Sukses

Sepeda Masa Kecil Putri Diana Bakal Dilelang, Pemenang Akan Diberi Bonus

Liputan6.com, Jakarta - Sepeda masa kecil Putri Diana bakal dilelang pekan depan. Sepeda dimaksud adalah Tracker warna merah yang sering dikendarai Diana cilik di sekitar perkebunan keluarganya pada 1970an.

Sepeda itu dibuat oleh Trust Manufacturing Co dan pernah dimiliki oleh pembantu rumah tangga Putri Diana, Maudie Pendrey. Melansir Independent, Rabu, 14 Juli 2021, sepeda roda tiga itu akan dilelang oleh East Bristol Auctions pada 24 Juli 2021.

Sepeda yang dikatakan dalam kondisi sangat baik itu diperkirakan akan terjual antara 20 ribu--30 ribu poundsterling atau sekitar Rp 400 juta hingga Rp 600 juta. Dikutip dari People, sepeda tersebut digambarkan masih asli semua. Meski sudah berusia sekitar 50 tahun, ban aslinya masih dipertahankan.

"Ini adalah bagian kenang-kenangan yang sangat penting," kata Spesialis Mainan Lucy McCourt dari lelang East Bristol.

"Ini adalah kesempatan untuk memiliki bagian pribadi dari sejarahnya. Ini jauh dari sekadar sepeda anak biasa," tambahnya dalam rilis.

"Kita hampir bisa membayangkan Diana muda berkendara di sekitar tanah pedesaan masa kecilnya di sini. Dan tentu saja, ada sedikit kesedihan juga."

Setelah Putri Diana lebih besar dari sepedanya, pembantu rumah tangganya, Maudie Pendrey, membeli sepeda tersebut seharga 20 poundsterling atau Rp400 ribu. Sepeda itu dibelinya saat Earl John Spencer, ayah Putri Diana, dan Countess Raine Spencer, ibu sambung Putri Diana, menggelar garage sale di rumah mereka.

 

 

 

2 dari 5 halaman

Dapat Bonus

Sepeda itu kemudian dijual oleh putra Maudie di lelang pada 2007, dan baru-baru ini dipajang di Museum Mainan House On The Hill di Stansted Mountfitchet, Essex. Kini, sepeda kembali dilelang untuk umum.

Pembeli sepeda itu akan mendapatkan bonus kartu Natal bertanda tangan Putri Diana yang ditujukan kepada Ny. Pendrey. Kartu itu juga menampilkan foto Putri Diana bersama para putranya, Pangeran William dan Pangeran Harry.

Ini bukan pertama kalinya barang kenangan Putri Diana dilelang dengan harga tinggi. Pada Mei lalu, sebuah sepeda biru yang digunakan Putri Diana ketika tinggal di London dijual di pelelangan seharga 44.000 poundsterling atau sekitar Rp 880 juta.

 

3 dari 5 halaman

Memorabilia Termahal

Sementara itu, pada bulan Juni, sebuah mobil Ford yang dihadiahkan Pangeran Charles kepada Putri Diana sebagai hadiah pertunangan untuk calon pengantinnya pada Mei 1981 terjual £52.640 atau sekitar Rp1 miliar. Pembelinya adalah museum di Amerika Selatan. 

Mobil itu diterima sang putri dua bulan sebelum pernikahannya. Ia terus menggunakannya hingga Agustus 1982 sebelum dijual kepada pemilik lain.

Namun, barang kenang-kenangan milik Putri Diana yang terjual paling mahal adalah "gaun Travolta". Gaun itu laku seharga 264.000 poundsterling atau sekitar Rp5 miliar pada 2019.

Putri Diana mengenakan gaun malam biru rancangan Victor Edelstein untuk makan malam di Gedung Putih yang diselenggarakan oleh Presiden Ronald Reagan dan Ibu Negara Nancy Reagan pada 9 November 1985. Diberi nama aktor Amerika John Travolta, karena sang putri menari dengannya saat makan malam. (Jihan Karina Lasena)

4 dari 5 halaman

Sekilas Tentang Diana

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: