Sukses

Midori, Koala Tertua yang Cetak Rekor Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Berbeda dengan koala lain, Midori jadi seekor koala yang berusia 24 tahun yang masih hidup. Ia melampau usia rata-rata hidup. Koala Victoria yang tinggal di Jepang itu kini diakui sebagai koala hidup tertua, dan tertua di penangkaran oleh Guinness Book of World Records.

Saat ini, Midori tinggal di Awaji Farm Park England Hill di Minami Awaji, Prefektur Hyogo,  menurut guinnessworldrecords.com. Rata-rata, koala hidup sampai usia 15 sampai 16 tahun. Anehnya, Midori masih aktif secara fisik, memanjat pohon, makan sendiri, dan dalam kondisi di mana dia bisa muncul di depan pengunjung, melansir dari Indian Express, Rabu, 21 April 2021.

Menurut Kazuhiko Tahara, Kepala England Hill, kesehatan dan umur panjang Midori tidak akan mungkin terjadi tanpa dukungan orang lain. Ia makin senang melihat Midori tidak hanya menerima satu tapi dua sertifikat Rekor Dunia Guinness.

"Saya sangat bersyukur bahwa dia disertifikasi untuk rekor yang begitu terhormat, dan memberikan kesempatan bagi banyak orang untuk mengetahuinya," ujarnya.

Pada hari-hari biasa, Midori (seperti koala lainnya) makan dan tidur, dan kemudian mengulangi siklus itu. Terkadang penjaga kebun binatang harus membantunya memberi makan atau mengeluarkan kotorannya. 

 

2 dari 4 halaman

Koala Terlemah di Masa Kecil

Midori lahir pada 1 Februari 1997 di Australia. Pada 2003, Midori dikirim dari Taman Nasional Yanchep ke Prefektur Hyogo sebagai hadiah dari pemerintah negara bagian Australia Barat.

Menurut penjaga yang merawat Midori, sifat uniknya muncul langsung setelah memanjat pohon. Dia menggelengkan kepalanya dan memasang wajah sombongnya. Menurut situs web, Midori adalah satu dari empat koala yang datang ke Taman Inggris pada 2003.

"Dia adalah yang tertipis dan paling tak berdaya dari keempatnya. Kami tidak berharap dia hidup lama karena alasan itu, jadi dia mengejutkan kami," seru Kazuhiro.

England Park adalah satu-satunya kebun binatang di Jepang yang merawat koala Victoria. Tempat tersebut jadi lokasi pembiakan juga untuk mempertahankan populasi koala Victoria di Jepang.

3 dari 4 halaman

Imbauan Penyembelihan Hewan Kurban Saat Pandemi Covid-19

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: