Sukses

Heboh Restoran Malaysia di Australia Jual Es Krim Rasa Indomie Goreng

Liputan6.com, Jakarta - Indomie Goreng telah jadi varian mi instan favorit tidak hanya bagi orang Indonesia, namun juga pelanggan dari berbagai negara. Minat akan produk ini kemudian dimanfaatkan sebuah grup restoran Malaysia yang berbasis di Australia, Ho Jiak, untuk berkreasi lebih jauh.

Pihaknya merilis es krim rasa Indomie Goreng yang menjanjikan tekstur "creamy nan lembut dengan sentuhan cita rasa khas" produk mi instan tersebut. Kendati sebenarnya bukan item baru, yang mana unggahan produk ini ada yang tercatat pada 2020, kehadirannya baru-baru ini menarik perhatian pengguna Twitter.

Ini bermula dari kicauan seorang pengguna @maxwalden_ yang menulis, "Eh, jadi es krim rasa Indomie eksis di Australia. HT @erwin_renaldi," pada Selasa, 26 April 2022. Kicauan itu kemudian menarik perhatian warganet yang sebagian besar mempertanyakan cita rasa es krim tersebut.

Salah satunya berkomentar, "Maksud saya… saya mengerti, bahkan mencicipi es krim asin atau creamy. Itu pada dasarnya adalah es krim yang dibuat dengan santan tanpa menambahkan gula. Sekarang dengan kekejaman ini, saya tidak tahu apakah saya ingin es krim saya terasa seperti saya membuang sisa mi goreng ke dalam es krim vanila."

"Penistaan apa lagi ini," sambung yang lain, sementara ada juga yang menulis, "Sekte mana lagi ini?" Di antara beberapa pengguna, mereka tegas menolak kreasi es krim tersebut. "Just ... no no no no," salah satunya menulis.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Berapa Harganya?

Merujuk pada unggahan tersebut, es krim rasa Indomie Goreng tersebut dijual seharga 16,8 dolar Australia (sekitar Rp172 ribu). Faktanya, itu bukan satu-satunya produk kreasi Indomie Goreng dari grup restoran Malaysia tersebut.

Di unggahan Instagram-nya, mereka juga berbagi tentang menu Indomie Goreng truffle pada 16 Juli 2021. "Angkat tangan jika Anda kecewa karena melewatkan musim truffle," tulis mereka sebagai keterangan unggahan.

"Kami akan memperkenalkan seri DIY Ho Jiak kami, di mana Anda bisa mendapatkan satu set bahan penting yang diperlukan bersama petunjuk cara memasaknya," mereka menambahkan. "DIY Truffle Indomie Buttermilk Anda sendiri. Pesan secara online mulai hari Sabtu dan seterusnya."

Di video yang dibagikan, kreasi lain dari Indomie Goreng ini disajikan bersama kuah berwarna putih yang sepertinya terbuat dari susu, ragam potongan sayuran, dan tentunya, truffle. Telur mata sapi dan taburan bawang goreng pun melengkapi seporsi DIY Truffle Indomie Buttermilk yang disarankan untuk dimasak di rumah.

3 dari 4 halaman

Apa Itu Ho Jiak?

Mengutip situs webnya, Kamis (28/4/2022), grup restoran ini mendeskripsikan diri mereka sebagai "penuh cita rasa Malaysia modern, dan dikemas dengan hati, jiwa, dan banyak bumbu."

"Ho Jiak adalah makanan kreasi Kepala Koki dan Pemilik Junda Khoo dan mitra bisnis William Xie. Tempat di mana jajanan pinggir jalan Penang, yang disantap secara tradisional dengan tangan Anda, bertemu jamuan Nyonya bergaya keluarga yang berlimpah," mereka melanjutkan.

"Kedua jenis sajian telah dibuat (dengan sentuhan) dari resep tradisional yang diturunkan dan disempurnakan dari generasi ke generasi, kedalaman cita rasa Cina Malaysia sangat halus dan sangat kaya," tutup pihaknnya.

Grup ini beroperasi dengan banyak merek di bawahnya. Ini termasuk Chatswood dengan spesialiasi makanan rumahan ala Malaysia, Town Hall untuk "menemukan kembali" cita rasa kuliner Negeri Jiran, serta Haymarket yang sajiannya terinspirasi masakan rumahan dan jajanan pinggir jalan yang dimasak Kepala Koki Junda Khoo bersama ibunya di dapur keluarga.

Tidak ketinggalan, ada juga Strathfield yang merupakan pandangan modern tentang open-air hawkers dari bagian utara Penang, Malaysia.

4 dari 4 halaman

Pernah Booming di Indonesia

Selain di Australia, es krim rasa Indomie Goreng sebenarnya sudah pernah booming di Indonesia, tepatnya pada 2020 lalu. Merek es krim handcrafted Holi Ice Cream yang menggagas ide segar tersebut.

Dalam sejumlah unggahan di akun Instagram-nya kala itu, mereka menarasikan sajian es krim satu ini dilengkapi taburan bawang goreng. "THE FIRST INDOMIE GORENG ICE CREAM IN INDONESIA! Lengkap dengan taburan bawang goreng asli di atasnya! WOW Yakin kamu gak mau coba?" begitu tulisan dalam unggahan pada 10 Agustus 2020.

Untuk mencicip kuliner unik ini, pelanggan harus melakukan pre-order dengan merogoh kocek senilai Rp45 ribu. Merek es krim ini memang acap kali merilis berbagai cita rasa unik, di antara ragam "varian es krim normal" yang tidak kalah menggugah selera.

Empat menu unik yang tercatat pernah dirilis pihaknya adalah es krim rasa Indomilk Banana with Choki-Choki, Energen with Cornflakes, Red Wine, dan Cheese Tea with Brulee.