Sukses

Jangan Langsung Unggah Foto Liburan ke Media Sosial, Begini Alasannya

Walau terdengar sepele, berbagi foto liburan ke media sosial justru berdampak pada keamanan diri.

Liputan6.com, Jakarta - Kegiatan yang biasanya dilakukan saat liburan adalah berfoto. Rasanya tak lengkap liburan tanpa menangkap satu-dua momen dalam bentuk potret. Di era digital seperti sekarang, kebanyakan pelancong langsung mengunggah beberapa foto yang dianggap terbaik ke media sosial.

Walau terkesan sepele, tapi coba pikirkan lagi. Dilansir dari The Sun, Rabu, 2 Juni 2021, mengunggah foto ke media sosial saat sedang liburan berdampak pada keamanan. Menurut salah seorang ahli perjalanan, mengunggah foto liburan bisa meningkatkan risiko dirampok atau dicopet saat sedang liburan.

Para ahli juga memperingatkan bahwa lebih banyak penjahat memakai media sosial untuk menemukan properti yang mereka tahu mungkin kosong sebagai target pencurian.

Menurut Direktur Komunikasi NordVPN, Ruby Gonzales, membagikan foto saat liburan ternyata bisa jadi celah penjahat mencuri di rumah yang ditinggalkan.

"Mengunggah foto liburan dan memberi tahu semua orang bahwa Anda sedang menikmati koktail di pantai yang cerah memang menyenangkan. Namun, itu juga mengirimkan sinyal yang jelasepada pencuri bahwa rumah Anda kosong," terangnya.

Sementara itu, Asosiasi Perjalanan Inggris (ABTA) mengimbau wisatawan untuk selalu berhati-hati saat ingin membagikan foto liburan. Sebuah survei yang dilakukan pada dua ribu orang mengungkap bahwa satu dari 12 warga Inggris telah dirampok setelah mengunggah foto liburan mereka di media sosial.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara yang Aman

Jadi, bagaimana cara yang aman untuk mengunggah foto liburan? Anda disarankan melakukannya saat sudah kembali ke rumah atau selesai berlibur.

Jika memang sudah tidak sabar membagikan foto liburan, sebaiknya tidak memberi tag lokasi atau menunjukkan lokasi liburan Anda. Hal ini penting untuk menghindari orang lain mengetahui posisi Anda.

Cara lainnya, Anda bisa mengunci akun media sosial Anda, sehingga hanya orang-orang terdekat yang melihat foto liburan Anda. Langkah ini juga memudahkan Anda untuk mengetahui siapa saja yang melihat unggahan foto liburan Anda.

3 dari 3 halaman

5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.