Sukses

Tempat Piknik Tersembunyi tapi Nyaman di Pusat Kota Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Piknik bareng keluarga atau orang terdekat tentu sangat menyenangkan. Kegiatan ini bisa menjadi obat untuk menghilangkan stres maupun penat dari aktivitas sehari-hari.

Sebagian orang yang tinggal di kota besar seperti Jakarta acap kali kesulitan mencari tempat piknik yang nyaman dan jauh dari kebisingan. Namun demikian, Ibu Kota nyatanya masih punya beberapa lokasi asyik buat piknik bareng sambil menikmati aneka menu makanan dan minuman.

Salah satunya Taman Piknik Satria Mandala di Jalan Gatot Subroto, Kuningan Barat, Jakarta Selatan. Tempat ini sebenarnya restoran, tapi dihadirkan dengan konsep piknik.

Pengunjung bisa memilih apakah ingin merasakan sensasi piknik dengan duduk lesehan beralaskan tikar atau duduk bersantai di bangku. Tempat wisata yang berada di kompleks Museum Satria Mandala ini sempat viral lewat sejumlah video yang diunggah di TikTok @syassa12, beberapa waktu lalu.

"Halo gais, ada hidden gem baru nih di Jakarta, lokasinya di Musium Satria Mandala," tulisnya. "lni restoran dengan tema piknik gitu, cocok banget buat refreshing sama keluarga atau teman."

Ia juga menambahkan harga untuk memasuki tempat tersebut sangat terjangkau. "Karena ini resto jadi makanannya mesti beli d sana, nggak bisa bawa makanan sendiri. Tapi harganya terjangkau semua dan enak2 kok," tulis pemilik akun.

Menu yang ditawarkan pun beragam, mulai dari makanan khas Indonesia, oriental, sampai western. Pilihannya juga mulai dari makanan ringan sampai makanan berat.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Banyak Fasilitas

Tempat itu kerap disebut dengan Taman Piknik Cafe & Gerai UMKM. Baru dibuka pada Februari 2021, ini merupakan lokasi wisata kuliner dengan tema piknik luar ruang yang menyuguhkan pemandangan perkotaan Jakarta.

Selain panorama perkotaan, pengunjung juga bisa melihat koleksi Museum Satria Mandala seperti rudal dan pesawat. Taman piknik ini menyediakan fasilitas berupa area parkir, toilet umum, musala, kafe, kedai makanan serta minuman, area piknik, co-working space, event spot, dan museum.

Harga tiket masuk museum Rp5 ribu per orang dewasa, sedangkan anak-anak Rp3,5 ribu. Dilihat dari akun Instagram resminya, Taman Piknik Satria Mandala buka pukul 12.00 hingga 20.00 WIB untuk weekday dan pukul 09.00 sampai 20.00 WIB saat akhir pekan.

3 dari 4 halaman

Penggunaan Ruang Hijau

Pengelola Museum Satriamandala tampaknya ingin memaksimalkan fungsi penggunaan ruang hijau di area mereka untuk memenuhi hasrat warga Jakarta yang sudah rindu liburan ke alam. Untuk fasilitas piknik, pengunjung yang sudah melakukan pemesanan bisa mendapatkan tikar, selimut, dan meja sederhana.

Kalau ingin memesan makanan, bisa mendatangi restoran atau area UMKM di sana. Acara kumpul bersama keluarga atau teman bakal lebih seru karena juga bisa belanja beragam produk lokal.

Di hari-hari tertentu, digelar juga acara menarik, seperti kelas yoga sampai zumba. Kalau cuaca sedang kurang mendukung, Anda bisa masuk ke bagian dalam restoran. Di sana juga ada kafe yang menyediakan beragam minuman kopi.

Karena masih dalam masa pandemi Covid-19, meski tempat ini berada di luar ruangan, pengunjung tetap harus mematuhi protokol kesehatan. Ini termasuk memakai masker, menjaga jarak fisik, dan cuci tangan sebelum maupun sesudah makan minum.

4 dari 4 halaman

Infografis Hari Museum Internasional