Sukses

3 Resep Praktis Sajian Lezat Berbahan Keju yang Bikin Ketagihan

Keju dapat diolah menjadi santapan yang tak hanya lezat, tetapi juga mudah dibuat.

Liputan6.com, Jakarta - Tak hanya telur, ada begitu banyak bahan-bahan yang dapat diolah menjadi beragam sajian. Salah satunya, resep praktis dapat tercipta dari olahan keju.

Sederet macam keju dapat dimasak menjadi sajian-sajian yang lezat dan siap memanjakan lidah. Anda juga dapat menyesuaikan seberapa banyak pemakaian dan jenisnya sesuai dengan selera Anda dan keluarga di rumah.

Lantas, apa saja resep-resep praktis dengan olahan keju? Yuk, simak rangkuman selengkapnya seperti dilansir dari laman PinkVilla, Minggu, 16 Mei 2021, berikut ini.

1. Bola-bola keju

 

Rebus 2--3 kentang berukuran sedang dan kupas setelah mendidih. Hancurkan kentang dan campur dengan 50 gram keju cheddar parut. Bumbui dengan garam dan merica.

Tambahkan tepung olahan untuk mengikat adonan. Buat bola-bola kecil dari adonan dan goreng dalam minyak selama 2--3 menit dengan api sedang. Setelah matang, sajikan bola-bola keju selagi hangat.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Mac and cheese

Masak 200 gram makaroni dalam air mendidih dan saring. Panaskan 2 sdm mentega dalam wajan dan tambahkan 1 cangkir susu ke dalamnya.

Tambahkan 3 sdm tepung ke dalamnya diikuti dengan 1/2 cangkir keju parmesan. Bumbui dengan garam dan merica dan kocok. Matikan api setelah saus mengental. Olesi loyang dengan mentega dan taruh makaroni rebus di dalamnya.

Tuang saus yang sudah disiapkan di atas makaroni. Panggang sedikit remah roti dengan mentega dan taburkan di atas saus. Tambahkan keju parut di atasnya dan panggang dengan suhu 200 derajat Celsius selama 20 menit.

3 dari 4 halaman

3. Pizza margherita

Buat adonan dengan mencampurkan 2 cangkir tepung terigu, 1/2 sdt ragi instan, 1/4 sdt gula pasir, sedikit garam, 2 sdm minyak dan 1/2 sdm air jeruk nipis. Uleni agar lembut dan halus dan diamkan.

Panaskan oven dengan suhu 250 derajat Celsius dan gulingkan adonan hingga rata untuk membuat dasar pizza. Tambahkan sedikit saus pizza ke dasar dan panggang selama 10 menit. Lalu, tambahkan keju mozzarella parut di atasnya dan beberapa cabai. Sajikan selagi panas.

 
4 dari 4 halaman

Diplomasi Lewat Jalur Kuliner

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.