Sukses

Makan dan Ngopi Cantik Sambil Piknik di Taman Kafe ala Eropa di Sudut Depok

Liputan6.com, Jakarta - Tempat makan luar ruang jadi banjir peminat sebagai alternatif mencari suasana baru di masa pandemi Covid-19. Peluang itu ditangkap pula oleh sebuah pengelola wedding venue yang berlokasi di Andara, Jakarta Selatan, untuk membuka kafe dengan konsep ala Eropa.

The Manor Cafe resmi dibuka pada pertengahan Juni 2021, sebagai bagian dari The Manor Andara. "Kita ada beberapa masukan dari beberapa vendor, client, gimana kalau dibuat kafe. Akhirnya dari masukan-masukan tersebut, kita coba realisasikan," ujar Lenny, sales marketing manager di The Manor Andara, kepada Liputan6.com, Selasa, 7 September 2021.

Situasi pandemi tentu jadi bagian pertimbangan sebelum memutuskan membuka kafe luar ruang. Suasana dirancang sedemikian rupa agar berbeda dari usaha kafe lain yang lebih dulu eksis.

Ada tiga titik area makan pengunjung, yakni tunnel area, hallway area, dan jasmine garden. Area terowongan didesain agak menjorok ke dalam seperti lorong dengan atap berhias lampu-lampu gantung. Sementara, hallway area berbentuk seperti gang yang di dekatnya terdapat kandang kuda.

"Jadi memang, konsep gedung kita secara keseluruhan tuh rumah bangsawan lah ya. Lalu ada kandang kuda, ada paviliun, nah posisi hallway ini ada di sebelahnya stable, kandang kuda tadi," tutur Lenny.

Terakhir, jasmine garden merupakan spot yang menghadirkan suasana seperti layaknya piknik. Jika ingin menyantap hidangan di area ini, pengunjung diwajibkan memesan minimal senilai Rp200 ribu ++.

Mereka akan disediakan peralatan piknik, seperti keranjang dan alas piknik. Setiap peralatan sudah dibersihkan dan didisinfeksi setelah digunakan para pengunjung. "Jadi, mereka duduknya bisa lesehan kayak piknik pada umumnya gitu," ujar Lenny.

"Banyak yang bilang ini kayak kafe di Inggris, London gitu. Jadi, dekorasi kita tuh yang membedakan sama kafe outdoor yang sudah ada," ujarnya.

2 dari 4 halaman

Sertifikat Vaksin

Target utama pengunjung The Manor Cafe adalah keluarga dengan beragam pilihan menu. Bujet yang dibutuhkan pelanggan sekitar 100 sampai 300 ribu rupiah untuk hidangan. Mayoritas merupakan menu makanan Barat, walau ada beberapa makanan Indonesia, seperti nasi goreng dan bakmi jawa.

Menu andalannya adalah grilled salmon with beurre blanc sauce. Hidangan ini merupakan salmon panggang dengan saus krim. Tentunya, tidak lengkap jika kafe tidak menyediakan kopi. Kopi arabika di sini ditawarkan mulai dari Rp39 ribu. 

Para pengunjung kafe ini wajib menunjukkan sertifikat vaksin lewat aplikasi PeduliLindungi, minimal sudah mendapat dosis pertama. Namun, pengunjung yang tidak bisa divaksin masih bisa masuk. "Biasanya kalau mereka bisa menunjukkan surat pernyataan yang memang dia tidak boleh vaksin, kita persilakan masuk," imbuh dia.

Di masa PPKM, The Manor Cafe membatasi kapasitas pengunjung, menjadi 25 persen dari total 100 pengunjung. "Kita hanya membatasi di 25 orang sesuai dengan arahan pemerintah," ujar Lenny.

Pengunjung juga disarankan agar mereservasi tempat sebelum datang. Hal ini dapat mencegah penumpukan antrean sekaligus menunggu terlalu lama sebelum diizinkan masuk.

"Cuman ya balik lagi, kalau walk in itu kan mereka nggak tahu ya kondisinya seperti apa," ucap dia seraya menambahkan pengunjung yang masih mengantre akan diarahkan untuk menunggu di lobi The Manor Andara demi mencegah keramaian.

 

 

 

3 dari 4 halaman

Belum Tersertifikasi CHSE

Lenny menyatakan kafe itu belum tersertifikasi CHSE lantaran baru beroperasi tiga bulan. Namun, pihaknya mengaku masih mengurus sertifikasi yang menjamin kafe menerapkan protokol kesehatan dan prinsip keberlanjutan secara ketat dan disiplin.

Sembari menunggu, pihaknya terus menerapkan standar prokes yang diatur pemerintah, seperti menggunakan masker, mencuci tangan, dan mengukur suhu setiap pelanggan dan karyawan. Bagi karyawan yang bersentuhan dengan pengunjung, mereka diwajibkan menggunakan sarung tangan.

Semua karyawan juga sudah divaksinasi Covid-19 dosis dua. Setiap satu minggu sekali, manajemen kafe menggelar tes antigen untuk karyawan.

"Kita perhatikan dari sisi karyawan, sisi tamu, kita memang ketat untuk menjalankan protokol kesehatan," tutur Lenny.

Sementara, pengelolaan kebersihan dan limbah dari The Manor Cafe sudah disiapkan. Tidak lupa tempat sampah pun juga tersedia bagi pelanggan.

Ia berharap The Manor Cafe menjadi salah satu tujuan pertama di Jakarta dan sekitarnya sebagai tempat pilihan keluarga untuk berkumpul dan bersantai bersama. The Manor Cafe buka setiap Selasa sampai Minggu, pukul 08.00 hingga 20.00 WIB. Lokasinya berada di Jl. Ibnu Armah No.8, Pangkalan Jati Baru, Kec. Cinere, Kota Depok. (Gabriella Ajeng Larasati)

Kalo ga sempet masak sendiri, yuk PO saja di ManisdanSedap, banyak masakan rumahan yang pas buat lauk makan siangmu. Berasa dimasakin ibu.

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

4 dari 4 halaman

Titik Lengah Makan Bersama