Sukses

Ridwan Kamil Berikan Doa untuk Korban Banjir di Jawa Barat, Jenggotnya Bikin Salah Fokus

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan keluarganya masih melaksanakan ibadah haji di tanah suci. Meski begitu, ia tetap mengikuti perkembangan yang terjadi termasuk bencana banjir yang sedang terjadi di beberapa daerah di Jawa Barat.

Ridwan Kamil ikut melayangkan doa untuk para korban banjir yang menerjang empat daerah di Jabar. Tak hanya di Garut, Ridwan Kamil juga mendoakan korban terdampak banjir yang ada di wilayah Jabar lainnya seperti Bekasi dan Bogor serta Depok.

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini ikut prihatin dengan bencana banjir tersebut. Ia juga memerintahkan langsung tim JQR (Jabar Quick Response) saat mengetahui banjir yang terjadi di 3 kabupaten kota di Jawa Barat.

Kang Emil menyampaikan bahwa dirinya saa ini hanya bisa mengirim doa.

"Saya Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat dari Masjid Nabawi, Madinah menghaturkan rasa prihatin atas bencana yang terjadi di kabupaten Garut, Kota Bekasi, Kota Bogor. Semua tim dari pemerintah kabupaten kota tersebut, BPBD, dan juga BPBD Jawa Barat tim quick respon sudah berada di lokasi untuk membantuu meringankan beban," tutur Kang Emil di akun Instagram pribadinya, Sabtu, 16 Juli 2022.

Selain itu, Ridwan Kamil menyampaikan bawah dirinya belum bisa terjun ke lapangan karena masih menjalankan ibadah di tanah suci. Ia turut mengajak semua untuk membantu korban terdampak banjir di Kabupaten Garut, Kota Bekasi dan Kota Bogor.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Biasa Tampil Klimis

"Doa dari saya dari tanah suci mohon maaf belum bisa berada di lapangan. Insya Allah secepatnya dan kepada semuanya mari kita bantu saudara-saudara kita yang sedang mengalami musibah. Mudah-mudahan Allah ringankan, permudah dan beri kesabaran. Doa terbaik dari kami dari tanah suci," tulisnya lagi.

Unggahan itu mendapat banyak komentar dan dukungan dari warganet. Uniknya, sebagian besar dari mereka justru salah fokus memperhatikan kumis dan jenggot di wajah Gubernur Jabar itu. Maklum saja, selama ini ia hampir selalu tampil klimis di berbagai kesempatan. Bahkan saat membagikan foto saat ibadah haji beberapa hari sebelumnya, rambutnya terlihat hitam lebat dan tanpa jenggot maupun kumis.

Kang Emil terlihat memakai peci putih, kacamata dan baju gamis warna abu-abu, serta kumis dan jenggot atau cambang tipis berwarna putih. Penampilan baru ini bikin banyak warganet pangling dan kaget.

Selain selama ini lebih serimg tampil klimis, jenggot dan kumis putihnya bikin warganet heran karena rambut Kang Emil selalu terlihat berwarna hitam. Ada yang berkomentar Kang Emil jadi terlihat lebih tua tapi jadi lebih ganteng.

3 dari 4 halaman

Makin Ganteng

"Kalau ada jenggot nya tumbuh ternyata warna nya putih yaaa.. jenggot gak bisa bohong masalah usia kang✌✌✌✌," komentar seorang warganet.

"1 hari di Madina = 1 tahun di Indonesia kah pak? kok janggutnya udah putih aja😭," timpal warganet lainnya. "bener, definisi makin tua makin ganteng hahaha," komentar warganet lainnya.

Sampai berita ini ditulis, unggahan itu sudah disukai lebih dari 162 ribu kali dan mendapatkan lebih dari 930 komentar. 

Ridwan Kamil satu per satu menuntaskan kewajiban dan keinginan mendiang putra sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril. Pertama, Ridwan Kamil membadalkan ibadah haji atas nama Eril.

"HAJI EMMERIL KAHN MUMTADZ, Alhamdulillah, semua proses badal haji atau menghajikan atas nama Eril sudah kami tunaikan. Dari niat sampai proses wajib rukun dan sunnahnya," tulisnya dikutip dari Instagram @ridwankamil, Kamis (14/7/2022).

"Selesai tugas saya sebagai ayahnya menyempurnakan iman islamnya. Semoga menjadi Haji Mabrur," tambahnya. Tidak hanya membadalkan haji, Ridwan Kamil juga mendapatkan kesempatan mendengarkan azan langsung tepat di depan Kakbah.

4 dari 4 halaman

Haji dan Kurban

Pada kesempatan itu, Ridwan Kamil membawa foto mendiang Eril hingga depan Kakbah. Selain tuntas menyempurnakan Rukun Islam, Ridwan Kamil juga telah mewujudkan keinginan Eril berkurban di Palestina. Eril ingin berkurban di Palestina saat masih remaja usai melaksanakan salat Iduladha.

"Dan Alhamdulillah keinginannya kami penuhi di tahun ini bersamaan dengan Hajinya, kurban sapi untuk duafa di Palestina, difasilitasi koordinasinya oleh @amanpalestin_id," katanya.

"Sementara kami sekeluarga termasuk si bungsu @arkanaidan melaksanakan qurban di berbagai daerah di Jawa Barat," lanjutnya. Ridwan Kamil berharap, ibadah kurban tahun ini diterima oleh Allah SWT dan menjadi pahala yang akan menyelamatkan di hari akhir kelak.

Tak hanya mewujudkan keinginan Eril saja, Ridwan Kamil juga mengajak keluarganya termasuk Arkana untuk ikut berkurban. "Sementara kami sekeluarga termasuk si bungsu @arkanaidan melaksanakan qurban di berbagai daerah di Jawa Barat," tulis Ridwan Kamil.

Di penghujung kalimat, pria kelahiran Bandung, 4 Oktober 1971 memanjatkan doa agar ibadah yang dilakukan ini mendapat pahala dari Allah SWT.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.