Sukses

3 Inspirasi Padu Padan Outfit di Hari Batik Nasional

Padu padan outfit ini membuktikan bahwa kain batik bisa digunakan kapan pun dan di mana pun.

Liputan6.com, Jakarta - Hari Batik Nasional yang jatuh tanggal 2 Oktober setiap tahunnya boleh jadi punya makna berbeda bagi setiap individu. Sejak bertahun lalu, gagasan busana motif batik hanya dipakai dalam acara resmi pun mulai dibuang jauh.

Alih-alih, banyak orang yang memadupadankan kain batik dengan berbagai potongan mode lebih kasual. Apalagi, pilihan motif dan warna kain batik sekarang sudah sangat beragam.

Sambil merayakan kekayaan warisan budaya Indonesia, Anda juga bisa berekspresi dengan gaya busana pilihan. Dikutip dari berbagai sumber, berikut lima inspirasi padanannya untuk semakin memeriahkan Hari Batik Nasional.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Kain Batik Sebagai Rok

Siapa bilang rok motif batik hanya bisa dipakai ke acara-acara formal? Dengan hadirnya berbagai siluet bawahan lebih kontemporer, Anda punya pilihan untuk memakainya sebagai busana trendi.

Selain itu, kain batik juga dapat diubah jadi rok lilit untuk dipadankan dengan kemeja maupun blazer bila ingin tampilan lebih formal. Jika ingin memakai aksesori, Anda dapat menambahkan ikat pinggang atau obi untuk menambah kesan etnik dalam keseluruhan look.

3 dari 5 halaman

2. Kain Batik Jadi Dress

Bosan dengan baju dan celana? Ubah outfit dengan menjadikan kain batik sebagai dress yang unik. Dress batik ini bisa dikenakan dengan menambahkan aksesoris seperti kalung dan sling bag berukuran kecil.

Selain acara formal, gaun motif batik juga bisa dipakai ke acara-acara lebih santai, bahkan saat liburan. Perhatikan corak batik yang digunakan untuk menambah kesan santai, namun menarik.

4 dari 5 halaman

3. Outer Batik

Outer motif batik juga bisa jadi go-to style yang menarik. Celana seperti kulot dapat dipadankan dengan kaus polos dan outer batik tersebut. Tidak hanya perempuan, para lelaki juga bisa memanfaatkan potongan mode satu ini.

Jadi selain dapat digunakan sebagai outfit formal, kain batik dapat jadi fesyen unik untuk digunakan di mana pun dan kapan pun. Itulah beberapa inspirasi outfit yang dapat digunakan saat Hari Batik Nasional. Mana yang paling menarik?

 

Penulis: Vania Dinda Marella

5 dari 5 halaman

Infografis Batik Dunia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.