Sukses

10 Langkah Bersihkan Lemari Es, Hilangkan Bakteri dan Bau Tak Sedap

Liputan6.com, Jakarta Selama pandemi, orang-orang menjadi lebih sering menyetok bahan makanan di lemari es. Baik bahan mentah, setengah matang maupun matang. Berbelanja banyak sekaligus dan menyimpannya ke dalam lemari.

Semakin banyak makanan yang masuk bisa membuat lemari es menjadi penuh dan terkadang membuat dinginnya lemari es menjadi tidak optimal. Padahal menjaga suhu lemari es dalam kondisi baik dapat menjaga kualitas makanan dan membunuh bakteri.

Untuk menjaga makanan di dalam lemari es tetap berkualitas, bebas bakteri dan bau serta mendukung kinerja mesin lemari es selalu efektif, maka perlu melakukan pembersihan lemari es secara teratur. Beberapa orang menyarankan untuk membersihkan lemari es secara rutin, sebulan sekali, tetapi jika Anda dapat melakukan pembersihan mingguan tentunya itu akan lebih baik.

Terlebih dahulu siapkan perlengkapan pembersih, mulai dari sarung tangan, baking soda atau cairan pembersih untuk lemari es, botol semprotan, spons, sikat gigi bekas, kain, pensil, selotip, hingga wadah makanan yang dapat digunakan kembali. Simak langkah pembersihan lemari es berikut ini.

1. Libatkan anggota keluarga

Membersihkan lemari es perlu melibatkan anggota keluarga, karena berpotensi membuang beberapa makanan baik itu favorit keluarga atau teman sekamar Anda. Sisi positifnya adalah pekerjaan jadi akan lebih mudah, bila ada orang yang membantu Anda membersihkan lemari es.

2. Kumpulkan persediaan

Dua tantangan pembersihan terberat di lemari es adalah bau dan noda. Untuk mengatasinya, Anda memerlukan dua larutan pembersih yang ampuh, dibuat dengan soda kue dan cuka. Perlengkapan praktis lainnya sudah disinggung di awal seperti spons, sikat gigi bekas, dan kain lap.

Karena lemari es adalah tempat makanan hidup, Anda juga perlu menggunakan kesempatan ini untuk memberi label, dan menandai makanan. Itulah fungsinya menyiapkan selotip, pensil di awal dan toples atau wadah lain yang aman untuk makanan yang dapat digunakan kembali dalam jarak tertentu.

2 dari 4 halaman

3. Kosongkan lemari es

Sebelum mulai membersihkan bagian dalam lemari es, Anda harus mengeluarkan semua yang ada di dalamnya. Kosongkan countertops atau meja, dan taruh semuanya di baki agar mudah dipindahkan.

Setel pengatur waktu selama dua jam, itu kira-kira jumlah waktu maksimum bahan yang mudah rusak harus dibiarkan pada suhu ruangan. Jika Anda memiliki tas pendingin atau kotak untuk menjaga suhu dingin, pindahkan dulu makanan-makanan yang memang perlu dijaga suhunya.

4. Beri label dan gabungkan

Beri ruang di lemari es Anda dengan membuang semua makanan yang tidak diinginkan dan sudah busuk. Bagaimana Anda bisa tahu? Cek tanggal kedaluwarsa yang tercetak pada makanan. Cara lain untuk mengetahui apakah makanan aman dikonsumsi adalah dengan menggunakan mata dan hidung Anda. Buang makanan yang berjamur, berlendir, atau berbau tidak sedap.

Pindahkan semua yang Anda simpan ke dalam wadah dengan ukuran yang sesuai untuk memaksimalkan ruang lemari es, dan tempelkan label dengan keterangan isi dan tanggal.

5. Lepaskan laci dan rak

Keluarkan setiap bagian yang dapat dilepas dari lemari es Anda, termasuk rak dan laci yang dapat dilepas. Ini akan membantu Anda untuk membersihkan bagian dalam lemari es.

3 dari 4 halaman

6. Bersihkan bagian dalam lemari es

Bersihkan bagian dalam lemari es Anda dengan cairan pembersih yang untuk lemari es, gunakan spons atau lap, dan sikat gigi untuk tempat-tempat yang sulit dijangkau. Untuk noda membandel, gunakan soda kue dan air panas, dan biarkan hingga kotoran mengendur. Seka soda kue dengan lap basah, lalu usapkan kain kering pada bagian dalamnya.

7. Cuci laci dan rak

Cuci laci dan rak ini dengan air panas dan sabun cuci piring. Karena bagian ini seringkali lebih besar dari bak cuci standar, Anda mungkin perlu mencucinya di bak mandi yang penuh dengan air sabun atau di luar, dengan selang. Jika Anda memiliki rak kaca, lepaskan kaca dari penyangga plastiknya agar lebih mudah dibersihkan. Setelah rak Anda bersih dan kering, maka siap kembalikan ke lemari es.

8. Kembalikan makanan

Setelah bagian dalam lemari es sudah kering, laci dan rak juga sudah disusun rapi kembali, maka saatnya menyimpan makanan. Periksa semua makanan Anda, ini adalah saat yang tepat untuk mengatur ulang lemari es. Jika sudah diatur ulang, jangan lupa untuk memberi tahu orang lain di rumah Anda tentang penataan terbaru.

9. Bersihkan bagian luar

Bagian luar lemari es juga bisa kotor. Semprotkan pintu, dengan perhatian khusus pada gagang dan gasket karet, lalu keringkan dengan handuk bersih atau kain mikrofiber. Jika sekitarnya lemari es penuh dengan remah-remah, Anda dapat menggunakan penyedot debu. Sikat gigi bekas juga bisa berguna di sini.

 

4 dari 4 halaman

10. Periksa Bak Penampung Air

Merupakan bagian lemari es yang sering terlupakan, drip pan menampung kondensasi lemari es, dan meskipun tidak memerlukan pembersihan rutin, ada baiknya untuk mengosongkan dan membersihkannya sesekali. Pada kebanyakan lemari es, drip pan terletak di bagian paling bawah lemari es, di belakang panel kick. Cungkil panel kick, lalu tuangkan air apa pun dari drip pan dan usap dengan cepat sebelum memasangnya kembali.

 

(*)