Sukses

Beredar Video TMII Tampak Terbengkalai di Media Sosial

Liputan6.com, Jakarta - Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan salah satu objek wisata andalan di Jakarta yang baru-baru ini kembali jadi sorotan publik. Lewat kicauan di Twitter @RomitsuT, Rabu, 19 Januari 2022, beredar foto dan video memperlihatkan wajah dua wahana di sana: Museum Telekomunikasi dan SnowBay Waterpark.

"TMII sebelum dan sesudah diambil alih dan dikelola pemerintah. Ambyeaaarrrrrrrr merusak bukan menambah baik," tulisnya sebagai keterangan unggahan. Di cuitan itu, si pemilik akun memperlihatkan kontras wajah dua wahana TMII.

Terlihat gedung Museum Telekomunikasi yang sudah tidak terawat. Pemandangan serupa juga tampak di area SnowBay Waterpark. Kolam-kolam yang semula berair jernih, di rekaman itu tampak keruh. Fasilitas-fasilitas penunjangnya juga terbengkalai.

Liputan6.com sudah menghubungi pihak PT. Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan Ratu Boko (Persero), pengelola TMII sekarang, Jumat (21/1/2022). Namun, mereka mengatakan sementara belum bisa memberi tanggapan terkait konten viral tersebut.

Penampakan ini sendiri telah mengundang berbagai komentar warganet. Salah satunya menyoroti bahwa kondisi itu bukan tentang "setelah dikelola pemerintah." Pasalnya, Museum Telekomunikasi dilaporkan sudah tutup, bahkan sebelum pandemi COVID-19. 

Sementara, SnowBay Waterpark menutup gerbangnya seiring langkah-langkah penanganan COVID-19 diambil pemerintah sejak Maret 2020. Kementerian Sekretariat Negara bersama PT Taman Wisata Candi (PT TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (Persero) baru meneken Kerja Sama Pemanfaatan (KSP) TMII pada 1 Juli 2021, lapor kanal News Liputan6.com.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Bukan Kali Pertama

Ini juga sebenarnya bukan kali pertama wajah lain TMII menyeruak ke media sosial. November lalu, pengguna TikTok @bangbrew94 mengunggah video memperlihatkan kondisi terkini Museum Telekomunikasi.

Di rekaman itu, diperlihatkan bangunan museum yang sudah usang dan tidak terurus. Bahkan, terdapat genangan air lantai di lantai dasar bangunan tersebut. "Keren banget sih, tapi sayang banget ya kenapa bisa tidak terurus seperti ini," katanya.

Di bulan yang sama, rekaman kondisi SnowBay Waterpark dibagikan secara luas dan menarik perhatian warga dunia maya. Juga lewat TikTok, akun @depskiie10 memperlihatkan kondisi lobi dan loket pintu masuk taman air itu yang tampak kotor.

Selain banyak daun kering berserakan di sana-sini, kondisi air kolam renang yang keruh juga terekam dalam video tersebut. Dinding kolamnya berlumut, juga terdapat sampah di beberapa kolam.

3 dari 4 halaman

Peluncuran Kembali TMII

TMII sebenarnya disebut sedang dalam proses renovasi. PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney sebagai induk Holding BUMN Aviasi dan Pariwisata akan meluncurkan kembali TMII pada tahun ini.

"Kita memang akan renovasi dan lakukan pengembangan kembali (TMII) untuk diluncurkan tahun ini," kata Direktur Marketing  InJourney Maya Watono, lapor Antara.

Direktur Utama InJourney Dony Oskaria menyebut, "Holding BUMN Aviasi dan Pariwisata juga memiliki PT Taman Wisata Candi yang merupakan destination management organization pengelola Borobudur, Prambanan, Ratu Boko, dan (sekarang ditambah) Taman Mini Indonesia Indah yang pada tahun ini akan kita kelola."

4 dari 4 halaman

Infografis 5 Cara Lindungi Diri dan Cegah Penyebaran COVID-19 Varian Omicron