Sukses

Intip Karya Seni Favorit RM, Jungkook, dan Jimin BTS yang Tampil Khusus di Google

Liputan6.com, Jakarta - Google bergabung dalam perayaan ulang tahun ARMY ke-9 dengan menggelar pameran kolaborasi spesial bersama BTS. Google meluncurkan BTS x Street Galleries melalui platform Arts & Culture yang menghadirkan galeri virtual dengan beragam karya seni favorit masing-masing anggota.

Karya seni itu hadir di enam kota di dunia yang familiar bagi para penggemar setia BTS. Salah satunya RM yang memilih Seoul sebagai lokasi galeri virtualnya, tepatnya di Namdaemun. Leader BTS itu beralasan tempat tersebut sangat berarti baginya lantaran menjadi tempat BTS memulai rangkaian tur global pada 2021.

"Tempat ini juga menyimpan beragam monumen Korea yang bersejarah. Itulah arti karya seni bagiku: abadi," kata RM dalam keterangan yang muncul di laman tersebut.

Dalam kesempatan itu, ia memperkenalkan sejumlah karya seni favoritnya. Salah satunya adalah lukisan berjudul 'Venice, From the Porch of Madonna Della Salute' karya JMW. Turner. RM mengatakan melihat banyak karya Turner saat mengunjungi Galeri Nasional di London.

"Melihat karya lukisnya seperti mimpi yang menjadi kenyataan," ucap pria bernama asli Kim Nam Joon itu.

RM juga memasukkan Rank Badge karya Young Yang Chung dalam karya seni favoritnya. Inspirasinya berasal dari Hyung bae, yakni sebutan bagi bordir di jubah resmi anggota keluarga kerajaan dan pejabat pemerintah Korea.

"Interpretasi modern dari hyungbae ini diciptakan oleh seniman Young Yang Chung yang menampilkan burung merak, lambang pejabat sipil tingkat pertama," ia menerangkan. Uniknya, karya itu berlatar warna ungu, warna resmi BTS.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Favorit Jimin

Jimin juga tak mau kalah. Ia memilih Singapura sebagai latar galeri virtual yang memajang karya seni favoritnya. Gambar negara kota itu, khususnya Marina Bay Sands, dipilih lantaran BTS pernah menggelar konser Love Yourself, beberapa tahun lalu. Konser itu menggambarkan perjalanannya dalam mencintai diri sendiri.

Salah satu karya seni yang dihadirkannya adalah guci terakota Panathenaic bergambar sederet orang berlari. Hal itu menggambarkan kesenangan Jimin pada olahraga lari.

"Ketika aku berlari, suara angin berdesir di telingaku, membungkam seluruh pikiran batinku. Itu benar-benar membantu menjernihkan pikiranku," tulis Jimin dalam kolom penjelasan.

Ia juga memilih lukisan lawas berjudul Dancing Boy karya Kang Hong-do dan patung batu berjudul Penari Surgawi dalam daftar karya seni pilihannya. Keduanya dipilih dengan alasan yang mirip, yakni kecintaan pria asal Busan, Korea Selatan itu pada tari.

"Itu (tari) adalah sesuatu yang saya benar-benar dapat membenamkan diri dan membuat saya merasa terbebaskan," ia menjelaskan.

 

3 dari 4 halaman

Favorit Jungkook

Maknae BTS, Jungkook juga memilih Seoul sebagai latar galeri virtual pilihannya. Berbeda dengan RM, Jungkook spesifik memilih Chunggu Building karena gedung itu bak rumah kedua bagi BTS sejak debut pada 2013.

"Saya memilih karya seni untuk Galeri Jalanan saya karena mengingatkan pada perjalanan saya sebagai seniman dan banyak tempat yang menjadi inspirasi kreativitas saya," tulis Jungkook.

Karya pertama favoritnya adalah patung berjudul Clasped Hands karya Robert dan Elizabeth Barrett Browning. Ia sengaja memilih karya seni itu karena artinya yang penting saat tumbuh sebagai anggota BTS.

"Anggota lain memegang tangan saya melalui berbagai kesulitan dan tantangan," dia mengatakan.

Ia juga memasukkan gambar drum Korea dan patung porselen berjudul Drummer dalam daftar favoritnya. Itu tak lepas dari keterampilannya memainkan drum. Karya itu juga bermakna penting bagi Jungkook karena ia menjadi duta pariwisata kehormatan untuk Seoul.

"Aku tak sabar menunjukkan sesuatu yang keren secepatnya," tulis lelaki yang baru saja meluncurkan lagu kolaborasi dengan Charlie Puth itu.

 

4 dari 4 halaman

Hadiah untuk ARMY

Sebagai tambahan, dilansir dari Koreboo, Sabtu (9/7/2022), Google juga menghadirkan fitur spesial untuk merayakan ultah ARMU. Bentuknya berupa gambar hati berwarna ungu yang jika diklik, balon-balon ungu akan memenuhi layar. 

"Jika Anda meletuskan balon berbentuk hati yang berisi mikrofon dengan mengkliknya, suara anggota BTS dapat terdengar mengatakan "I purple you"," imbuh keterangan itu.

Sebelumnya, dalam video yang dibagikan Jumat, 8 Juli 2022, Jin, Jimin, RM, J-Hope, Suga, V, dan Jungkook membagikan pernyataan khusus bagi para fans mereka. Mereka mengatakan sangat bahadia memiliki kesempatan untuk merefleksikan kenangan bersama dengan ARMY.

"Setiap momen kami juga adalah momen bersama dengan kalian. Kami merasa diberkahi karena menjadi bagian cerita kalian," ucap para anggota BTS.

Pesan itu ditutup dengan ucapan V yang mengatakan, "momen terbaik akan datang' yang merujuk pada judul lagu terbaru mereka. Pada 13 Juli 2022 akan dirilis vide penghormatan #MyBTSStory untuk para penggemar.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS