Sukses

Jasad Eril Anak Ridwan Kamil Ditemukan, Atalia: Resah Kini Berubah Jadi Rasa Syukur

Liputan6.com, Jakarta - "Alhamdulilah Allahu Akbar!" begitulah istri Ridwan Kamil, Atalia Praratya, mengawali unggahan Instagram-nya tentang penemuan jasad putranya, Emmeril Khan Mumtadz. Seperti suanya, Atalia juga menyebut jasad Eril, begitu sapaan akrab Emmeril, ditemukan dalam "keadaan utuh, lengkap, bersih, tampan, tersenyum, dan wangi setelah 14 hari menghilang."

"Membuat saya yakin seyakin yakinnya bahwa Allah menjaga dan memuliakannya," ia meneruskan dalam keterangan unggahan Jumat (10/6/2022).

Lebih lanjut ibu tiga anak ini menuliskan, "Hilanglah kini segala khawatir dan gundah yang selama ini kami rasakan. Dari resah kini berubah jadi rasa syukur yang begitu dalam, karena tentu tidak ada yang lebih diinginkan seorang hamba selain berada dalam liputan kasih sayang Allah di akhir hidupnya. Husnul khatimah."

"Allahu AkbarAllahu Akbar. Alhamdulillah ya Allah, terima kasih atas segala kasih sayang-Mu kepadanya (Eril)," Atalia menyambung. "Terima kasih pula saya sampaikan kepada semua yang turut membantu dalam proses pencarian sampai kepulangannya: otoritas swiss, pemerintah RI, KBRI, keluarga, sahabat dan masyarakat, serta semua yang turut membantu dan mendoakan dari berbagai belahan dunia."

"Alhamdulillah Jazakumullahu khairan katsiran. Kekuatan ikhtiar dan doa memang maha dahsyat. Sayang semua. Mohon doa agar diberi kelancaran dalam proses pemulangan a Eril ke Indonesia," tutupnya.

Sebelumnya, Atalia sempat menceritakan kesukaan Eril pada air dalam unggahan di akun Instagram-nya Kamis, 9 Juni 2022. "Eril dan kecintaannya pada air…yang mengantarkannya 'pulang,'" tulisnya singkat dalam keterangan unggahan.

Video kompilasi yang dibuat akun @putureza tersebut memperlihatkan berbagai aktivitas anak Ridwan Kamil itu yang berkaitan dengan perairan. Ini termasuk saat mendiang Eril berada di sebuah air terjun dan melakukan olahraga air.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Mengucap Syukur

Saat Eril dikabarkan sudah ditemukan dalam kondisi tidak bernyawa, Atalia Praratya tetap mengucap syukur. Melalui Instagram Story, 9 Juni 2022, Atalia mengunggah sebuah rekaman video mengenai putranya yang sudah ditemukan. Ia pun menuliskan takbir atas ditemukannya jasad Eril.

"Alhamdulillah Allahu Akbar!" tulis Atalia. Ia juga menjelaskan bahwa pria yang ditemukan polisi maritim di sana memang adalah Eril, putranya yang telah hilang sejak 26 Mei 2022 saat berenang di Sungai Aare, Bern, Swiss. "DNA sudah dinyatakan sama dengan saya," tambahnya.

Di akhir kalimatnya, Atalia mengucap doa perpisahan dengan putra sulungnya yang berusia 22 tahun tersebut. Ia pun sudah mengikhlaskan kepergian Eril untuk selama-lamanya sebelum meninggalkan Swiss beberapa waktu lalu. "Innalillaahi wainna ilaihi raajiunnn," tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, jasad Eril ditemukan di Bendungan Engehalde, Bern, Swiss pada Rabu pagi 8 Juni 2022, waktu setempat.

"Bahwa kemarin kepolisian Bern telah bertemu kami KBRI bersama keluarga untuk menyampaikan informasi awal tentang ditemukannya jenazah yang diduga ananda Eril, pukul 06.50 pagi waktu Swiss 11.50 WIB," Duta Besar RI untuk Swiss dan Liechtenstein, Muliaman Hadad, mengatakan, seperti dilaporkan News Liputan6.com.

 

3 dari 4 halaman

Pencocokan DNA

Menurut Muliaman Hadad, kepolisian setempat kemudian mengidentifikasi jenazah melalui pencocokan DNA. Hasilnya, jenazah itu dikonfirmasi sebagai Eril, dan kini sudah diizinkan diambil pihak keluarga.

Muliaman juga mengatakan, pihak KBRI Bern akan memastikan bahwa almarhum Eril diberikan penghormatan sesuai syariat Islam. Selanjutnya, mereka akan terus mendampingi pihak keluarga untuk memulangkan Eril ke Indonesia.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) membenarkan pihaknya telah menerima surat cuti dari Ridwan Kamil. Diketahui, Emil mengambil cuti dari 9 Juni hingga 19 Juni 2022 untuk kembali terbang ke Swiss terkait perkembangan pencarian Eril.

Sebelumnya, Emil menyampaikan rasa syukur pada Tuhan Yang Maha Esa sebab jenazah Eril ditemukan dalam kondisi utuh. "MASYA ALLAH, Walau sudah lewat 14 hari, jasadnya masih utuh. Lengkap tidak kurang satu apapun, wajah rapi menengok ke kanan dan saya bersaksi, jasad Eril wangi seperti wangi daun eucalyptus," katanya lewat unggahannya di Instagram, Jumat (10/6/2022).

4 dari 4 halaman

Mukjizat Kecil

Ridwan Kamil mengatakan, itu sungguh mukjizat kecil yang disyukurinya. "Maha Besar Allah, atas ijinMu, selama 14 hari sungai Aare benar-benar melindungi dan mensucikan jasadnya dari marabahaya. Hai Eril, saatnya kamu pulang ke tanah air, untuk menghaturkan terima kasih kepada jutaan yang mendoakanmu," ia menambahkan.

Ia juga bersyukur pada Allah yang telah memberikan kesempatan untuk kembali memeluk Eril, membelai, dan memandikan putranya itu sesuai syariat Islam. Ia juga mengazankan dengan sempurna persis seperti saat Eril lahir.

Dalam unggahan sebelumnya, Emil mengatakan, jenazah putranya akan tiba di Indonesia pada Minggu, 12 Juni 2022 dan dikebumikan Senin, 13 Juni 2022. "Jenazah Eril Insya Allah akan kembali ke tanah air di hari Minggu dan dimakamkan Hari Senin," kata dia.

Dalam unggahan itu, Ridwan Kamil juga mengucapkan terima kasih kepada KBRI Swiss dan kepolisian/pemerintah Kota Bern atas kerja keras mereka. "Jazakallah kepada semua pihak yang turut membantu dalam pencarian dan kepada yang ikhlas mendoakan Eril, semoga Allah SWT membalas berlipat kebaikandan keikhlasan anda semua," ia menuliskan.