Sukses

Antisipasi Omicron, AS Masukkan Negara di Afrika dan Eropa ke Daftar Perjalanan Risiko Tinggi Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Delapan negara di Afrika - tujuh yang baru ditambah satu sisa - terdaftar di tingkat risiko perjalanan tertinggi CDC untuk Covid-19. Negara-negara tersebut berada di bawah berbagai larangan perjalanan di seluruh dunia karena varian Omicron dari Covid-19.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS menempatkan tujuh dari negara-negara itu di Level 4 (risiko perjalanan tertinggi) pada 27 November, sehari setelah Presiden Joe Biden membuat pernyataannya tentang larangan perjalanan, melansir dari laman CNN, Selasa, 30 November 2021.

Destinasi tersebut adalah Eswatini, Lesotho, Malawi, Mozambik, Namibia,  Afrika Selatan, dan Zimbabwe. Negara kedelapan dalam kelompok itu – Botswana – telah berada pada peringatan perjalanan Level 4 sejak 6 Juli 2021.

Biasanya, CDC menempatkan tujuan di Level 4 ketika lebih dari 500 kasus per 100.000 penduduk terdaftar dalam 28 hari terakhir. Itulah yang terjadi pada Jerman dan Denmark pada update 22 November 2021.

Namun, negara-negara Afrika ditambahkan ke Level 4 dan dikenakan larangan perjalanan karena Omicron, bukan jumlah kasus mereka. "Pembatasan perjalanan diterapkan karena kekhawatiran tentang varian Omicron, dan ketidaktahuan seputar varian tersebut," kata CDC dalam e-mail ke CNN Travel pada Senin sore, 29 November 2021.

"Ada cukup bukti untuk bertindak membatasi perjalanan dan memperlambat penyebaran varian, sambil tetap mempelajari lebih lanjut tentang tingkat ancaman yang ditimbulkan oleh varian ini."

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Tingkat Risiko

Tingkat risiko CDC lainnya adalah Level 1 "berisiko rendah" dengan kurang dari 50 kasus baru per 100.000 penduduk yang tercatat selama 28 hari terakhir. Level 2 adalah "risiko sedang" dengan 50 hingga 99 kasus baru per 100.000 penduduk dalam 28 hari terakhir. Level 3 "berisiko tinggi" dengan 100 hingga 500 kasus per 100.000 penduduk dalam 28 hari terakhir.

Sebelum berita varian Omicron melanda dunia, Eswatini, Malawi, Mozambik, Afrika Selatan dan Zimbabwe berada di Level 1. Namibia berada di Level 2, dan Lesotho berada di Level 3. Negara-negara Afrika itu adalah satu-satunya perubahan dalam pembaruan 27 November CDC yang diminta oleh Omicron.

Karena masa liburan, CDC mengatakan tidak memiliki pembaruan lain untuk Senin, 29 November 2021, tetapi akan memperbarui daftarnya nanti di minggu ini. Delapan tujuan di Afrika hampir tidak sendirian di Level 4. Sebelum alarm Omicron berbunyi akhir pekan lalu, sebagian besar fokus Covid-19 adalah pada lonjakan kasus di Eropa.

Beberapa tujuan wisata populer di Eropa -- dan di tempat lain di dunia -- yang masih berada di Level 4 pada Senin, 29 November 2021, antara lain Austria, Barbados, Belgia, Kosta Rika, Republik Ceko, Islandia, Belanda, Singapura, Swiss, dan Turki. Secara keseluruhan, lebih dari 80 tujuan sekarang berada di Level 4.

3 dari 4 halaman

Dua Alasan

Saat ini masih banyak ilmuwan yang belum tahu tentang varian virus corona baru, tetapi hal terbaik yang dapat dilakukan siapa pun saat ini adalah mendapatkan vaksinasi, menurut Dr. William Schaffner, seorang profesor penyakit menular di Vanderbilt University Medical Center. Ia mengatakan mendapatkan vaksinasi sangat penting karena dua alasan.

Pertama, adalah varian Delta. "Itulah virus yang ada di sini, saat ini, di setiap komunitas, menyebar," kata Schaffner. "Tapi No. 2, dan ini ada hubungannya dengan Omicron, kemungkinan vaksin kami akan memberikan setidaknya perlindungan parsial. Dan perlindungan parsial selalu lebih baik daripada tidak ada perlindungan."

Langkah keamanan penting lainnya adalah tetap memakai masker saat Anda berada di tempat umum. Saran Schaffner tentang bepergian sebagian besar sama seperti sebelum penemuan varian baru.

Pastikan Anda divaksinasi, kenakan masker, jaga jarak sosial sebanyak mungkin saat Anda bepergian dan pertimbangkan dengan cermat apa yang akan Anda lakukan ketika Anda sampai di sana, yang kemungkinan menempatkan Anda pada risiko yang lebih besar daripada perjalanan itu sendiri.

4 dari 4 halaman

Infografis Jurus Indonesia Tangkal Varian Omicron