Sukses

Pasangan Penguin Sesama Jenis Jadi Ayah Pertama di Kebun Binatang New York

Pasangan penguin sesama jenis ini nyatanya bukan satu-satunya di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Sepasang penguin di sebuah kebun binatang di New York, Amerika Serikat (AS), menerima hadiah tahun baru yang istimewa. Dilaporkan CNN, Rabu (2/2/2022), mereka jadi orangtua angkat sesama jenis pertama yang berhasil menetaskan telur.

Anak penguin itu ditetaskan pada 1 Januari 2022 oleh Elmer dan Lima, dua penguin Humboldt jantan dewasa, di Kebun Binatang Rosamond Gifford di Syracuse, New York. Elmer dan Lima sama-sama lahir di kebun binatang itu, Elmer pada 2016 dan Lima pada 2019.

Mereka jadi pasangan pada musim gugur 2021 selama musim kawin. Kebun binatang mengatakan Elmer diberi nama tersebut "karena telur tetasan secara tidak sengaja rusak oleh orangtuanya dan tim perawatan hewan memperbaikinya menggunakan lem Elmer."

Menghindari kerusakan yang tidak disengaja seperti ini, kebun binatang mengatakan pihaknya memindahkan telur dari orangtua kandung ke orangtua asuh, dalam beberapa kasus. Para orangtua asuh merawatnya, sementara orangtua kandung mengerami telur tiruan.

Telur Elmer dan Lima yang menetas awalnya diletakkan pasangan heteroseksual Poquita dan Vente. Tapi, setelah tim kebun binatang mendeteksi embrio yang layak di dalamnya, mereka memindahkannya ke orangtua angkat sesama jenis pertama itu.

"Pada pemeriksaan kesehatan pertama, ketika anak berumur lima hari, beratnya 226 gram," kata direktur kebun binatang Ted Fox. "Itu terus dirawat Elmer dan Lima, yang melakukan pekerjaan mereka dengan baik."

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bukan Satu-satunya Pasangan Penguin Sesama Jenis

Fox mengatakan tidak semua orangtua pandai menetaskan telur, dengan beberapa memecahkan telur, tidak mengeraminya dengan benar, atau memperebutkan siapa yang mengeraminya pada jam berapa. "Begitulah cara kami mengevaluasi siapa yang akan jadi orangtua asuh yang baik, dengan Elmer dan Lima adalah teladan dalam setiap aspek perawatan telur," tambah Fox.

Ia mengatakan, kisah pasangan itu akan "membantu orang dari segala usia dan latar belakang berhubungan dengan hewan." Setidaknya dua pasangan penguin telah memecahkan telur di masa lalu, dan fakta bahwa Elmer dan Lima "membangun sarang dan mempertahankan wilayah mereka" adalah tanda bahwa mereka bisa jadi orangtua yang baik.

Mereka adalah salah satu dari banyak pasangan penguin sesama jenis di dunia. Publik sebelumnya telah mengenal sepasang penguin gentoo betina di akuarium di Spanyol, pasangan penguin raja jantan di kebun binatang Berlin, dan pasangan penguin gentoo jantan di akuarium Sydney.

3 dari 4 halaman

Hewan Rentan

Tapi, pasangan yang paling terkenal tetap penguin chinstrap jantan Silo dan Roy, yang bertemu di Central Park Zoo pada 1998 dan membesarkan seekor anak penguin bernama Tango. Meski cinta mereka tidak bertahan lama, Silo meninggalkan Roy untuk Scrappy api barunya pada 2005, keluarga mereka menginspirasi sebuah buku anak-anak pemenang penghargaan.

Elmer dan Lima adalah penguin Humboldt, yang diklasifikasikan sebagai rentan oleh International Union for the Conservation of Nature (IUCN). Organisasi itu mengatakan, ada penurunan jumlah yang cepat dan berkelanjutan dari populasi penguin itu di Peru.

Kebun Binatang Rosamond Gifford memiliki 28 penguin Humboldt di koloninya saat ini. Awalnya ada 18 penguin, dan telah menetaskan total 55 anak penguin, banyak di antaranya telah dipindahkan ke tempat lain.

4 dari 4 halaman

Infografis 5 Cara Lindungi Diri dan Cegah Penyebaran COVID-19 Varian Omicron

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.