Sukses

6 Es Teh Herbal Cocok untuk Buka Puasa agar Tubuh Sehat dan Prima

Es teh herbal memiliki banyak manfaat untuk berbuka puasa setelah seharian beraktivitas.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak minuman yang bisa jadi pilihan untuk berbuka puasa, salah satunya dengan mengonsumsi es teh herbal. Selama ini es teh sendiri bermanfaat untuk menjaga tubuh terhidrasi dan juga menjadi pengganti minuman manis.

Banyak kreasi minuman es teh dengan bahan-bahan herbal untuk mengembalikan tubuh agar tetap sehat dan prima usai berpuasa. Liputan6.com merangkum enam es teh herbal yang dilansir dari laman Bold Sky, Rabu, 28 April 2021.  Yuk, simak!

1. Es Teh Lemon Balm

Lemon balm adalah tanaman herbal yang termasuk dalam keluarga “mint”. Ramuan beraroma lemon sangat dikenal karena kemampuannya menyegarkan dan menenangkan. Musim kemarau, minum es teh lemon balm secara efektif dapat mengurangi panas tubuh dan gejala seperti mual, pusing, dan meningkatkan kekebalan karena adanya kandungan tanin dan polifenol.

2. Es Teh Jahe

Minuman yang cocok untuk buka puasa di musim kemarau yaitu es teh jahe. Minuman ini dikenal karena efek hipertermiknya, artinya dapat meningkatkan panas tubuh. Walaupun dapat meningkatkan panas tubuh, menambahkanya dengan es batu dapat mendinginkan tubuh di lingkungan yang panas.

3. Es Teh Mint

Salah satu minuman cocok untuk buka puasa ialah es teh mint. Kandungan ini memiliki senyawa yang diinduksi dingin yang dapat memberi sensasi menyegarkan di tubuh. Tanaman ini juga dikenal untuk menyeimbangkan elektrolit tubuh dengan menyediakan ion natrium dan kalium yang penting dalam tubuh.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Es Teh Kelopak Mawar

Kelopak mawar memiliki sifat mendinginkan dan astringen. Sifat ini terkandung pada kelopak bunga yang membantu meredakan iritasi pada sistem pencernaan. Selain itu, efek pendinginannya menenangkan panas tubuh dan mencegah komplikasi yang berkaitan dengan panas musim kemarau.

 5. Es Teh Ades

Biji Ades adalah ramuan yang paling mudah didapatkan dan paling efektif untuk menurunkan panas tubuh. Mengonsumsi minuman ini dapat membantu menghidrasi kulit dan meningkatkan kekebalan tubuh, karena adanya vitamin C. Jadi, minuman ini sangat cocok untuk menu buka puasa setelah seharian aktivitas terkena sengatan matahari.

6. Es Teh Kamomil

Kamomil tidak hanya dikenal membantu meningkatkan kualitas tidur dan mengurasi stres. Tetapi juga menjadi ramuan herbal yang ampuh untuk mendinginkan tubuh dan menenangkan ruam panas serta mencegah tubuh dari efek sengatan matahari. Teh kamomil juga merupakan teh yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia. (Muhammad Thoifur)

3 dari 3 halaman

Poin-Poin Penting Usulan RUU Larangan Minuman Beralkohol

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.