Sukses

Foto Eril yang Terakhir Diambil Ridwan Kamil, bak Duplikat Sang Ayah

Liputan6.com, Jakarta - Unggahan terbaru Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menampilkan potret putranya Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril. Foto Eril yang tampak sangat mirip dengan ayahnya tersebut disertai keterangan filosifi hidupnya diiringi dengan lagu Forever Young oleh Alphaville.

"Siapa ingin menjadi bunga indah di surga diiringi berjuta doa, maka taburlah berjuta benih kebaikan selama di dunia" Emmeril Kahn Mumtadz," demikian bunyi filosofi Eril di akun Instagram Ridwan Kamil, Minggu (12/6/2022).

Dalam foto itu, Eril terlihat mengenakan kaus putih yang dibalut dengan jas warna biru muda. Sembari tersenyum manis, anak sulung Ridwan Kamil tersebut juga tampak memakai kacamata hitam.

Ada makna menyentuh di balik potret Eril tersebut. Ridwan Kamil berbagi sepenggal kisah di balik filosofi dan potret Eril itu.

"Filosofi Hidup Eril : "berjuta doa akan dipanjatkan dari berjuta kebaikan yang ditaburkan" Dan ini foto terganteng, foto terakhir yang saya jepret pribadi," tulis Kang Emil, begitu ia akrab disapa.

Ridwan Kamil melanjutkan, saat ini ia tengah bersama jenazah anak Ridwan Kamil yang sekiranya tiba di Bandara Soekarno Hatta pada Minggu (12/6/2022) pukul 16.00 WIB untuk selanjutnya berangkat ke Bandung. Ia juga mempersilakan kepada yang berkenan jika ingin Takziah antara pukul 22.00 di Minggu malam hingga 08.00 Senin pagi di Gedung Pakuan.

"Jam 09.00 akan diberangkatkan ke pemakaman keluarga di Cimaung, Banjaran Kab Bandung. Doakan, Insya Allah lancar semua urusan perjalanan pulang ini. Aamiin," tutup Ridwan Kamil.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Tempat Peristirahatan Terakhir Eril

Pada Sabtu, 11 Juni 2022, Ridwan Kamil membagikan unggahan terkait tempat peristirahatan terakhir Eril. "Dear Eril, Saatnya kamu pulang ke negeri yang menguntai jutaan doa. Ke negeri para Wali yang salah satunya adalah leluhurmu," tulisnya.

Ridwan Kamil melanjutkan, "Dear Eril, Sudah aku siapkan sebuah tempat yang istimewa. Sudah aku desainkan sebuah rumah akhirmu yang indah.Di sebelah sungai kecil, dengan pemandangan gunung dan pesawahan yang hijau permai."

Ia juga menjelaskan bahwa rumah akhir putranya berada di sebelah masjid yang bertempat di kampung sang ibunda. "Masjid yang didesain dan sedang dibangun ayahmu. Dan yang terpenting, Masjid ini dinamai seperti namamu," tulis Ridwan Kamil.

"Masjid Al Mumtadz. Yang artinya "terbaik". "Terbaik" adalah caramu menjalani hidup di dunia fana ini. Tidak sia-sia kami pilihkan nama penuh doa itu untukmu. Eril, today is Saturday. It is a good day to go home," tutup Ridwan Kamil.

 
3 dari 4 halaman

Sosok Penemu Jasad Eril

Sebelumnya, Ridwan Kamil juga membagikan unggahan perempuan yang menemukan jasad Eril di Sungai Aare. Ia adalah Geraldine Beldi, seorang guru SD yang saat itu sedang berjalan pagi menuju tempatnya mengajar.

"Ia langsung menelpon polisi dan akhirnya jenazah Eril bisa diangkat dan diselamatkan dengan baik. "Mohon Carikan ibu guru itu," itu arahan saya ke tim di Bern. "Saya berkewajiban menghaturkan terima kasih, sebelum pulang ke tanah air"" tulis Ridwan Kamil.

Ia melanjutkan, setelah menunggu Geraldine selesai mengajar, pukul 11 Ridwan Kamil bertemu dan mengucapkan terima kasih. ""Kami warga Kota Bern, tahu semua tentang berita Eril. Dan saya pun punya 2 anak. Jadi saya tiap jalan kaki, selalu melihat ke arah sungai Aare. Dan ternyata saya yang menemukannya. Turut berduka cita ya Pak."

"Ibu Geraldine kalo ingin berlibur ke Indonesia, tolong kabari saya ya. Nanti semuanya saya yg urus sebagai rasa terima kasih kami," tutup Ridwan Kamil.

 
4 dari 4 halaman

Eril Hilang

Eril dikabarkan hilang saat berenang bersama adik dan temannya di Sungai Aare, Bern, Swiss, Kamis, 26 Mei 2022. Tim SAR dan kepolisian Swiss lalu bergerak mencari putra pertama Gubernur Jawa Barat itu.

Kepolisian dan tim SAR memperluas wilayah pencarian pada Jumat, 27 Mei 2022, mulai pukul 9.00 waktu Swiss, sampai waktu selesai. Namun, proses pencarian Eril di sungai sepanjang 288 kilometer itu mengalir di tiga sisi Kota Bern, tak membuahkan hasil.

Pencarian Eril tengah terkendala cuaca. Sebab, air di sungai saat ini tengah keruh akibat lelehan salju pegunungan. Pencarian tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Polisi Maritim Bern.

Lewat unggahannya pada 9 Juni 2022, Kang Emil menginformasikan jenazah Eril ditemukan. Jenazah akan tiba ke tanah air pada Minggu, 12 Juni 2022, dan akan dimakamkan pada Senin, 13 Juni 2022, di pemakaman keluarga di Cimaung, Kabupaten Bandung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.