Sukses

Lazada Fest, Wadah Berbagi Inspirasi dari 3 Kategori Favorit Milenial dan Gen Z

Liputan6.com, Jakarta Sop ayam bukan menu aneh di dalam rumah tangga di Indonesia. Tapi, resep berbeda menghasilkan citarasa yang berbeda. Jebolan MasterChef Indonesia, Chef Yulita berbagi inspirasi mengolah bahan-bahan mentah menjadi sop ayam yang aromanya saja menggoda selera.

Kuncinya ternyata ada pada bumbu rempah yang digunakan. Ia memasukkan tidak hanya bawang merah, bawang putih, dan merica, tetapi juga memasukkan kapulaga, pala, dan adas manis ke dalamnya. Semua diblender menggunakan air agar tercampur, sebelum ditumis sampai wangi. Alasannya agar tidak terlalu memakai banyak minyak.

"Sebenarnya saya lebih suka cardamom yang lebih kecil bentuknya. Itu lebih wangi lagi, tapi karena sekarang adanya ini, ya kita pakai saja," celoteh perempuan yang akrab disapa Mami Lita di sela demo masak jelang Lazada Fest, Selasa, 19 Juli 2022.

Setelah bumbu harus, saatnya menambahkan air dan ayam. Ia sendiri lebih suka menggunakan bagian paha karena lebih juicy dan kaldu yang dihasilkan lebih gurih. Ayam direbus dengan sedikit air, cukup terendam saja, agar sari-sarinya ke luar.

Setelah dirasa cukup, ditambahkan dengan kentang, disusul dengan wortel dan daun bawang. Aroma harus di salah satu sudut PosBloc itu seketika membangkitkan rasa lapar. Demo masak yang ditunjukkan Chef Lita itu merupakan contoh inspirasi yang dibagikan untuk para generasi milenial dan Gen Z konsumen Lazada. 

Memasak atau keterampilan mengolah makanan, kata Chief Marketing Officer Lazada Indonesia Intan Kartika, adalah satu dari tiga kategori favorit dari generasi milenial, terutama yang berusia 25--34 tahun. Data Google 2022 juga menunjukkan bidang kecantikan dan professional gaming menjadi passion Gen Z Indonesia, yakni rentang usia 18--24 tahun.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Nilai Tambah

Berangkat dari itulah, Lazada Fest digelar selama dua hari, pada 23--24 Juli 2022, secara hybrid. Intan menjelaskan hal itu sebagai wujud dari kampanye terbaru Lazada, Tambah ke Troli, Tambah ke Hidupmu.

Kampanye itu, kata Intan, diartikan sebagai semangat baru untuk memberikan nilai tambah pada hidup agar lebih bermakna. Ia menekankan bahwa platform e-commerce itu ingin menjadi lebih dari sekadar platform transaksi online.

"Lazada ingin menginspirasi konsumen bahwa mereka dapat menemukan berbagai hal yang mereka sukai, produk-produk yang mendukung passion mereka serta inspirasi yang membuat keseharian menjadi lebih seru dengan berbelanja online," sambung Intan.

Maka, pendekatan pada generasi muda sebagai target utama kampanye itu pun berbeda. Mereka kini berangkat dari aktif mendukung konsumen mengembangkan minat.

"Kami melihat generasi muda Indonesia aktif mencari inspirasi dan juga semangat berbagi tips dan trik yang mereka temukan saat mengeksplor passion mereka tersebut," ujarnya.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Tetap Relevan

Untuk itu, Lazada meluncurkan LazLive+Expert Zone, yakni konten interaktif dalam format live streaming yang akan menghadirkan para ahli yang menjadi panutan generasi muda. Ada tiga sosok yang digandeng, yakni Natasha Wilona mewakili dunia kecantikan; Dylan Pros mewakili profesional gamers; dan Chef Lita mewakili dunia masak memasak.

"Kita juga sediakan booth LazLive+ di Lazada Fest di mana pengunjung dapat beraksi dan merasakan menjadi host live streaming Lazada, sangat cocok untuk generasi muda yang saat ini semakin berani berekspresi," imbuh Intan.

Intan menyatakan inovasi-inovasi yang dimunculkan agar platform itu tetap relevan dengan perkembangan zaman. Ia menyebut bukan saatnya lagi hanya berpromosi lewat iklan yang monolog.

"Kita ingin bangun kedekatan interaksi supaya relevan terus," ujarnya. Kedekatan itu juga diharapkan bisa memperbesar kesempatan konsumen untuk membeli. 

Selain berbagi inspirasi, mereka juga menggelar konser musik dari sederet musisi Indonesia ternama yakni Yura Yunita, Sivia Azizah dan Lalahuta, juga Maliq D’Essential, Pemuda Sinarmas dan Berkaraoke. Acara hiburan itu juga bisa ditonton lewat Laz Live.

 

 

4 dari 4 halaman

Instalasi Troli

Dalam gelaran offline, pengunjung dapat menjelajah Passion Pop Up Museum, berfoto dengan Giant Trolley Lazada untuk ditukarkan dengan merchandise menarik, serta menikmati konser musik cuma-cuma, mulai dari pukul 10.00 WIB hingga selesai. Instalasi Troli Raksasa ini juga terdapat di Terowongan Kendal dan The Cove.

Irene Inonu, VP Marketing for Branding, Lazada Indonesia mengatakan, "Kali ini kami menggaungkan hashtag #TambahKeHidupmu dan mempersiapkan banyak sekali kegiatan bagi konsumen untuk menginspirasi mereka tambah warna, tambah rasa dan tambah petualangan ke hidup."

Mereka juga masih menggelar Tiktok Challenge. Konsumen diajak untuk membuat video dengan filter #TambahKeHidupmu, mengeditnya sekreatif mungkin dengan tampilan yang sesuai passion mereka dan mendapatkan kesempatan untuk memenangkan iPhone 13 dan voucher dan voucher belanja, hingga tanggal 31 Juli 2022.

"Semua keseruan ini tentunya tidak hanya berhenti sampai di sini saja. Kedepannya nanti kami akan terus memberikan tips menarik yang masih berhubungan dengan mengeksplorasi passion lewat konten-konten di LazLive+ yang pastinya bisa disaksikan lewati aplikasi Lazada, maupun kegiatan seru lainnya," tutup Irene.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS