Sukses

20 Maskapai Penerbangan Terbaik Dunia 2021 Versi AirlineRatings.com

Kategori penilaian maskapai penerbangan terbaik dunia ini termasuk usia armada, ulasan penumpang, dan penawaran produk.

Liputan6.com, Jakarta - Penerbangan menjadi salah satu industri yang babak belur akibat pandemi Covid-19. Tak sedikit maskapai penerbangan yang mengurangi, bahkan berhenti beroperasi, karena sederet kebijakan pembatasan perjalanan.

Namun, geliat penerbangan kembali tampak di beberapa wilayah. Di sisi lain, AirlineRatings.com meluncurkan rangkuman tahunan terkait maskapai penerbangan terbaik dunia pada 2021.

Dilansir CNN, Rabu (21/7/2021), agen pemeringkat produk dan keselamatan penerbangan yang berbasis di Australia ini menyusun Airline Excellence Awards menurut sejumlah kriteria, termasuk usia armada, ulasan penumpang, dan penawaran produk. Tim editor global tahun ini juga memasukkan respons maskapai penerbangan terhadap Covid-19.

Qatar Airways naik peringkat hingga berhasil menyabet posisi teratas. Maskapai penerbangan asal Qatar ini mengungguli pemenang sebelumnya, Air New Zealand, yang menjadi kampiun enam kali selama beberapa tahun.

"Qatar Airways selalu mendapat peringkat tinggi dalam penilaian kami, memenangkan berbagai penghargaan, seperti Kelas Bisnis Terbaik, tetapi komitmen maskapai untuk menjaga jaringan rutenya tetap terbuka yang menarik pujian para juri dan pemilih," kata pemimpin redaksi AirlineRatings.com, Geoffrey Thomas.

Thomas juga merujuk pada penerbangan repatriasi maskapai dan komitmennya membuat pengalaman terbang seaman mungkin selama pandemi global. AirlineRatings.com biasanya mengumumkan maskapai penerbangan terbaik pada November.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penilaian yang Dihilangkan

Pandemi Covid-19 memaksa lembaga pemeringkat keselamatan dan produk penerbangan ini mengubah segalanya. "Kami menunda pengumuman 2020 ke tahun 2021 karena kekacauan Covid, dan kami ingin melihat bagaimana industri akan menangani pandemi dalam jangka waktu lebih lama sebelum membuat pilihan," tutur Thomas.

Biasanya, profitabilitas adalah salah satu faktor utama yang dinilai juri saat menentukan peringkat maskapai penerbangan teratas. Namun, karena dampak finansial yang tajam dari Covid-19, keuangan tidak menjadi pertimbangan tahun ini.

"Kami harus membatalkannya tahun ini karena hampir semua maskapai merugi," ungkap Thomas.

Setelah Qatar Airways dan Air New Zealand, ada Singapore Airlines menduduki posisi ketiga. Maskapai penerbangan asal Negeri Singa ini sebelumnya memenangkan penghargaan maskapai terbaik pada 2019.

3 dari 4 halaman

Daftar Maskapai Penerbangan Terbaik Dunia di 2021 Versi Airline Ratings

1. Qatar Airways

2. Air New Zealand

3. Singapore Airlines

4. Qantas

5. Emirates

6. Cathay Pacific

7. Virgin Atlantic

8. United Airlines

9. EVA Air

10. British Airways

11. Lufthansa

12. ANA

13. Finnair

14. Japan Air Lines

15. KLM

16. Hawaiian Airlines

17. Alaska Airlines

18. Virgin Australia

19. Delta Air Lines

20. Etihad Airways

4 dari 4 halaman

6 Cara Hindari Covid-19 Saat Bepergian dengan Pesawat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.