Sukses

Indahnya Pulau Moyo di NTB, Tempat Wisata Favorit Putri Diana dan Para Pesohor Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia punya banyak keindahan alam yang seperti tidak ada habisnya. Begitu pula di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), yang mampu menarik perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara.

Salah satunya destinasi wisata favorit di sana adalah Pulau Moyo, yang disebut-sebut sebagai tempat liburan favorit para artis dunia. Ibarat surga tropis yang indah, pulau ini berhasil memikat hati para pesohor dunia.

Dilansir laman resmi Dinas Pariwisata Provinsi NTB, Pulau Moyo merupakan destinasi wisata lengkap yang menawarkan banyak hal.  Di pulau seluas 350 kilometer persegi ini, Anda akan dimanjakan dengan hutan tropis yang hijau, pantai dan laut yang indah, air terjun yang memukau, serta pemandangan bawah laut yang mempesona.

Di sana ada banyak destinasi wisata yang menyajikan pemandangan alam memukau, di antaranya Air Terjun Mata Jitu, Air Tejun Sengalo, Air Terjun Diwu Mbai, Pantai Tanjung Pasir, dan Pantai Tekat Sagele.  Namun, yang paling sering diburu di Moyo adalah Air Terjun Mata Jitu yang bentuknya bertingkat.

Banyak stalaktit dan stalagmit menghiasi permukaan air terjun. Ada empat undak dan tujuh kolam yang menyusun air terjun ini. Sesuai dengan namanya "Mata Jitu” yang bermakna mata air yang jatuh ke kolam di bawahnya, terdapat kolam-kolam indah yang tercipta secara alamiah.

Pulau Moyo ternyata pernah disambangi Putri Diana pada 1993. Ibu dari Pangeran William dan Pangeran Harry itu berkunjung ke Pulau Moyo untuk menenangkan diri, karena rumah tangganya bersama Pangeran Charles sedang tidak harmonis. Ia diketahui pernah diam-diam berlibur dan menginap di salah satu resor yang ada di sana.

Konon, Diana sangat menyukai Air Terjun Mata Jitu. Ia sering berendam di sana dengan menikmati suasana kehijauan di sekeliling air terjun itu. Selain Putri Diana, beberapa artis top dunia juga kedapatan pernah berlibur di Pulau Moyo, di antaranya adalah Mick Jagger (vokalis grup musik Rolling Stones), David Bowie, David Beckham, Jason Statham, Maria Sharapova, sampai mantan kiper klub sepak bola Manchester United, Edwin van der Sar.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Akomodasi Super Mewah

Selain karena keindahan alamnya, mereka sepertinya juga nyaman untuk melakukan aktivitas secara privat sehingga dikenal sebagai "Great Escape" para pesohor dunia. Sama seperti Pulau Komodo di NTT, Pulau Moyo juga salah satu destinasi wisata khusus bagi mereka yang berkantong tebal.

Pemerintah setempat menjadikan pulau ini sebagai komoditas internasional setelah hadirnya akomodasi eksklusif Amanwana Resort. Tempat tersebut merupakan akomodasi super mewah yang menawarkan sensasi bermalam di tenda glamping.

Terdapat sekitar 12 tenda glamping yang menempati area seluar 32 ribu hektare,  Resor ini dikelilingi oleh hutan rindang yang asri dan pemandangan Laut Flores yang indah. Berada di pulau terpencil, privasi para tamu tentu sangat terjamin.

Terletak di tengah hutan tropis dan laut Sumbawa, Amanwana Resort ada di lokasi yang sama dengan habitat sejumlah satwa langka, mulai dari Paus, Penyu Sisik, Penyu Hijau, Moray, dan Ikan Kakatua. Anda juga bisa menikmati panorama bahari laut Pulau Moyo dengan snorkeling atau diving. Terdapat juga aktivitas lain, seperti memancing dan kayak.

3 dari 4 halaman

Tak Perlu ke Luar Negeri

Akomodasi ini memiliki dua tipe kamar, yaitu Jungle Tent yang berada di tengah hutan dan Ocean Tent yang berada di tepi lautan. Meskipun sangat terpencil, seluruh area Amanwana Resort terhubung oleh akses internet gratis. Harga sewa per malamnya cukup mahal yaitu berkisar Rp 20 juta, itu sudah termasuk sarapan, makan siang, dan makan malam.

Untuk menuju Pulau Moyo, wisatawan harus menggunakan perahu motor carteran selama 1,5 jam dari Pantai Jembatan Polak di kota Sumbawa Besar menuju Labuan Aji di Pulau Moyo. Setelah sampai, dilanjutkan dengan ojek yang mengarah ke destinasi Air Terjun Mata Jitu yang berjarak 15-30 menit. Total perjalanan bisa lebih dari dua jam.

Jadi, tidak perlu jauh-jauh berlibur ke luar negeri, kalau hanya ingin merasakan dan memamerkan cantiknya keasrian alam. Pulau Moyo di NTB membuktikan bahwa di dalam negeri sangat banyak keindahan alam yang bisa dieksplorasi para wisatawan Nusantara.

4 dari 4 halaman

5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi