Sukses

Heboh Dua Lipa Pamer Camilan Mirip Pastel

Selain pastel, ada juga beberapa camilan dari negara lain yang ikut dilekatkan dengan unggahan Dua Lipa.

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah sederet unggahan momen liburan Dua Lipa di Albania, penyanyi 25 tahun ini secara khusus menarik perhatian warganet Indonesia. Pasalnya, kekasih Anwar Hadid ini tampak mengunggah foto camilan yang secara visual mirip pastel.

Di foto itu memang tampak selusin gorengan yang juga dilengkapi saus cocol disebut mirip sambal dabu-dabu. Kendati sejumlah orang yakin itu adalah pastel, nyatanya ada beberapa camilan yang sekilas memang mirip pastel.

Di Indonesia sendiri ada pastel, panada, dan langkote. Karena tampilan luarnya, ketiga camilan ini masuk kategori "serupa, tapi tidak sama." Mengutip Good News from Indonesia, Selasa (10/8/2021), pastel merupakan kudapan yang terbuat dari tepung terigu, garam, margarin, dan berbagai bumbu lain dengan tekstur kulit tebal nan berlapis.

Sementara isiannya berupa bihun, kentang, wortel, dan seledri. Tapi, ada juga pastel yang berisikan ayam cincang, telur, atau ebi. Pastel kerap disantap dengan cabai rawit atau cocolan sambal kacang.

Berbeda dengan pastel, panada yang merupakan camilan tradisional khas Manado ini bertekstur lebih empuk. Isiannya berupa tumis ikan cakalang suwir bercampur bumbu pampis. Bumbu pampis adalah bumbu halus khas Manado yang terbuat dari bawang merah, daun bawang, cabai merah, kemangi, dan daun jeruk.

Kemudian, jalangkote, camilan mirip pastel yang juga dikenal sebagai menu populer saat berbuka puasa di Makassar ini, melansir laman Kemendag, ada yang isiannya berupa soun, sedikit potongan singkong, dan wortel. Tapi, ada juga yang dilengkapi topping seperti daging sapi, ayam, dan ikan

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mirip Camilan Bolivia

Nama saltena juga ikut terseret ke dalam keriuhan unggahan rekan duet BLACKPINK dalam lagu Kiss and Makeup tersebut. Hidangan nasional negara di Amerika Selatan ini dibuat dengan cara dipanggang di oven. Adonan berisi daging, biasanya ayam atau sapi, ini umumnya disajikan untuk sarapan atau dikonsumsi sebagai camilan tengah hari, catat Taste Atlas.

Warna dan rasa uniknya merupakan kunci penting dalam visual saltena. Bersama daging, isiannya juga dilengkapi kaldu pedas dan manis yang terbuat dari paprika kuning, sayuran, kentang, zaitun, dan beberapa potong telur rebus.

Saltena agak sulit untuk disiapkan karena diperlukan keahlian khusus untuk membuatnya. Nama saltena sendiri berasal dari pembuat pertamanya yang lahir di kota Salta, tapi kemudian diasingkan ke Potosi.

3 dari 4 halaman

Atau Argentina?

Melansir The Culture Trip, empanada adalah kue goreng atau panggang berbentuk seperti bulan sabit, mirip pastel. Setelah kuenya dibuat dari adonan tepung atau adonan tepung jagung, itu diisi berbagai isian tergantung selera dan ketersediaan bahan di setiap daerah di Argentina.

Awalnya, isian empanada paling umum adalah ayam atau tuna, bersama paprika dan bawang. Namun, seiring waktu, ada juga empanada yang diisi daging sapi potong dadu, giling, atau ham.

Tapi, ada juga yang berisi telur rebus, zaitun, paprika, dan bawang bombai. Di wilayah Salta, empanada biasanya dipanggang, sedangkan di Tucumán digoreng.

4 dari 4 halaman

Infografis Tampilan Kekinian Camilan Tradisional

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.