Sukses

Apa Itu Veganuary yang Kembali Digelar di 2022?

Gerakan Veganuary sebenarnya telah ada di Inggris sejak 2014 lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Beragam opsi tersedia bagi mereka yang berniat untuk konsisten menjalankan gaya hidup sehat. Salah satu yang tengah ramai jadi perbincangan di awal Tahun Baru 2022 adalah Veganuary.

Dilansir dari InStyle, Jumat (14/1/2022), Veganuary didefinisikan sebagai pola makan yang lebih banyak mengonsumsi bahan nabati dan tidak menyantap produk hewani. Gerakan ini dimulai di Inggris pada 2014.

Sebuah organisasi nirlaba dengan nama yang sama mendorong orang untuk mencoba menjadi vegan selama bulan Januari. Situs gerakan ini melaporkan lebih dari 500 ribu orang mendaftar untuk mewujudkan komitmen tersebut.

Menerapkan pola makan tanpa konsumsi produk hewani bukan hal yang baru. Hari Vegan Sedunia didirikan pada 1994 dan terus mengalami pertumbuhan pengikut sejak itu.

Pada 2014, hanya satu persen konsumen Amerika Serikat yang menyebut mereka vegan. Tetapi pada 2017, jumlah itu melonjak menjadi enam persen, menurut laporan pada 2017 oleh GlobalData.

Banyak selebritas turut mempopulerkan veganisme selama ini, termasuk Beyonce. Penyanyi ini mempromosikan pola makan vegan selama 22 hari pada 2015.

Pemasaran Veganuary khususnya benar-benar meningkat pada 2020 ketika pencarian Google untuk istilah tersebut melonjak. Bahkan, Hollywood mencatat dengan mengumumkan bahwa Golden Globes 2020 menyuguhkan menu semua-vegan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Vegan

Pola makan nabati dengan konsumsi berbagai buah dan sayuran telah dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan kanker, menurut Barbie Boules, R.D.N., pendiri Barbie Boules Longevity Nutrition. "Filosofi makanan nabati kaya akan serat, vitamin, mineral, fitonutrien, dan hidrasi," kata Boules.

Manfaat kesehatan dari pola makan vegan dapat dilihat bahkan dari upaya jangka pendek. Dalam ulasan pada 2019 yang diterbitkan dalam jurnal Nature, penulis mencatat peningkatan kadar glukosa, insulin, dan kolesterol, serta penurunan berat badan dan penurunan peradangan bagi peserta yang mempertahankan pola makan nabati selama tiga hingga 24 bulan.

Studi 2018 lainnya menunjukkan peserta telah mengurangi kolesterol total setelah menjadi vegan hanya selama empat minggu. Selain manfaat kesehatan, pola makan nabati juga bermanfaat bagi Bumi.

Sebuah studi 2018 yang diterbitkan dalam jurnal Nature menunjukkan mempertahankan pola makan Barat yang tinggi pada produk hewani dan makanan olahan pada tingkat saat ini dapat menyebabkan lonjakan kontributor perubahan iklim terkait makanan. Hal tersebut termasuk polusi air dan emisi gas rumah kaca sebanyak 90 persen pada 2050.

3 dari 4 halaman

Memulai Vegan

Laporan lain pada 2019 di The Lancet menunjukkan diet yang kaya akan sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, dan kacang-kacangan (dan mengurangi konsumsi daging merah, gula, dan biji-bijian olahan) tidak hanya memiliki manfaat kesehatan pribadi, tetapi juga merupakan diet paling sehat untuk planet. Lantas, bagaimana memulai Veganuary?

Boules menekankan soal komitmen seseorang untuk merencanakan makanan dan memastikan asupan nutrisi yang cukup, terutama jika berencana untuk menjadi vegan selamanya. "Diet vegan ketat yang lengkap dengan nutrisi membutuhkan upaya dan perencanaan," katanya.

Ia menyampaikan orang harus memerhatikan secara khusus soal kalsium, vitamin D, B12, dan omega 3 yang tidak cukup ditemukan pada tanaman dan makanan vegan lainnya. Boules menyebut, kacang-kacangan, polong-polongan, edamame, tahu, dan quinoa adalah pilihan yang kaya protein untuk dicapai dalam pola makan vegan.

4 dari 4 halaman

Infografis 7 Penyebab Sampah Makanan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.