Sukses

IWTIF 2021, Wadah Promosi dan Eksplorasi Industri Wellness Nusantara

Indonesia Wellness Tourism International Festival atau IWTFI 2021 yang digelar secara daring untuk mempromosikan dan mendukung industri wellness Nusantara di tengah pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Semangat menggaungkan industri wellness Nusantara begitu terasa dalam penyelenggaraan Indonesia Wellness Tourism International Festival atau IWTIF 2021. Festival wellness ini berlangsung 1--30 September secara virtual dan dapat diakses di iwtif.com.

Ketua Panitia IWTIF 2021 Agnes Lourda Hutagalung menyampaikan ini adalah festival internasional wellness dan pariwisata online terbesar pertama di Tanah Air. IWTIF 2021 merupakan upaya membangkitkan industri spa, wellness, dan wisata, di masa setelah Covid-19 dan sekaligus meletakkan jejak digital.

"Event yang akan kita laksanakan setiap tahun berkesinambungan ini merupakan ajang promosi spa wellness secara online dan juga memperkenalkan kekayaan budaya bangsa ke dunia internasional," kata Lourda dalam konferensi pers daring pembukaan IWTIF 2021, Rabu (1/9/2021).

Saat ini, lebih dari 200 UKM/IKM di bidang wellness yang ambil bagian dalam IWTIF 2021. Mereka akan tampil secara virtual dalam ragam rangkaian kegiatan, mulai dari wellness and tourism webinar, wellness training and workshop, online marketplace, game dan doorprize, serta brand awarding yang dapat diakses lewat situs web iwtif.com.

Lourda berterima kasih kepada Indonesia Wellness Master Association (IWMA) yang telah menemukenali hingga kini 15 ethnowellness Indonesia. Lalu, Indonesia Wellness Spa Professional Association yang juga telah mengupayakan penyusunan modul bersama dengan stakeholder terkait lainnya.

"Kurikulum sertifikat Indonesia Wellness Spa Professional Association adalah melengkapi standar minimum SKKNI Indonesia sehingga dapat setara bahkan sangat unik terhadap sertifikat spa wellness internasional lainnya yang telah lahir puluhan tahun terdahulu," tambahnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kategori Produk dan Acara

Saat mengakses laman IWTIF 2021, pengunjung dapat memilih kategori produk yang terdiri atas gastronomi, edukasi, kerajinan tangan, batik dan tenun, destinasi wellness, spa wellness, health tourism, properti wellness, makanan dan minuman sehat, hingga produk kecantikan.

Tak sedikit produk yang dibanderol dengan potongan harga yang menarik. Pengunjung dapat memilih dan membeli produk sesuai kebutuhan masing-masing.

Ditampilkan pula item populer, mulai dari serum wajah, masker jerawat, tas tenun, sampai natural pillow mist. Ada pula daftar acara yang akan membahas beragam hal terkait wellness, sebut saja "Ethno Wellness Spa Sebagai Pertahanan Tubuh di Era Pandemi" dan "Apa itu Aromatherapy?" pada Kamis, 2 September 2021, dan "Seni meracik aromatherapy" serta "Ethno Wellness Martup Batak & Batangeh Minang" pada 3 September 2021.

3 dari 4 halaman

Spa Wellness

Sementara, Wellness & Healthcare Entrepreneur Association (WHEA) yang telah menerapkan ethnowellness Indonesia baik pada usaha spa offline maupun home care. Dikatakan Lourda, ethnowellness home care telah dapat dinikmati di beberapa daerah di Indonesia.

"Semoga selanjutnya banyak spa wellness di berbagai negara lain dapat merasakan manfaat teknik pijat yang berbeda ini minyak atsiri khas lumbung katulistiwa," tutur Lourda.

Ia menambahkan, minyak atsiri memiliki beragam manfaat, mulai dari untuk rileksasi, memperlancar pernapasan, hingga meningkatkan imunitas tubuh. "Indonesia mempunyai teknik pernapasan yang sangat bermanfaat bagi paru, terutama di masa pandemi ini juga musik, gastronomi, dan dimensi wellness lainnya yang kita pahami kegunaannya," tambah Lourda.

 
4 dari 4 halaman

Infografis Sampah Kemasan Produk Kecantikan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.