Sukses

Elkan Baggott Tampil Hadapi Malaysia di Piala AFF 2020, PSSI Apresiasi Dubes RI di Singapura

Berkat bantuan KBRI Singapura, Elkan Baggott melakukan karantina dengan lancar dan bahkan sudah siap tampil lagi di Piala AFF 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Pemain belakang atau bek Timnas Indonesia Elkan Baggott siap menghadapi Malaysia pada laga pamungkas Grup B Piala AFF 2020. Laga ini akan dimainkan di National Stadium, Singapura, Minggu (19/12/2021) pukul 19:30 WIB.

Duel Indonesia melawan Malaysia adalah laga penentuan untuk memperebutkan tiket semifinal Piala AFF.  Skuat Garuda saat ini menduduki posisi puncak klasemen dengan raihan tujuh poin, unggul satu angka atas Malaysia yang berada di urutan ketiga.

Timnas Indonesia hanya membutuhkan hasil imbang untuk lolos ke semifinal. Tetapi jika ingin menjadi juara grup, skuat Garuda harus menang dan Vietnam hanya menang tidak lebih dari satu gol lawan Kamboja.

Bermainnya kembali Elkan membuat Ketua Umum PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia) Mochamad Iriawan menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Kedutaan Besar Republik Indonesia atau KBRI Singapura, karena sudah membantu segala hal mengenai masalah. Berkat bantuan KBRI Singapura, pemain berusia 19 tahun itu bisa melakukan karantina dengan lancar dan kini bahkan sudah siap membela Timnas Indonesia lagi.

Elkan harus menjalani karantina karena berada satu pesawat dengan penderita Covid-19 varian Omicron. Kejadian tersebut dialami Elkan kala dirinya terbang dari London ke Singapura.

Untungnya, Elkan masih diperbolehkan menjalani latihan secara mandiri selama menjalani masa karantina. Pemain berdarah Indonesia-Inggris itu diizinkan membawa perlengkapan gymnasium ke kamar hotel tempat dirinya menjalani karantina.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bisa Berlatih Mandiri

"Alhamdulillah Elkan Baggott hari ini selesai karantina dan sore nanti sudah bisa ikut latihan dengan tim. Terima kasih kepada Dubes RI di Singapura (Suryopratomo) yang telah membantu PSSI terkait masalah ini," kata Iriawan, dikutip dari laman resmi PSSI, 18 Desember 2021. "Kami berharap dengan kembalinya Elkan akan menambah kekuatan timnas Indonesia jelang melawan Malaysia," tambahnya.

Selama di Singapura, Iriawan setiap hari berkomunikasi dengan Direktur Teknik (Indra Sjafri) untuk memantau perkembangan timnas. Begitu pula dengan situasi yang dihadapi Elkan. Meski menjalani karantina, Elkan tetap bisa berlatih mandiri.

Pihak pemerintah Singapura membolehkan alat-alat gym dibawa ke kamar. Selain itu, makanan bisa diatur dan sediakan sendiri kalau tidak cocok menu yang disediakan di hotel tempat karantina.

KBRI dan Dubes Suryopratomo juga kembali menyatakan dukungannya pada Elkan dan timnas lewat akun Instagram KBRI Singapura dan akun pribadi Suryopratomo.

3 dari 4 halaman

Harapan Elkan

"Alhamdulillah hasil PCR terakhir Elkan Baggott negatif sehingga Elkan sudah bisa beraktivitas secara normal. Sabtu sore nanti pemain belakang tim nasional sudah bisa berlatih bersama tim dan Minggu siap diturunkan menghadapi Malaysia. Indonesia Pasti Bisa!!!🇮🇩 #kbrisingapura #inidiplomasi," tulis Suryopratomo dalam unggahannya pada Sabtu, 18 Desember 2021.

Elkan juga mengaku sudah siap membela Skuat Garuda menghadapi Malaysia.  "Saya dalam keadaan baik, saya sudah bebas (dari karantina). Kondisi saya sangat bagus, fit dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan untuk pertandingan nanti," ujar Elkan Baggott.

Elkan sudah bergabung latihan bersama seluruh pemain timnas Indonesia pada Sabtu, 18 Desember 2021 di Stadion Bukit Gombak, Singapura.  "Saya berharap bisa bermain (lawan Malaysia), bekerja keras untuk meraih kemenangan di laga nanti. Saya akan memberikan segalanya untuk meraih kemenangan. Sejujurnya ini pengalaman pertama saya melawan Malaysia. Saya hanya tahu Malaysia adalah tim yang kuat," tulisnya lagi.

Pemilik nama lengkap Elkan William Tio Baggott ini sebelumnya sudah tampil saat Indonesia menang 5-1 atas Laos pada pekan lalu, 12 Desember 2021.  Saat itu ia baru diturunkan di babak kedua.

4 dari 4 halaman

Jadwal Piala AFF 2020

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.