Sukses

Mengulik Tren Belanja Online Kebutuhan Rumah Tangga, Apa yang Terlaris?

Kenaikan transaksi online kebutuhan rumah tangga ini biasanya terjadi pada akhir bulan.

Liputan6.com, Jakarta - Peminat kebutuhan rumah tangga kian meningkat. Sawitri Hertoto, VP of Marketing Lazada Indonesia, menjelaskan bahwa akhir bulan jadi waktu konsumen biasanya belanja online.

"Biasanya pada akhir bulan para konsumen belanja kebutuhan bulanan atau membeli barang yang sudah lama diincar. Umumnya kami juga melihat adanya kenaikan transaksi di setiap periode akhir bulan, baik dari sisi daya beli maupun jumlah produk," katanya dalam keterangan resmi pada Liputan6.com, baru-baru ini.

Soal jenis barang, di tengah pandemi, kebutuhan kesehatan meningkat, bahkan jadi prioritas utama. Masker kesehatan dan termometer masih terus jadi barang yang selalu dibeli setiap bulan.

Selain itu, yang sedang populer di kategori produk kebutuhan rumah tangga adalah set pelengkapan kamar tidur, terutama seprai motif dan selimut bulu. Wallpaper untuk menghias dinding rumah juga perlahan kiian diminati.

Selain kesehatan dan kenyamanan, produk kebutuhan berolahraga juga memperlihatkan tren peningkatan penjualan. Beberapa item-nya meliputi sepatu lari, pakaian, dan aksesori olahraga.

Selain itu, produk kecantikan juga tidak kalah populer. Beauty saat ini masih jadi salah satu kategori yang paling banyak diminati konsumen.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Retail Therapy

Berbagai merek lokal maupun internasional berlomba jadi andalan para konsumen ketika belanja online. Desainer Ivan Gunawan mengatakan bahwa setiap orang suka belanja, bahkan aktivitas itu acap kali dianggap sebagai retail therapy.

"Belanja bulanan itu sudah pasti dilakukan hampir semua orang. Ibaratnya sekaligus mendapat retail therapy dari produk-produk yang selama ini diincar para konsumen," ujarnya.

Produk-produk impian pelanggan itu juga termasuk barang elektroknik. Saat akhir bulan, barang elektronik seperti smart TV dan smartphone begitu diminati konsumen.

3 dari 4 halaman

Ragam Promosi

Kenaikan tren belanja elektronik terjadi karena konsumen cenderung mencari hiburan, mengingat mereka lebih banyak menghabiskan waktu di rumah.

Kultur belanja akhir bulan ini sering kali jadi lebih menggoda karena munculnya serangkaian promosi, termasuk di Lazada. Konsumen berkesempatan mendapatkan potongan harga sampai 80 persen untuk produk-produk favorit dan gratis ongkos kirim.

"Kami berharap secara konsisten dapat terus memberikan kemudahan bagi konsumen untuk memenuhi kebutuhan, serta mewujudkan keinginan mereka memiliki barang impian," tutup Sawitri. (Muhammad Thoifur)

4 dari 4 halaman

Infografis Waspada Penipuan Online Shop via Medsos

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.