Sukses

Ridwan Kamil Sebut Rumah Akhir Eril di Sebelah Masjid Al Mumtadz

Liputan6.com, Jakarta - Ridwan Kamil kembali membagikan kabar terbarunya tentang Emmeril Khan Mumtadz atau Eril. Kali ini tentang tempat peristirahatan terakhir anaknya itu.

"Dear Eril," tulis Ridwan Kamil mengawali keterangan sejumlah potret yang diunggahnya, Sabtu (11/6/2022). "Saatnya kamu pulang ke negeri yang menguntai jutaan doa. Ke negeri para Wali yang salah satunya adalah leluhurmu," dia menambahkan.

Gubernur Jawa Barat itu mengungkapkan bahwa ia sudah menyiapkan sebuah tempat yang istimewa untuk Eril. Ia bahkan  sudah mendesainkan sebuah rumah akhirnya yang indah.

"Di sebelah sungai kecil, dengan pemandangan gunung dan pesawahan yang hijau permai," ia menuturkan. Menurut Emil, rumah akhir Eril berada di sebelah masjid.

"Masjid yang bertempat di kampung ibumu. Masjid yang didesain dan sedang dibangun ayahmu," kata Kang Emil.

Hal yang terpenting, Kang Emil melanjutkan, masjid tersebut anak dinamakan seperti nama putranya, yaitu Masjid Al Mumtadz. Yang artinya "terbaik".

“Terbaik” adalah caramu menjalani hidup di dunia fana ini. Tidak sia-sia kami pilihkan nama penuh doa itu untukmu. Eril, today is Saturday. It is a good day to go home," tulis Ridwan.

Dalam unggahan itu, tampak peti jenazah, kemudian ada desain lokasi tempat pemakaman. Gambar sebuah masjid yang indah dengan warna putih dengan di sekelilingnya taman yang hijau.

"MasyaAllah bagus banget Mesjidnya…Alfatihah buat ananda Eril🤲🙏," tulis seorang warganet. "A Eril jadi pengingat bahwa bekal kebaikan lah yang harus dibawa menghadap Allah Swt. Kang @ridwankamil & Teh @ataliapr pun jadi teladan kuatnya Iman, Allahummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fu’anhu. Doa kami senantiasa teriring 🙏," seorang warganet berkomentar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Sosok Penemu Jasad Eril

Sebelumnya, Kang Emil mengunggah foto dan video perempuan yang menemukan jasad Eril. Ia seoran guru SD bernama Geraldine Beldi.

Ia menuturkan, seorang guru SD yang menemukan jenazah Eril di Sungai Aare, saat ia sedang berjalan pagi menuju tempatnya mengajar. Ia langsung menelpon polisi dan akhirnya jenazah Eril bisa diangkat dan diselamatkan dengan baik.

“Mohon Carikan ibu guru itu,” itu arahan saya ke tim di Bern. “Saya berkewajiban menghaturkan terima kasih, sebelum pulang ke tanah air”, kata Ridwan Kamil.

“Kami warga Kota Bern, tahu semua tentang berita Eril. Dan saya pun punya 2 anak. Jadi saya tiap jalan kaki, selalu melihat ke arah sungai Aare. Dan ternyata saya yang menemukannya. Turut berduka cita ya Pak,” tulis Kang Emil menirukan ucapan guru SD itu.

3 dari 4 halaman

Eril Hilang

Eril dikabarkan hilang saat berenang bersama adik dan temannya di Sungai Aare, Bern, Swiss, Kamis, 26 Mei 2022. Tim SAR dan kepolisian Swiss lalu bergerak mencari putra pertama Gubernur Jawa Barat itu.

Kepolisian dan tim SAR memperluas wilayah pencarian pada Jumat, 27 Mei 2022, mulai pukul 9.00 waktu Swiss, sampai waktu selesai. Namun, proses pencarian Eril di sungai sepanjang 288 kilometer itu mengalir di tiga sisi Kota Bern, tak membuahkan hasil.

Pencarian Eril tengah terkendala cuaca. Sebab, air di sungai saat ini tengah keruh akibat lelehan salju pegunungan. Pencarian tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Polisi Maritim Bern.

Lewat unggahannya pada 9 Juni 2022, Kang Emil menginformasikan jenazah Eril ditemukan. Jenazah akan tiba ke tanah air pada Minggu, 12 Juni 2022, dan akan dimakamkan pada Senin, 13 Juni 2022, di pemakaman keluarga di Cimaung, Kabupaten Bandung.

4 dari 4 halaman

Eril Ditemukan

Kabar baik itu akhirnya datang. Ridwan Kamil menyampaikan bahwa jenazah putranya telah ditemukan di Bendungan Engehalde, Bern, Swiss, pada Rabu, 8 Juni 2022 pagi.

"ALHAMDULILLAH YA ALLAH,..," tulis Kang Emil mengawali keterangan unggahannya, Jumat, 10 Juni 2022. "Akhirnya Engkau memberikan kesempatan saya untuk kembali memeluk, membelai dan memandikan anak saya sesuai syariat Islam, juga mengadzankan dengan sempurna di telinganya persis seperti saat Eril lahir," ia melanjutkan.

Kang Emil mengatakan meski sudah lewat 14 hari, jasad Eril masih utuh, lengkap, tidak kurang satu apapun. Wajah rapi menengok ke kanan dan ia bersaksi, jasad Eril wangi seperti wangi daun eucalyptus.

"Sungguh mukjizat kecil yang sangat kami syukuri. Maha Besar Allah, atas ijinMu,selama 14 hari Sungai Aare benar-benar melindungi dan mensucikan jasadnya dari marabahaya. Hai Eril, saatnya kamu pulang ke tanah air, untuk menghaturkan terima kasih kepada jutaan yang mendoakanmu," Kang Emil melanjutkan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS