Sukses

3 Langkah Extra Aman dan Nyaman Belanja Online di Bulan Ramadan

Biar semakin extra aman dan nyaman saat belanja online selama Ramadan, kamu bisa menggunakan Smartfren Unlimited di jaringan 100% 4G yang bisa dinikmati pada pukul 01.00-05.00 WIB.

Liputan6.com, Jakarta Aktivitas berbelanja kini sedikit berubah. Sebelum ada pandemi, orang-orang cenderung berbelanja secara konvensional alias datang langsung ke toko. 

Namun sejak setahun terakhir tepatnya saat pandemi, ternyata aktivitas belanja online mengalami peningkatkan dari 4,7% menjadi 28,9%. 

Akan tetapi ketika akan belanja online, tak sedikit yang merasa khawatir. Ya, masyarakat khawatir takut ditipu oleh pedagang. 

Bukan hanya menyoal keamanan transaksi saja, tapi juga terhadap barang yang dijual, apakah produk tersebut kualitasnya terbaik atau justru sebaliknya. 

Nah di bulan Ramadan ini, aktivitas belanja online pun meningkat. Lantaran masih dalam kondisi pandemi, orang-orang cenderung menyukai belanja online karena dinilai lebih praktis dan efisien. 

Ya, semua barang atau kebutuhan bisa dicari hanya lewat genggaman tangan saja. Agar nyaman saat belanja online, yuk simak tiga langkah berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Pilih Situs Terpercaya

Sebagian besar kasus penipuan dan pencurian identitas terjadi ketika transaksi dilakukan melalui media sosial atau situs belanja yang tidak kredibel. Belajar dari pengalaman di atas, seharusnya bisa menjadi alasan mengapa kamu harus belanja online lewat situs populer dan terpercaya.

Saat memilih situs belanja online, ada baiknya kamu juga memperhatikan atau mengecek tentang kepuasan konsumen terhadap E-commerce tersebut. 

Hal itu tentunya akan menjadi bukti dari legitimasi situs tersebut. Oh ya, di poin ini kamu juga harus mengecek sistem pembayarannya ya!

 

3 dari 4 halaman

2. Baca Deskripsi Produk dengan Teliti

Sebelum memilih barang yang akan dibeli, ada baiknya kamu membaca dengan seksama deskripsi dari produk yang akan dijual. Jangan sampai, kamu terkecoh melihat harga murah dari situs jual beli online ya! Jika harga yang ditawarkan lebih jauh dari harga pasaran, jangan langsung dibeli. Hati-hati terkecoh dengan barang bermerek yang dijual dengan potongan harga sangat besar ya!

4 dari 4 halaman

3. Pilih Cara Pembayaran yang Aman

Ketika kamu belanja online, cobalah pilih sistem pembayaran yang aman. Kamu juga harus tahu bahwa setiap toko online memiliki aturan sendiri. Oleh karena itu, mulailah memilih sistem pembayaran yang aman, seperti lewat M-banking. Ketika menggunakan M-Banking, pastikan internet kamu lancar agar tidak bermasalah pada saat melakukan pembayaran.

Nah, biar semakin extra aman dan nyaman saat belanja online selama Ramadan, kamu bisa menggunakan Smartfren Unlimited karena ada Extra Unlimited Malam Full Speed di jaringan 100% 4G yang bisa dinikmati pada pukul 01.00-05.00 WIB. Banyak hal berfaedah yang bisa kamu lakukan, mulai dari streaming untuk ide masak menu sahur, buat kamu yang merantau bisa video call dengan keluarga sehingga kebersamaan tetap berasa atau kamu bisa juga membagikan konten berfaedah buat sesama dan bagikan di media sosial. Sahur kamu jadi nggak biasa deh, berasa Extra!

Extra Unlimited Malam Full Speed semakin melengkapi benefit Smartfren Unlimited yang sudah ada sebelumnya dan tanpa ada kenaikan harga dari yang sebelumnya. Penasaran kan pengen coba langsung aja cek di sini. 

Di Ramadan kali ini juga, Smartfren memberikan banyak extra hadiah. Salah satunya melalui rangkaian kegiatan yang bertajuk #RamadanExtraFaedah, Smartfren mengajak untuk membuat konten extra faedah dalam bentuk foto atau video. Sebelum di-upload ke media sosial, jangan lupa follow dan mention @smartfrenworld dan gunakan tagar #RamadanExtraFaedah dan #UnlimitedBisaSemua. Dengan mengikuti langkah itu, kamu berkesempatan memenangkan banyak hadiah di antaranya Sony Playstation 5, iPhone 12, kamera mirrorless, laptop, smartphone kece, dan masih banyak lagi. Buruan kamu langsung cek di sini.

Belum berhenti disitu, Smartfren juga berbagi rejeki melalui program Rejeki WOW Treasure Hunt. Cara ikutannya gampang kok, download/update aplikasi MySmartfren versi terbaru, perbanyak transaksi, dan menangkan hadiah pastinya. Nah, hadiah WOW sudah menantimu, mulai dari pulsa, smartphone, laptop, tabungan, motor, hingga hadiah utama berupa mobil. Yuk, jangan lewatkan kesempatan ini karena semua pasti bisa menang! Kamu yang pertama kali download aplikasi MySmartfren juga bisa mendapatkan bonus kuota 5 GB lho! 

Biar Ramadan kamu lebih extra faedah dan extra pahala, kamu bisa berpartisipasi mendukung UMKM para penyandang disabilitas dengan melakukan pembelian merchandise khusus Ramadan berupa Kemeja Koko dan Scarf yang merupakan hasil kokreasi Smartfren dengan seniman visual Hana Madness dan produsen fesyen lokal koolastuffa. Nantinya hasil penjualan disalurkan lewat Yayasan Benih Baik Indonesia untuk kebutuhan peralatan pendukung penyandang disabilitas, dan mendukung pembangunan rumah baca. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat jadi inspirasi yang memacu kreativitas dan membuka peluang baru bagi generasi muda Indonesia. Info lengkap kunjungi www.koolastuffa.com

 

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini