Sukses

Shin Tae-yong Doyan Sate dan Sop Buntut Sejak Jadi Pelatih Timnas Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Nama pelatih tim nasional (timnas) Indonesia asal Korea Selatan, Shin Tae-yong makin dikenal luas usai membawa Tim Garuda menjadi finalis Piala AFF 2020 di Singapura. Meski gagal mempersembahkan gelar juara, permainan penuh semangat Asnawi Mangkualam dan teman-temanya tidak menyurutkan kekaguman warga Indonesia terhadap dirinya.

Mantan pelatih timnas Korsel di Piala Dunia 2018 Rusia tersebut jadi sosok populer di Indonesia. Pengikut akun Instagram pria yang akrab disapa STY ini pun semakin bertambah dan sudah mencapai 700 ribu lebih.

Selain urusan sepak bola, banyak yang penasaran dengan sosok STY, termasuk makanan kegemarannya. Sejak didapuk sebagai pelatih timnas Indonesia pada Januari 2020, ia memang lebih sering tinggal di Indonesia dan jarang pulang ke Korea Selatan terutama sejak pandemi Covid-19 melanda dunia.

Ia pun sudah menyukai beberapa makanan khas Indonesia, seperti sop buntut, satai dan nasi goreng. "Nasi goreng dan sate enak," ungkapnya dalam tayangan Podcast di akun Youtube Deddy Corbuzier bertajuk 'Shin Tae-yong-Exclusive d CloseTheDoor-Deddy Corbuzier Podcast' pada Selasa, 11 Januari 2022.

Melalui penerjemah Jeong Seok Seo, ia juga mengatakan menyukai sop buntut. Alasannya, sop buntut khas Indonesia rasanya mirip dan bisa mengobati kerinduannya dengan kuliner negara asalnya bernama galbi tang.

Mendengar itu, Deddy Corbuzier langsung memesankan sate kambing di warung yang tak jauh dari studio podcast miliknya. Shin Tae-yong pun lahap menikmati sate kambing itu saat sudah disajikan. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Tinggal di Bali

Ia bahkan sangat menikmati bagian lemak yang biasa berada di tusukan kedua dalam satu tusuk satai. Selain itu, ia juga menikmati acar bawang merah yang disajikan dalam seporsi sate kambing.

Bicara soal selera makannya, Shin Tae-yong mengaku bahwa dirinya bukan tipikal orang yang suka makan pedas. Kalau ada makanan pedas, ia memilih tidak memakannya.

Selain soal kuliner, STY juga mengaku kerasan tinggal di Indonesia. Seperti kebanyakan warga negara asing lainnya, ia juga menyukai Bali. Saat tidak ada agenda di Jakarta, dia akan berlibur ke Bali, bahkan punya keinginan untuk tinggal di Pulau Dewata tersebut.

"Saya sering sekali ke Bali. Jujur saja saya ingin tinggal di Bali," ucapnya. Pelatih kelahiran 11 Oktober 1970 ini merasa mulai nyaman menetap di Indonesia. Menurutnya, masyarakat Indonesia sangat baik dan ramah-ramah.

3 dari 4 halaman

Cuaca Panas

Kebaikan itu pun tidak membuatnya kepanasan dengan cuaca di Indonesia. Baginya, cuaca panas adalah hal biasa yang ia juga rasakan di Korea Selatan.

Mengenai keluarganya, STY sebenarnya ingin mengajak mereka ke Indonesia, tapi terhalang pandemi yang membuatnya kesulitan mengurus masalah perizinan. Dia berharap suatu hari nanti dapat tinggal bersama istrinya di Pulau Bali. Sedangkan, kedua anaknya yang sudah beranjak dewasa kemungkinan akan tetap tinggal di Korea karena sudah bekerja di sana.

Dalam waktu dekat, Shin Tae-yong akan berangkat ke Bali untuk mempersiapkan timnas Indonesia menghadapi pertandingan FIFA Matchday melawan Bangladesh pada 24 dan 27 Januari 2022. Kedua pertandingan tersebut bakal dihelat di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

4 dari 4 halaman

Shin Tae-yong Pelatih Baru Timnas Indonesia