Sukses

Pengunjung yang Sudah Vaksin Covid-19 Tak Wajib Pakai Masker di Disney World

Liputan6.com, Jakarta - Disney World mengumumkan mulai Selasa, (15/6/2021), pengunjung yang telah vaksin Covid-19 lengkap tidak perlu memakai masker di sebagian besar bagian taman Orlando Florida, Amerika Serikat. Menurut taman hiburan ini, di Disneyland dan Disneyland California Adventure, masker wajah masih perlu digunakan.

Dilansir People, Selasa (15/6/2021), berita ini dibagikan di situs web Disney World dengan klarifikasi bahwa masker akan tetap diperlukan pada transportasi di sekitar kawasan taman hiburan. Pengunjung tetap perlu memakai masker, termasuk di bus, monorel, dan gondola udara.

Peraturan baru taman hiburan ini soal masker mengikuti rekomendasi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC). Ketentuan itu menyebut bahwa orang Amerika yang divaksinasi sepenuhnya tidak perlu memakai masker di sebagian besar situasi di luar dan dalam ruangan.

Meski Disney World tidak mengharuskan pengunjung untuk membuktikan sudah vaksinasi, mereka menyarankan agar pengunjung terus mengikuti pedoman CDC. Pedoman itu adalah orang yang tidak divaksinasi tetap menggunakan masker di dalam ruangan, termasuk pada atraksi dan transportasi.

Selain itu, Disney merekomendasikan agar semua orang divaksinasi. Seiring dengan pedoman masker itu, taman hiburan tersebut akan mengurangi langkah jaga jarak, termasuk di toko, restoran, teater, meski beberapa pembatasan akan tetap ada.

"Penting untuk diingat bahwa beberapa pengalaman dan hiburan mungkin masih beroperasi dengan kapasitas terbatas atau mungkin tetap tidak tersedia untuk sementara," kata panduan terbaru taman itu di situsnya.

"Kami belum siap untuk mengembalikan semuanya, tetapi kami optimis dan menantikan hari ketika sahabat dan putri Disney dapat berpelukan sekali lagi," lanjut panduan Disney World itu.

 
2 dari 5 halaman

Pelonggaran Aturan

Pada puncak pandemi, Disney membuat kebijakan, siapapun yang berusia di atas dua tahun harus mengenakan masker. Masker yang dipakai itu harus dua lapis bahan breathable  yang menutupi hidung, mulur, dan dagu mereka.

Pihak Disney juga melarang pengunjung makan dan minum sambil berjalan di dalam taman hiburan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Karyawan Disney atau yang disebut cast members melaporkan bahwa pengunjung melecehkan dan bahkan meludahi mereka karena menjalankan kebijakan ini.

Mengingat makin banyak orang Amerika yang divaksinaksi dan jumlah kasus Covid-19 menurun, kedua taman Disney Amerika telah melonggarkan kebijakan mereka. Disney World menghapus aturan pemakaian masker luar ruangan mereka pada 15 Mei 2021 dan Disneyland akan dibuka untuk pengunjung dari luar California pada 15 Juni 2021.

Disney bukan satu-satunya yang melonggarkan kebijakan masker untuk pengunjung. Taman hiburan lainnya, seperti Universal Orlando, SeaWorld Orlando, dan Busch Gardens juga telah membuat masker sebagai opsi untuk tamu yang divaksinasi.

3 dari 5 halaman

Pengumuman Sebelumnya

Pengunjung di Walt Disney World di Orlando, Florida, Amerika Serikat tidak lagi diharuskan memakai masker di luar ruangan. Pada Jumat, 14 Mei 2021, taman hiburan ini mengumumkan bahwa mengenakan masker di lokasi luar ruangan kini opsional untuk semua pengunjung, baik yang sudah divaksinasi atau tidak.

Dilansir dari laman People, 16 Mei 2021, masker masih harus digunakan untuk semua Cast Member atau karyawan dan pengunjung Disney World yang berusia di atas dua tahun, bahkan mereka yang telah divaksinasi. Pemakaian masker setelah masuk dan di seluruh atraksi, teater dan transportasi, demikian bunyi informasi terbaru di situs webnya.

Masker harus dipakai setiap saat di dalam ruangan, kecuali jika tamu sedang makan atau berenang. Para tamu dapat melepas masker untuk sementara saat "aktif makan, minum", menurut pernyataan itu.

"Mulai 15 Mei, masker untuk pengunjung akan menjadi opsional di area umum luar ruangan di Walt Disney World Resort, dengan pengecualian bahwa pengunjung harus mengenakan masker dari pintu masuk di semua atraksi, teater atau transportasi dan selama pengalaman tersebut," kata juru bicara Disney kepada People dalam sebuah pernyataan.

Awal Mei 2021, Walt Disney World mengumumkan akan mulai secara bertahap mengurangi sejumlah pembatasan Covid-19 karena jumlah orang Amerika yang divaksinasi penuh terus meningkat. Dalam pembaruan sebelumnya di situs web resor, disebutkan bahwa taman hiburan ini akan mengurangi tindakan jarak fisik di "banyak area" taman dan akan mulai menghentikan pemeriksaan suhu secara bertahap untuk para tamu.

"Karena pedoman terus berkembang, kami dengan dukungan dari pejabat kesehatan dan pemerintah, akan membuat penyesuaian yang lebih bertahap," bunyi pembaruan dari Disney World itu.

4 dari 5 halaman

Yuk Kenali 4 Risiko Mobilitas Saat Liburan untuk Cegah Covid-19

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: