Sukses

Alih Profesi Bisnis Kuliner, Nurzakiah Caniago Bawa Rendang Makcik Roza Mendunia

Liputan6.com, Jakarta Dua puluh tahun menekuni profesi tenaga kesehatan atau nakes, siapa sangka kini Nurzakiah Caniago malah berhasil membesarkan usaha kuliner rumahan dengan nama Rendang Makcik Roza. Lebih mengejutkan lagi, dulunya Nurzakiah bahkan tidak bisa memasak.

Mimpinya untuk berwirausaha dari rumah tanpa meninggalkan keluarga mendorong Nurzakiah untuk belajar meracik hidangan asli Minang, tanah kelahirannya. Kini bukan hanya rendang daging sapi saja yang jadi andalan, ada beragam menu sedap yang sudah mulai go international.

Belajar dari Nol

 

Berlatar belakang tenaga kesehatan, Nurzakiah menyadari harus banyak belajar untuk memulai dan mengembangkan usaha kuliner rumahannya. “Saya berlatar belakang tenaga kesehatan, tidak bisa masak awalnya, tidak punya dasar ilmu bisnis dan manajemen, tidak paham dunia online, saya belajar dari nol,” jelasnya. 

Kerja kerasnya dalam mengenali kelemahan dirinya mulai membuahkan hasil. Kini Rendang Makcik Roza makin dikenal, bukan hanya di Depok, tapi juga ke berbagai negara berkat citarasa khasnya yang otentik.

Ragam Menu Unik, Bukan Cuma Daging

 

Buat yang ingin mencari variasi menu lain yang menggoyang lidah, Rendang Makcik Roza bisa langsung dipesan secara online atau lewat ManisdanSedap.com. Selain rendang daging sapi, ada juga rendang ikan tuna, dendeng balado, bahkan menu bagi mereka yang sedang menjalani pola makan vegan seperti rendang jamur tiram, rendang jengkol, dan rendang kacang merah. Tak kalah banyak peminatnya, ada dendeng kering yang diolah dengan cara merebus daging, mengirisnya tipis-tipis, lalu digoreng sampai krispi.

Buat yang ingin membuat rendang sendiri di rumah, Rendang Makcik Roza juga menyediakan pasta rendang, bumbu rendang instan, dan gonseng kelapa. “Gonseng kelapa itu bumbu rahasia untuk bikin rendang enak. Terbuat dari parutan kelapa, disangrai sampai berwarna kecoklatan, lalu diblender hingga keluar minyaknya dan tinggal dimasukkan ke dalam bumbu rendang,” jelasnya. Penasaran dengan kenikmatan menu Rendang Makcik Roza?

Siap-Siap untuk Ekspor

 

Dirintis sejak tahun 2015, Nurzakiah berharap usaha kulinernya terus meningkat omzetnya dan bisa berkembang menjadi bisnis keluarga yang besar.

“Saya juga lagi persiapan ekspor untuk bumbu rendang instan atau pasta rendang, juga sudah mendirikan koperasi khusus untuk pengusaha rendang, dengan saya sebagai ketuanya,” jelasnya saat ditanya soal langkah-langkahnya membawa Rendang Makcik Roza kian mendunia.

Mimpi memperkenalkan kuliner Nusantara ini pun didukung penuh oleh ManisdanSedap.com, platform yang memudahkan penggemar kuliner untuk menemukan beragam menu PO dari berbagai kota. Merupakan bagian dari KLY (KapanLagi Youniverse) sebagai Digital Media Network yang juga menaungi Liputan6.com, Merdeka.com, KapanLagi.com, Dream.co.id, Brilio.id, Fimela.com, Bola.com, Bola.net, dan Otosia.com, platform ini pun menjadi ‘etalase’ bagi pemilik UMKM. 

Memajang produk kuliner andalan, ManisdanSedap.com juga menambahkan fitur pembelian langsung menuju nomor WhatsApp Seller, sehingga pembeli bisa dengan mudah berinteraksi dan bertransaksi. Bisa dapat banyak kemudahan dalam mempromosikan jualanmu, yuk daftarkan usaha kulinermu ke ManisdanSedap.com!

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

(*)