Sukses

Cerita Akhir Pekan: Tren Kue Lebaran 2022

Liputan6.com, Jakarta - Berkirim hantaran atau hampers begitu identik dengan perayaan Idul Fitri atau Lebaran. Salah satu hal yang tak terpisahkan dari hantaran tersebut adalah kue Lebaran yang dikemas menarik untuk dibagikan kepada keluarga hingga kolega.

Isi hantaran kue Lebaran biasanya didominasi dengan kue-kue kering. Begitu pula dengan yang disuguhkan oleh Miss Ogura yang menawarkan kue Lebaran yang dibalut dengan inovasi menarik dan telah menerima banyak pesanan.

"Naik hampir dua kali lipat karena kapasitas produksi juga meningkat sari tahun lalu, sudah lebih prepare tahun ini," kata Astrid Ellena, selaku pemilik Miss Ogura saat dihubungi Liputan6.com, Jumat, 15 April 2022.

Ellena melanjutkan, pesanan kue Lebaran sudah masuk sejak akhir Maret 2022. Dari sederet varian kue, usaha kue Ellena ini memiliki beberapa kue yang jadi favorit para pelanggan.

"Kalau yang favorit di Miss Ogura yang nastar. Kita memang cari resep yang sangat unik setiap tahun, kita ubah tahun ini dan saya ambil tema traditional fusion, misalnya es teler dijadikan cookies yang unik," tambahnya.

Gagasan ini dilakukan Ellena untuk pembaruan dan memberi sentuhan berbeda pada hantaran yang disuguhkan. "Tiap tahun memang pengen-nya beda," ucap Ellena.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 
2 dari 5 halaman

Trio Nastar

Opsi pembaruan agar pelanggan tidak bosan dihadirkan Miss Ogura setelah mendapat masukan di tahun lalu. Para pelanggan toko kue ini bahkan datang dari luar kota khusus membeli hantaran unik tersebut.

"Dari situ kita mikir gimana cari cookies yang menarik perhatian orang-orang yang bahkan jauh juga," terang Ellena.

Ia menambahkan, pemesanan kue Lebaran di Miss Ogura tersebar di seluruh Indonesia dari Aceh hingga Papua. "Bahkan ada yang sampai hand carry ke Hong Kong," tambahnya.

Kue Lebaran Miss Ogura yang terfavorit di 2022 dikatakan Ellena adalag Trio Nastar, yakni Nastar Klepon, Nastar Ronde, dan Nastar Kurma. Masing-masing memiliki tampilan yang serupa, namun isian yang berbeda.

 
3 dari 5 halaman

Berapa Harganya?

"Yang nastar klepon itu keras kayak nastar, isinya kelapa sama gula jawa, nastar kurma isi kurma, yang ronde isinya kacang sama wijen," tutur Ellena.

Ia melanjutkan, paker nastar ini dijual mulai Rp65 ribu per satu boks. "Yang kecil isi 12 dan yang besar isi 30 itu Rp145 ribu," tambahnya.

Paket nastar boks kecil disebut Ellena yang bangak diminati oleh pelanggan. Ia pun memiliki misi tersendiri menyuguhkan paket kue Lebaran yang terjangkau.

"Konsepnya Miss Ogura kita ingin budget-friendly, pokoknya harus di bawah Rp200 ribu," tutup Ellena.

4 dari 5 halaman

Fika Cakes

Bakery lain yang juga menghadirkan opsi kue Lebaran adalah Fika Cakes. Beberapa pilihan kue kering pun dijadikan satu paket, namun pelanggan juga dapat membeli satuan.

"Kalau mau Lebaran, kita selalu stok kue-kue kering, baik paket isi tiga dan empat. Ada nastar, lidah kucing, putri salju, dan lainnya. Minatnya cukup banyak," kata Lilis, petugas Fika Cakes kepada Liputan6.com, saat ditemui di kawasan Jakarta Timur, Jumat, 15 April 2022.

Lilis menjelaskan, pesanan mulai ramai datang ketika memasuki bulan Ramadhan. Pihaknya menawarkan satu boks varian kue kering dengan harga masing-masing Rp50 ribu.

5 dari 5 halaman

Lapis Legit

Selain kue kering, Lilis menyebut kue yang kerap dijadikan hantaran Lebaran lainnya adalah Lapis Legit dan Lapis Surabaya. Kedua kue ini menjadi pilihan favorit di Fika Cakes.

"Biasanya kalau di sini favorit Lapis Legit dan Lapis Surabaya, kebanyakan dikasih buat saudara. Lapis Legit per boks Rp45 ribu dan Lapis Surabaya Rp50 ribu," kata Lilis.