Sukses

Tips Menyiapkan Sederet Perlengkapan Sambut Kelahiran Bayi

Liputan6.com, Jakarta - Menyambut kelahiran buah hati tercinta tentu ada begitu banyak hal yang harus dipersiapkan. Perlengkapan bayi ada beragam jenisnya dan prioritas membelinya tak lain untuk memenuhi kebutuhan bayi saat lahir ke dunia.

"Kalau peralatan baby sangat sensitif, apalagi bayi baru lahir. Aku sarankan orangtua pakai katun organik," kata Gabriella Novenia, pemilik label perlengkapan bayi dan anak, Carrol Baby kepada Liputan6.com, di Indonesia Maternity, Baby and Kids Expo (IMBEX) 2021 di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat, 26 November 2021.

Gabriella menyarankan pemilihan katun organik karena lebih lembut untuk bayi. Peralatan bayi berbahan ini juga disebutnya anti-alergi, membuatnya diklaim lebih aman untuk bayi.

"Kalau beli peralatan bayi, aku sarankan mereka beli bedong, sarung tangan, sarung kaki karena akan banyak ganti," tambahnya.

Gabriella menyebut label yang didirikannya pada 2019 ini memiliki produk utama, yakni Mimpi Blanket. Selimut ini bertekstur dot yang disebutnya dapat melatih motorik halus anak.

"Anak kecil itu senang sekali dengan sentuhan, genggaman. Jadi, ketika pegang Mimpi Blanket ini seperti ada sentuhan yang berbeda," tambahnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 
2 dari 4 halaman

Perlengkapan Bayi

Perwakilan label perlengkapan bayi Little Baby, Rani, turut berbagi beberapa peralatan yang dapat disediakan saat menyambut bayi. Ia menyebut peralatan itu terdiri atas baju bayi, popok, gurita, tempat bedak, dan botol.

"Yang perlu disediakan juga sabun, bak mandi, botol, sisir, dan tempat bedak. Produk kami yang banyak dibeli itu tempat bedak, tempat kapas, sisir, botol susu, kantong ASI, botol penyimpanan ASI untuk ibunya, dan pompa ASI," kata Rani kepada Liputan6.com, juga di lokasi pameran IMBEX 2021, Jumat, 26 November 2021.

Rani melanjutkan, setelah bayi menginjak usia enam bulan, orangtua dapat menyiapkan tempat makan, food feeder, food maker, serta wadah penyimpanan MPASI. Dikatakannya, setiap jenjang usia bayi memiliki kebutuhan yang berbeda.

3 dari 4 halaman

Persiapan Calon Orangtua

Cerita mengenai persiapan menyambut kelahiran buah hati turut dibagikan seorang pengunjung pameran bernama Puput Pandansari. Memasuki usia kehamilan lima bulan, belum banyak perlengkapan bayi yang ia beli.

"Kalau persiapan barang-barang belum banyak, biasanya lihat-lihat saja di online. Lebih ke persiapan mental, baca-baca buku dan tanya sama orang yang sudah berpengalaman," kata Puput kepada Liputan6.com, Jumat, 26 November 2021.

Puput mengungkap belum mengetahui jenis kelamin buah hatinya. Karena alasan tersebut, ia membeli baju-baju bayi baru lahir dan kaus kaki bernuansa netral, seperti warna biru, biru langit, pastel, dan cokelat.

"HPL (hari perkiraan lahir) Maret, paling beli perlengkapan bayi Desember atau Januari. Paling yang harus dibeli baju new born, namanya bayi sering ganti (baju), selimut, dan perlengkapan tidur," tambahnya.

Selama kehamilan, Puput juga rajin memutarkan musik klasik kepada bayi dalam kandungannya. Tak hanya itu, ia juga membacakan buku cerita dan mengajak bicara calon buah hati tercinta.

4 dari 4 halaman

Infografis 8 Cara Cegah Bayi Baru Lahir Tertular Covid-19