Sukses

Berbagi dan Donasi untuk Sesama Melalui Platform Digital

Platform donasi digital menjadi salah satu jalan berbagi untuk mereka yang membutuhkan.

Liputan6.com, Jakarta - Kemajuan teknologi turut beriringan dengan lahirnya beragam inisiatif, termasuk platform donasi digital. Mereka yang ingin berdonasi kepada sesama yang membutuhkan, dapat menyalurkan bantuan lewat platform digital tersebut.

Salah satunya adalah berbuatbaik.id yang resmi diluncurkan dalam rangka memperingati hari jadi ke-16 organisasi nirlaba CT ARSA Foundation. Kehadiran platform donasi digital ini bertujuan untuk mempermudah para donatur untuk berdonasi.

"Kita mengetahui saat ini terjadi proses transformasi menuju digital, berbuat baik pun tidak perlu harus secara fisik, dapat dialkukan juga secara digital," kata Chairul Tanjung, Pembina CT ARSA Foundation di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Minggu (5/12/2021).

Indonesia kini diposisikan sebagai negara paling dermawan di dunia versi Charity Aid Foundation (CAF) World Giving Index 2021. Riset tersebut tercermin dari masyarakat Indonesia yang punya kepedulian tinggi pada sesama dan mendorong lahirnya banyak wadah pengumpulan dan penyaluran bantuan lewat platform digital.

"Perbedaan berbuatbaik.id dengan platform-platform digital berbuat baik yang lain bahwa pertama, seluruh donasi 100 persen akan disalurkan kepada orang yang memang ditujukan tanpa dipotong biaya Rp1 pun," tambahnya.

Chairul melanjutkan, biaya penyaluran tersebut akan ditanggung oleh perusahaan-perusahaan di lingkungan yayasan tersebut yang berada di wilayah tujuan. Selain itu, bagi donatur juga tidak dikenakan biaya transfer.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bebas Biaya Transfer

"Bahkan sumbangan untuk biaya transfernya yang biasa dibayar, ditanggung sepenuhnya oleh Bank Mega," jelas Chairul.

Pihaknya mengajak seluruh masyarakat yang ingin membantu sesama yang membutuhkan dapat menyalurkannya melalui platform digital tersebut. Daftar lembaga yang terlibat dalam penyaluran donasi juga telah dikurasi secara khusus oleh tim berbuatbaik.id.

"Apabila ingin memasukkan usulan terhadap orang-orang yang dibantu, dapat mengusulkan kepada pengurus berbuatbaik.id untuk dikurasi, dicek apakah pantas dibantu. Jika hasilnya mereka perlu dibantu, maka akan dimasukkan ke dalam platform yang ada," jelasnya.

3 dari 4 halaman

Sebagai Relawan

Chairul menyampaikan, pihaknya juga menerima dengan tangan terbuka bagi mereka yang ingin menyumbangkan tenaga sebagi relawan. Adapun relawan tersebut nantinya dapat ambil bagian dalam fokus kebencanaan, kesehatan, hingga pendidikan lewat yayasan ini.

"Berbuat baik tidak harus dengan uang, tetapi dapat dengan tenaga dan pikiran. Oleh karenanya, kami dari berbuatbaik.id mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk berbuat baik demi kebaikan kita bersama," tutur Chairul.

"Ini adalah salah satu inisiatif kami dan tidak akan berhenti sampai di sini karena kami masih dalam proses untuk menciptakan kembali kewajiban dalam membayar zakat, memberi sedekah, berwakaf nanti untuk memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada masyarakat yang membutuhkan," tutup Chairul.

4 dari 4 halaman

Infografis 6 Komunitas Relawan untuk Asah Rasa Berbagi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.