Sukses

Berawal dari Bikin Donat Favorit Suami, Novi Widyastuti Berani Merintis Nowie Kitchen

Liputan6.com, Jakarta Memiliki hobi memasak bisa sangat menyenangkan dan menguntungkan. Kita bisa dengan mudah membuat jajanan sendiri untuk disajikan kepada keluarga secara sehat dan hemat. Syukur-syukur bisa jadi modal berharga untuk membangun bisnis.

Berawal dari hobi masak dan membuat donat kentang yang jadi favorit suami, perempuan bernama Novi Widyastuti memberanikan diri untuk merintis usaha kuliner rumahan dengan brand Nowie Kitchen di Semarang. Beragam menu sedapnya kini bisa dipesan lewat ManisdanSedap.com dengan cara pre-order maksimal H-1.

Yuk intip cerita Novie merintis usaha kuliner rumahan berlabel Nowie Kitchen ini.

Nama Usaha Terinspirasi dari Nama Sendiri

Situasi pandemi yang menuntut suami untuk sering bekerja dari rumah atau WFH membuat Novi menjadi lebih sering untuk membuat jajanan. Terutama donat kentang yang menjadi kesukaan suami. Iseng mengunggah foto donat ke media sosial, ternyata mendapatkan respon dari teman-teman medsos dan minta dibuatkan.

“Lama-lama sekalian aja aku open order dan niat berjualan. Di samping saya belum bisa kerja di luar rumah karena punya anak balita, juga buat bantu-bantu suami memenuhi kebutuhan,” jelasnya.

Uniknya, nama usaha jajanan ini terinspirasi dari nama Novi sendiri. Karena orderan sudah berdatangan, tapi usaha kuliner rumahannya belum punya nama dan label, akhirnya Novie memutuskan untuk mengambil dari namanya sendiri.

Menu yang Disukai Pembeli

Mengandalkan menu donat kentang, Novi selalu menjaga kualitas dengan menggunakan kentang asli dan susu, tanpa bahan pengawet dan pemanis buatan. Tampilannya pun mengikuti tren kuliner, begitu juga varian yang ditawarkan. 

Mulai dari donat berukuran jumbo, topping gula bubuk, meses, donat mini, hingga donat huruf, feedback yang baik pun diberikan oleh pembeli.

“Menu baru kami pizza dan fudgy brownies yang baru rilis akhir September kemarin pun mendapat respon positif dari customer yang sudah mencoba,” jelasnya.

Ingin Berkembang ke Usaha Katering

Membuka usaha kuliner di tengah pandemi, tepatnya di bulan September 2020, Novi sendiri mengaku ada beberapa tantangan yang sempat dialaminya. “Butuh modal yang tidak sedikit untuk upgrade peralatan yang lebih mumpuni. Tantangan lainnya adalah cara pemasaran karena belum punya outlet dan hanya mengandalkan media sosial saja,” jawabnya.

Ingin agar usahanya tetap berjalan di masa pandemi dan berkembang hingga memiliki outlet, bahkan merambah menjadi usaha catering, Novi bergabung ke ManisdanSedap.com. Selain membantu para penggemar kuliner agar lebih mudah menemukan dan memesan beragam pre-order (PO) makanan dari seluruh nusantara, platform ini juga membantu para pemilik UMKM.

Menjadi bagian dari KLY (KapanLagi Youniverse) sebagai Digital Media Network yang juga menaungi Liputan6.com, Merdeka.com, KapanLagi.com, Dream.co.id, Brilio.id, Fimela.com, Bola.com, Bola.net, dan Otosia.com, ManisdanSedap.com sebagai ‘etalase’ akan menampilkan jualan usaha kuliner rumahan. Dilengkapi tombol pembelian langsung menuju ke nomor whatsapp Seller, pembeli dapat berinteraksi dengan Seller dan bisa melakukan transaksi terpisah dari platform. Bikin usaha kulinermu makin dikenal luas dengan gabung sekarang juga ke ManisdanSedap.com!

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!(*)