Sukses

Fungsi Penting Olahraga dalam Membentuk Karakter Anak

Liputan6.com, Jakarta - Pembatasan pergerakan di masa pandemi Covid-19 mengharuskan anak-anak untuk berkegiatan di rumah saja. Tak hanya belajar dan bermain, namun aktivitas fisik dan olahraga turut memainkan peranan penting bagi anak.

Direktur Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Sri Wahyuningsih menyampaikan, olahraga jadi salah satu elemen penting yang harus dipersiapkan satuan pendidikan. Di sisi lain, orangtua juga dihadapkan dengan tantangan memotivasi anak untuk rutin berolahraga.

"Aktivitas fisik dan olahraga dapat dijadikan sebagai salah satu strategi penanaman nilai-nilai karakter bagi anak usia sekolah dasar maupun usia jenjang pendidikan yang selanjutnya," kata Sri dalam konferensi pers virtual "Peluncuran Platform Edukasi Olahraga dan Nutrisi Online, Milo Activ Academy, Rabu, 28 Juli 2021.

Sri melanjutkan, aktivitas fisik menjadi hal yang penting untuk menjaga kebugaran anak-anak. Menggerakkan tubuh dengan berolahraga dapat menguatkan imun, terutama di masa pandemi Covid-19.

Untuk itu, diperlukan peran semua pihak dalam mencari solusi agar anak dapat terus bergerak aktif ketika beraktivitas belajar dari rumah. Mengingat, olahraga sangat baik bagi kesehatan tubuh juga dalam membangun pendidikan karakter anak.

"Dari olahraga, anak bisa belajar semangat sportivitas, pantang menyerah, serta dapat membangun kemandirian menyiapkan anak Indonesia yang berkarakter tangguh," tambahnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 4 halaman

Pemenuhan Gizi Seimbang

Sri mendorong orangtua untuk mewadahi aktivitas fisik yang tepat bagi anak, sekaligus memperhatikan pemenuhan gizi seimbang agar anak dapat aktif dalam menjalani kegiatan seharian.

"Ini menjadi penting mengingat anak-anak usia pendidikan rendah, seperti PAUD atau SD, dengan pola gaya hidup yang sekarang ini memerlukan gizi seimbang menjadi sulit kita penuhi karena kebiasaan anak-anak yang sudah terpengaruh budaya praktis lebih menggemari makanan-makanan siap saji karena memang terjamin rasa sesuai dengan selera anak-anak," jelasnya.

Ppihaknya terus mendorong orangtua agar selalu memberikan pemahaman tentang pentingnya gizi seimbang. Hal ini dikarenakan penyakit-penyakit yang timbul di kemudian hari disebabkan budaya hidup perilaku makan sejak kecil yang dihadapi anak-anak, terlebih di era digital.

"Mari kita berikan perlindungan, kasih sayang, pendampingan agar anak-anak tetap nyaman sekalipun harus belajar dengan cara yang berbeda dari masa-masa sebelumnya," kata Sri.

3 dari 4 halaman

Olahraga di Rumah

Sri juga untuk mendorong anak-anak memiliki mental yang mandiri, kreatif, dan tetap memiliki karakter yang baik. "Karena (hal tersebut) menjadi modal bagi anak memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan kondisi apapun yang dihadapi," tambahnya.

Nestle Milo meluncurkan platform Milo Activ Academy yang menyuguhkan beragam program olahraga yang dapat diikuti anak di rumah. Platform ini menghadirkan beragam rekomendasi kegiatan pendukung olahraga, mulai dari bulu tangkis, basket, sepak bola, aerobik, hingga lari.

"Kami bangga melihat komitmen Nestle Milo Indonesia dalam mewujudkan masa depan Indonesia yang lebih sehat, aktif, dan berkarakter tangguh melalui peluncuran platform edukasi olahraga online atau Milo Activ Academy," kata Sri.

Setiap video tutorial pada masing-masing cabang olahraga dibuat sesuai dengan modul pelatihan Milo Activ Academy yang disusun oleh para ahli. Modul ini adalah hasil kerja sama Milo dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

4 dari 4 halaman

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19