelah memendam mimpi itu selama tahun-tahun lalu, ia akhirnya memperkenalkan labelnya yang bernama Raine Beauty.

"Aku itu suka banget makeup dan beauty. Jadi aku sudah lama banget pengen punya brand makeup sendiri. Aku lihat notebook aku di situ sudah dari 2016 aku bikin coretan pertama tentang bikin makeup," kata Raisa Andriana, Founder Raine Beauty dalam peluncuran Raine Beauty by Raisa di kawasan Senayan, Jakarta, Kamis (28/7/2022).

Pelantun "Serba Salah" ini tak sendiri mewujudkan brand kecantikan, tetapi turut menggandeng sahabatnya Titania Fairuskha selaku Co-Founder Raine Beauty. Perbincangan keduanya terkait label ini dimulai dua tahun lalu untuk menggarap dan mengembangkan produk.

"Kita gerak cepat karena ingin ada progresnya, setiap minggu, setiap bulan sudah kelihatan progresnya. Kita benar-benar hands on banget di setiap fase, kayak cari manufacture yang cocok based on product research yang sudah kita coba, terus formula apa yang kita suka," kata Ruskha.

Sementara, penamaan Raine sendiri dikatakan Raisa diambil dari nama tengah sang buah hati, Zalina. Ia menyebut sebelum bertemu dengan Ruskha untuk berbincang soal brand kecantikan ini, Raisa telah punya nama Raine Beauty.

"Karena pertama kali aku benar-benar baper itu adalah karena pengalamanku bahwa makeup itu se-powerful itu. Jadi, aku inspired dari perasaan itu dan ingat terus sama momen itu. Kedua, Raine itu artinya queen, di dalam banyak bahasa, salah satunya bahasa Prancis," terang Raisa mengenai nama brand kecantikannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Kemasan Ramah Lingkungan

Raine Beauty dijelaskan menjalankan komitmen terhadap lingkungan dengan menerapkan konsep produk kosmetik yang bersih dan berkesadaran (conscious and clean beauty). Produk tersebut halal, vegan formula, no harmful materials, no paraben, serta cruelty free.

Raisa juga ingin kosmetik yang dihadirkannya tidak memproduksi plastik baru. Fokus berkelanjutan terefleksi dalam circular economy lewat penggunaan kemasan ramah lingkungan, yakni terbuat dari 50 persen post-consumer recycled plastic atau PCR.

Pada bagian dalam kemasan tertera keterangan "Our container is made out of 50 persen Post-Consumer Recycled plastic which derived from postconsumer waste". Sedangkan pada bagian container, tertera pula "This container is made out of Post-Consumer Recycled plastic".

"Post-consumer recycled plastic itu adalah plastik bekas yang sudah diolah lagi menjadi materi baru yang bisa dipakai lagi. Untuk sekarang kenapa 50 persen karena masih belum banyak dan ini sesuatu yang memang paling sulit di antara pembuatan semuanya di packaging karena aku kekeuh banget kita harus cari," terang Raisa.

Upaya penggunaan bahan ramah lingkungan ini dikatakan Raisa sangat penting karena ke depannya ia ingin Raine Beauty menjadi brand yang berkelanjutan. "Kalau misalkan kita mulai dengan sesuatu yang baik ini, terus banyak juga yang lain memakai bahan-bahan yang lebih ramah lingkungan," tambahnya.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

 
3 dari 4 halaman

Misi Keberlanjutan

Raisa memiliki misi tersendiri dalam mengusung konsep keberlanjutan pada brand kecantikannya. "Tujuannya memang satu, yaitu tidak menambah kerusakan yang memang kita sendiri yang buat," katanya.

Istri Hamish Daud ini menambahkan, "Menurutku itu penting karena tidak bisa semua up to the consumers, tapi harus itu up to the produsen. Kita sebagai brand, mulainya di kita nanti consumer akan bantu untuk recycle lagi, tapi dari awalnya sudah sesuatu yang baik dan bisa membuat ini menjadi circular."

Semangat ini tidak lain untuk menjaga Bumi yang saat kini sedang tak baik-baik saja. "Mau bikin produk segimana pun kalau misalkan pada akhirnya tidak bisa dipertanggungjawabkan, tidak akan sustain. Ibaratnya Bumi-nya enggak ada, bisnisnya juga enggak ada," ungkap Raisa.

Penyanyi kelahiran 6 Juni 1990 ini menerangkan soal pengembalian produk sebagai salah satu upaya untuk menekan jumlah timbulan sampah kecantikan. "Masih ada waktu dari kita launching sampai produk itu habis ada beberapa bulan lagi, itu menjadi next project kita, gimana caranya consumer nanti kembalikan (kemasan) lagi ke kita," lanjutnya.

4 dari 4 halaman

Produk Bibir

Raisa menjelaskan, "Cuma karena kita belum ada offline store, kita masih harus mikirin itu dengan dropbox-dropbox. Semenjak pemakaian pertama sampai produk itu habis, kita masih ada beberapa bulan, jadi mudah-mudahan by the time consumer sudah mau recycle produknya kita sudah come up with the solution."

Pada peluncuran perdana, Raine Beauty menghadirkan dua produk makeup untuk bibir, yakni Lip Velvet Hydrating Balm dan Lipslick Tinted Oil. Produk Lip Velvet Hydrating Balm terdapat lima shade, meliputi Coming Home, Deep Sense, Gentle Light, High Spirit, dan My Serenity.

Varian seharga Rp139 ribu ini hadir dengan sentuhan mulai dari nude hingga bold. Sedangkan Lipslick Tinted Oil menawarkan lima shade, terdiri atas bernama My Signature, Mostly Me, Morning Aura, Love Language, dan Secret Weapon.

Lipslick Tinted Oil hadir dengan variasi warna merah yang berbeda dari lip balm. Produk bibir ini juga dijual seharga Rp139 ribu.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS