Sukses

Jerawat Punggung, Mungkin Ini Penyebabnya

Liputan6.com, Jakarta Jerawat adalah salah satu masalah pada wajah. Terkadang adanya jerawat, bisa membuat kepercayaan diri memudar. Apalagi jika jerawat banyak di wajah. Namun, jerawat tak hanya ada di wajah saja, tetapi bisa di punggung bahkan jika ada hal itu sangat sakit jika disentuh.

Dilansir liputan6, ada beberapa penyebab jerawat bisa timbul di punggung. Berikut penjelasannya.

Pakaian

Hal pertama adalah karena menggunakan pakaian yang kotor atau menggunakan pakaian yang sempit. Hal itu bisa membuat keringat tubuh menempel pada kulit dan membuay iritasi. Alhasil, bisa membuat timbulnya jerawat pada punggung.

Alangkah baiknya, jangan menggunakan pakaian yang ketat. Selain kurang nyaman, pakaian ketat bisa menyebabkan timbulnya jerawat di punggung.

Hormon

Selain karena pakaian, penyebab jerawat ada di punggung bisa dikarenakan hormon seseorang. Jika seseorang menggunakan steroid anabolik atau suplemen testosteron, itu dapat meningkatkan produksi minyak kulit mereka dan menyebabkan jerawat yang parah pada punggung, dada, dan wajah. Ketidakseimbangan hormon seperti yang terlihat pada ovarium polikistik juga dapat mempengaruhi kulit pada saat yang sama.

Masalah genetik

Jerawat di punggung disebabkan oleh masalah genetik. Hal itu dipengaruhi dari turunan keluarga. Bisa dari orang tua maupun anggota keluarga lainnya. Untuk mengatasinya, kamu bisa konsultasikan ke dokter kulit.

Tempat tidur kotor

Faktor lain adalah tempat tidur kotor. Kapan kamu terakhir kali membersihkan tempat tidur? Jika sudah lama, tentu hal itu bisa menyebabkan bakteri dan kuman menampel pada kasur. Alhasil, bisa menyebabkan jerawat pada kulit termasuk punggung.

Maka dari itu, bersihkan tempat tidur secara rutin. Bila ingin praktis, kamu bisa menggunakan jasa cuci kasur yang kini ada media sosial. Dengan mencucinya secara rutin, kuman dan bakteri tak akan menempel di kasur. Lagi pula, bisa membuat tidurmu nyaman dan menghindari jerawat pada punggung.

 

(*)