Sukses

Kompetisi Foto UNDP Ingatkan Peran Penting Perempuan di Sektor Energi Berkelanjutan

Kompetisi foto dengan tema Perempuan dan Energi Bersih dibuat untuk menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap 5 Juni, kita memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2021. Ada berbagai cara untuk menyambutnya. Salah satunya dilakukan Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (United Nations Development Programme) atau UNDP Indonesia. Melalui Proyek Market Transformation for Renewable Energy and Energy Efficiency (MTRE3) mereka kembali menggelar kompetisi foto dengan tema “Perempuan dan Energi Bersih”.

Tujuan kompetisi ini adalah mengajak generasi muda bersuara dalam peran inspiratif perempuan dalam sektor energi berkelanjutan. Selain itu, untuk membangkitkan kesadaran peran penting perempuan di sektor energi berkelanjutan.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Senin, 24 Mei 2021, Laporan Pembangunan Dunia 2012 dari Bank Dunia tentang gender menyebutkan bahwa pekerjaan dan keterlibatan perempuan di sektor energi adalah setengah dari pekerjaan laki-laki (WDR, 2012).

Meski begitu, potensi peningkatan kualitas hidup yang ramah lingkungan di sektor Energi Bersih atau Energi Baru Terbarukan (EBT) dan Konservasi Energi (Penghematan Listrik) perlu didukung baik oleh laki-laki dan perempuan agar Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dapat tercapai.

Untuk itu, UNDP Indonesia dan Kementerian ESDM melalui proyek MTRE3 mendukung keterlibatan perempuan di bidang energi. Proyek ini mempromosikan praktek cerdas baik dari segi desain maupun penerapan dari EBT dan Konservasi Energi (Penghematan Listrik) di Indonesia, terutama melalui Rencana Aksi Nasional Penurunan Gas Rumah Kaca (RAN-GRK).

Sementara untuk kompetisi foto, peserta harus berusia 17-25 tahun dan bisa mengirimkan hasil jepretan foto, baik lewat kamera ponsel ataupun kamera profesional.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Deskripsi Menarik

Hasil foto diunggah ke akun instagram milik peserta dengan menyertakan #PerempuanEnergiBersih #KompetisiFotoUNDP dan mencantumkan akun @undpindonesia dan @katadatacoid yang sudah diikuti.

Peserta juga harus memberikan deskripsi menarik tentang foto yang dikirim paling lambat pada 29 Mei 2021. Peserta dibatasi hanya mengirimkan satu foto per orang dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya.

Pemenang akan diumumkan pada acara SDG Talks Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada 4 Juni 2021, yang menghadirkan tokoh muda inspiratif dalam gerakan gaya hidup hemat energi. Tiga orang pemenang akan mendapatkan hadiah voucer senilai total Rp5,5 juta.

Untuk informasi lebih lanjut seputar kompetisi foto menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2021, bisa dilihat di laman resmi UNDP Indonesia.

3 dari 3 halaman

3 Kelompok Harus Dilindungi Saat Jaga Jarak Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.