Sukses

Intip Menu Makanan di Kantin Pegawai Pabrik Selama 1 Minggu, Boleh Diambil Gratis

Liputan6.com, Jakarta - Konten media sosial sekarang sudah begitu beragam dan tidak sedikit yang menarik, termasuk soal kuliner. Seperti baru-baru ini saat seorang pengguna TikTok membagikan menu makanan di kantin pegawai pabrik.

"Menu kantin kuli pabrik Cikarang selama satu minggu cek," tulis akun @denysopyan1 sebagai keterangan unggahan video berdurasi 38 detik. Tampak di sana asam-asam iga jadi menu pembuka di hari Senin. Kuliner itu disajikan bersama sepiring nasi dan tampak sepotong melon sebagai makanan penutup.

Lanjut ke hari Selasa, menu makanan yang kali ini diperlihatkan adalah semangkuk bakso, lengkap dengan ragam topping, mulai dari mi sampai bakso beragam ukuran. Juga, ada semangka sebagai pilihan buah.

Hari Rabunya berupa nasi dengan ragam lauk pauk, termasuk ayam goreng, masih dengan potongan buah semangka sebagai makanan penutup. Disusul hari Kamis dengan menu yang kurang lebih sama, namun buahnya kali ini berupa pisang.

Lalu, Hari Jumat yang disebut "spesial," seporsi nasi itu dihidangkan bersama ragam lauk, termasuk satai. Selain potongan buah seperti biasa, makanan penutup di hari tersebut dilengkapi dengan satu cup es krim.

Klip yang sampai artikel ini ditulis sudah mencatat 1,2 juta kali penayangan tersebut menimbulkan ragam komentar. Di antaranya, tidak sedikit yang mengaku iri dengan menu makanan yang disediakan di kantin karyawan pabrik tersebut. Terlebih, si pemilik akun mengonfirmasi bahwa makanan tersebut didapat secara cuma-cuma alias gratis.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Ragam Komentar

Masih di kolom komentar unggahan video memperlihatkan menu makanan di kantin karyawan pabrik, ada beberapa warganet yang berhasil menebak dengan benar perusahaan tersebut. "Ini kalau enggak salah menu di PT. Nutrifood deh," tulis salah satunya yang dijawab "Iya" oleh si pemilik akun.

"Enak banget ya Allah. Apalah dayaku yang uang makan Rp2 ribu per hari. Itu pun dikasihnya bareng gajian," komentar seorang warganet, sementara yang lain berkomentar, "Lebih bergizi dari makan gue di rumah."

Ada juga yang menulis, "Pabrikku enggak pernah ada yang enak. Itu-itu mulu makanannya." "Biar badan tetap ideal porsi nasi emang segitu," bunyi komentar lainnya yang dijawab si pemilik akun, "Iya. Kalau pengen nambah boleh."

Pengguna lainnya berkelakar menanyakan bagaimana caranya melamar kerja di perusahaan tersebut. Apalagi, si pemilik akun mengonfirmasi bahwa menu makanan itu tidak diperuntukkan bagi divisi tertentu saja. "Buat semua," ia menuliskan.

3 dari 4 halaman

Apa Itu Kantin Perusahaan?

Pada dasarnya, kantin perusahaan adalah tempat di mana karyawan dapat makan tanpa meninggalkan tempat kerja mereka. Setiap makanan mungkin dibayar perusahaan, oleh karyawan, atau kombinasi keduanya. Kantin perusahaan juga dapat melayani seluruh bangunan yang berisi banyak bisnis, menurut Fooda.

Kantin kantor nyatanya punya beberapa manfaat serius. Sebagai pemberi kerja, Anda dapat memberikan keuntungan yang akan dihargai karyawan, baik itu kantin yang disubsidi perusahaan atau karyawan yang membayar harga penuh.

Beberapa perusahaan menjalankan kantin mereka sepenuhnya sendiri, tapi sering kali lebih mudah (dan lebih ekonomis) untuk menyewa perusahaan manajemen. Sederhananya, perusahaan manajemen kantin perusahaan menangani segala sesuatu yang berhubungan dengan kantin kantor.

Mereka memesan makanan, merencanakan menu, menyiapkan makanan setiap hari, dan menangani pembersihan. Mereka mungkin membantu Anda menyiapkan kantin, jika sebuah perusahaan belum memilikinya. 

Vendor kantin perusahaan memiliki hubungan dengan distributor makanan. Karena memesan fasilitas di seluruh negeri, mereka dapat menegosiasi diskon untuk sebagian besar makanan yang dipesan.  

4 dari 4 halaman

Makanan Segar Setiap Hari

Berdasarkan bahan yang dapat dipesan, perusahaan pengelola kantin korporat merencanakan menu untuk setiap kantin. Menunya dapat sangat bervariasi, baik dalam jenis makanan maupun variasi yang disajikan.

Variasi itu, bagaimanapun, sering jadi salah satu pertimbangan terhadap fasilitas makan perusahaan semacam ini. Karena diskon tingkat nasional itu, koki mendapat bahan yang sama secara teratur. Jadi, mereka akan memutar piring yang sama setiap tiga atau empat minggu. Bahkan jika mereka makan makanan enak, karyawan bosan dengan hal yang sama secara teratur.

Setiap hari, koki yang menjalankan kantin perusahaan akan mengawasi persiapan makanan hari itu. Di hampir setiap kasus, ini akan jadi makan siang, tapi tergantung pada kontrak Anda, mereka mungkin juga menyajikan sarapan, kopi, atau makanan ringan.

Ini adalah salah satu alasan terbesar perusahaan manajemen kantin korporat sangat membantu: mereka menyiapkan semua makanan. Karyawan mendapatkan makanan segar setiap hari mereka pergi ke kantin.