Sukses

Pangeran Harry Ambil Cuti Ayah 5 Bulan Setelah Kelahiran Lilibet Diana

Keputusan Pangeran Harry mengambil cuti setelah kelahiran Lilibet Diana, putrinya bersama Meghan Markle, ditanggapi pro kontra.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah menyambut kelahiran putrinya, Lilibet Diana Mountbatten-Windsor, Pangeran Harry berencana mengambil cuti ayah selama lima bulan. Ia akan beristirahat dari segala pekerjaan yang dilakoninya dan fokus membantu Meghan Markle mengurusi dua anaknya yang masih balita.

Waktu cuti yang diambil oleh Pangeran Harry jauh lebih lama jika dibandingkan dengan waktu cuti untuk ayah baru di Inggris. Sebelumnya saudara Pangeran Harry, Pangeran William hanya menikmati dua hingga tiga minggu ketika Pangeran George dan Putri Charlotte lahir, sedangkan dua hari cuti ketika Pangeran Louis lahir.

Dilansir dari The Sun, Selasa (8/6/2021), Pangeran Harry dan Meghan Markle akan menghabiskan liburan sebagai orangtua selama lima bulan di rumah mewah mereka yang ditaksir bernilai 11 juta pound sterling atau sekitar Rp222 miliar di California bersama anak pertama mereka Archie dan bayi Lilibet.

Penulis biografi Meghan dan Harry mengatakan bahwa mereka telah terbiasa melihat bangsawan senior kembali bekerja. Namun, Meghan dan Harry disebut menjadi teladan karena memberikan contoh yang baik. Keduanya menawarkan cuti orangtua hingga 20 minggu di Archewel, yayasan yang mereka dirikan. Ini akan menjadi libur terpanjang mereka dari segala pekerjaan setelah kelahiran bayi Lili.

Komentator kerajaan, Richard Fitzwilliams mengatakan bahwa cuti panjang yang diambil oleh Meghan dan Harry adalah salah satu manfaat dari Megxit, atau keputusan mereka untuk meninggalkan berbagai tugas dan pekerjaan anggota senior kerajaan.

"Tidak lagi menjadi bangsawan yang bekerja, maka mereka bebas melakukan segala hal yang diinginkan, kapan pun mereka mau. Ini menjadi salah satu manfaat keluar dari institusi kerajaan," kata Fitzwilliams.

 

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ingatan Masa Kecil

"Mereka dapat mengambil waktu cuti selama 40 minggu jika mereka menginginkannya. Jika Harry akan menghadiri pembukaan patung ibunya pada 1 Juli di London, maka kemungkinan kita akan melihat dan mendengar kabar tentang mereka. Namun, ada beberapa yang berharap tidak mendengar hal kontroversial tentang Harry dan Meghan selama 20 minggu ini," tambahnya.

Berita cuti panjang pasangan Sussex ini mulai beredar pada Senin, 7 Juli 2021, ketika ilustrasi baru dari buku anak-anak Meghan, The Bench dirilis sebelum publikasi di seluruh dunia. Ilustrasi tersebut menunjukkan Harry sedang duduk di taman dan memberi makan ayam bersama seorang bocah laki-laki ditemani oleh dua ekor anjing.

Penulis biografi kerajaan Penny Junor mengatakan bahwa lima bulan adalah waktu istirahat yang lama, tetapi hal tersebut baik untuk Meghan dan Harry agar mereka bisa lebih fokus untuk merawat bayi Lili.

"Saya percaya ikatan yang baik antara orang tua dengan anak-anak mereka dimulai ketika mereka masih sangat muda. Harry mungkin merasa orangtuanya terlalu sibuk saat dia masih kecil dan ia ingin memanfaatkan waktu yang ada bersama keluarga barunya. Saat kecil, kedua orangtua Harry sibuk bekerja sehingga ia menghabiskan waktu kecilnya bersama sang pengasuh," ujar Junor.

3 dari 4 halaman

Ditanggapi Sinis

Pasangan ini mengambil cuti dari segala pekerjaan di Archewell. Namun, Harry juga memiliki tanggung jawab lain di perusahaan berbeda, yakni sebagai “chief impact officer” sebagai firma kesehatan mental AS BetterUp.

Meghan dan Harry juga memiliki kerja sama dengan Spotify dan Netflix, ditambah kerja sama dengan Procter & Gamble untuk membantu pembangunan masa depan yang lebih adil dan sejahtera bagi para perempuan dan anak perempuan.

Namun, kabar mereka untuk mengambil cuti dalam waktu lama direspons kurang baik dari masyarakat. Beberapa warga Twitter mengolok-olok Harry dan Meghan dengan mengatakan, "Mereka akan mengambil cuti dari pekerjaan apa? Apa alasan mereka melakukannya? Wawancara Oprah yang berhasil mengecam Keluarga Kerajaan."

Lilibet lahir pada Jumat, 4 Juni 2021, di Rumah Sakit Santa Barbara College. Kelahirannya diumumkan beberapa hari kemudian. (Dinda Rizky Amalia Siregar)

4 dari 4 halaman

Geger Wawancara Meghan dan Harry

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.