Sukses

5 Manfaat Besar di Balik Kebiasaan Gaya Hidup Sehat Sejak Dini

Liputan6.com, Jakarta Pandemi Covid dan perkembangan teknologi telah memberikan banyak perubahan yang signifikan dalam kehidupan manusia. Gaya bekerja, berkomunikasi, berbusana hingga berbelanja mengalami perubahan. Namun, ada satu gaya hidup yang tak boleh berubah yakni gaya hidup sehat.

Gaya hidup sehat sangat penting diterapkan setiap orang dalam kehidupan sehari-hari. Kalau perlu lakukan sedini mungkin agar kualitas hidup lebih baik hingga dewasa nanti. 

Agar termotivasi untuk menerapkan gaya hidup sehat, ingat kembali sejumlah manfaat besar di balik itu.

1. Meningkatkan imun tubuh

Gaya hidup sehat yang dibangun secara konsisten dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh (imun) sehingga tidak mudah terserang virus dan bakteri. Terlindungi dari virus tentunya membuat Anda terhindari dari penyakit.

2. Memacu energi dan semangat baru

Gaya hidup sehat dengan konsumsi makanan bergizi, olahraga dan istirahat cukup dapat membantu meningkatkan produksi energi di dalam tubuh. Jika energi banyak maka tubuh akan semakin bersemangat untuk melakukan segala aktivitas dan pekerjaan.

 

2 dari 2 halaman

3. Mengontrol berat badan

Pusing karena berat badan naik atau kegemukan? Hal ini tidak akan terjadi jika Anda menerapkan gaya hidup sehat secara benar. Gaya hidup sehat membantu Anda mengontrol berat badan, Anda akan tahu asupan lemak, kolesterol dan gula yang perlu dikonsumsi sehari-hari. 

Ada sumber karbohidrat lain yang tidak kalah baik untuk kesehatan, yakni oatmeal. Manfaat oatmeal berikutnya baik bagi Anda yang ingin menjauhi makanan berkolesterol tinggi. Serat larut pada oat akan membentuk gel kental yang membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan menstabilkan kadar glukosa darah.

4. Meningkatkan mood dan memori otak

Gaya hidup sehat dapat memperbaiki suasana hati seseorang dan menghindarkannya dari depresi, serta meningkatkan memori di otak. Ketika berolahraga, tubuh akan menghasilkan hormon endorfin yang bisa memicu perasaan senang dan bahagia.

5. Kualitas hidup lebih baik

Manfaat penting yang bisa didapatkan para milenial dengan menerapkan gaya hidup sehat adalah dapat menghindarkan dari berbagai penyakit berbahaya di masa depan yang sangat berpotensi menjadi penyebab kematian. Terhindar dari berbagai penyakit seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, osteoporosis, dan banyak penyakit lainnya merupakan manfaat hidup sehat dan untuk jangka panjang.

 

(*)