Sukses

Perusahaan Rintisan Prancis Daur Ulang Puntung Rokok Jadi Jaket Seharga Rp1,6 Juta

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah perusahaan rintisan di Prancis membuat daur ulang puntung rokok menjadi jaket. Hal itu dilakukan oleh perusahaan bernama Tchao Megot.

Upaya tersebut dilakukan untuk mewujudkan sebuah cita-cita agar pusat kota tanpa puntung rokok. Melansir dari video France24, sebanyak 4.300 miliar puntung rokok dibuang setiap tahun di seluruh dunia.

Selama 12 tahun adalah waktu rata-rata yang dibutuhkan satu puntung rokok untuk membusuk. Puntung tersebut mengandung bahan kimia yang dapat menimbulkan bahaya lingkungan dan kesehatan.

"Upaya kolektif No Megots meningkatkan kesadaran tentang limbah beracun. Kami juga bertanggung jawab untuk mengumpulkan puntung rokok," ujar anggota No Megots, Julie Bravard.

Julie mengatakan, setelah puntung-puntung tersebut dikumpulkan kemudian diserahkan kepada Tchao Megot, perusahaan yang melakukan daur ulang dekontaminasi menggunakan bahan baku dari puntung rokok. Sejak didirikan pada Juni 2021, 12 kilo batang rokok sudah terkumpulkan.

"Kami ingin membuat kemitraan ini karena idenya tidak hanya untuk membersihkan, menghindari penyebaran puntung rokok di lantai. Idenya juga kemungkinan bahwa puntung ini, yang kita tahu memiliki dampak lingkungan yang sangat berat, dapat menjadi sumber daya," kata Wakil Wali Kota Saint-Denis, Corentin Duprey.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Jadi Serat

Di pabrik ini, TchaoMegot melakukan proses yang tidak ditemukan di tempat lain di dunia. Dikembangkan oleh Julien Paque, seorang insinyur muda, proses ekologis ini memungkinkan puntung rokok yang dikumpulkan untuk didaur ulang menjadi serat.

Tidak ada air atau pelarut yang dibutuhkan. Daun, abu, dan tembakau dihilangkan untuk menjadi bahan kompos. Zat beracun adalah diekstraksi dari filter berkat teknologi "rahasia".

Ini adalah segala sesuatu yang telah diekstraksi dari bahan yang telah dimasukkan ke dalam terima dan apa yang keluar dalam konsentrat. Ini mengandung sekitar 5.000 zat beracun. Sebagian besar adalah nikotin.

Studi toksikologi telah membuktikan non-toksisitas bahan ini. Serat yang dihasilkan adalah didekontaminasi bersih tidak berbau. Kemudian ditekan bersama untuk menjadi bahan isolasi baru yang dapat digunakan di sektor konstruksi atau di industri tekstil.

"Kami dedikasikan untuk menjadi pemain kunci dalam daur ulang puntung rokok di Prancis, tetapi juga di seluruh Eropa. Kami akan pindah ke lokasi industri untuk dapat memproses lebih banyak puntung rokok di seluruh Prancis dan juga di Eropa," ujar insinyur dari TchaoMegot, Amelie Velter.

3 dari 4 halaman

Harga Jaket

Sejak didirikan, TchaoMegot telah mendaur ulang 400 kilogram puntung rokok. Di lokasi industri masa depan tiga ton dapat diproses secara instan.

Dengan serat berdesain ramah lingkungan, TchaoMegot telah memutuskan untuk membuat jaket vegan dan "buatan Prancis".

Serat dari puntung rokok "terjepit" di antara lapisan jaringan. Sekitar 3.200 puntung daur ulang masuk ke pembuatannya dari satu jaket. Untuk satu jaket tersebut akan dijual pada akhir tahun dengan harga sekitar 100 Euro atau Rp1,6 juta.

4 dari 4 halaman

Infografis Teror Beruntun dan Status Darurat Tertinggi Prancis