Sukses

Resep Kombucha Lemon, Minuman yang Penjualannya Naik karena Jungkook BTS

Anda bisa membuat lebih dulu kombucha rumahan sebelum mendapat rasa lemon seperti yang diminum Jungkook BTS.

Liputan6.com, Jakarta - Sekali lagi Jungkook BTS memenuhi julukannya sebagai "King of Sold Out." Kali ini, giliran minuman teh fermentasi, kombucha, lebih tepatnya kombucha rasa lemon, yang jadi sasaran pelantun lagu Euphoria tersebut.

Melansir laman allkpop, Kamis, 11 Maret 2021, penjualan teh kombucha dari produsen minuman yang muncul di V LIVE Jungkook pada Sabtu, 27 Februari 2021 tersebut naik sampai 500 persen. Itu tercatat tak lama setelah klip siaran langsung idol 23 tahun tersebut beredar.

Pada siaran langsung Minggu, 7 Maret 2021, maknae grup yang telah terkonfirmasi sebagai penampil Grammy Awards 2021 tersebut bahkan "mengeluh" bahwa ia tak lagi bisa membeli kombucha lemon. "Saya hanya dapat dua pak. Kalian terlalu cepat," tuturnya menggoda ARMY, sebutan penggemar BTS.

Selain turut mendukung bisnis lokal dengan membeli produk jadi, sebagaimana juga diucapkan Jungkook, kombucha sebenarnya bisa dibuat sendiri di rumah. Menurut laman liveeatlearn, ada berbagai tahap membuat kombucha dengan waktu fermentasi bervariasi, yakni antara tiga hari sampai satu bulan.

Tapi, fermentasi pertama kombucha jadi salah satu yang cukup populer dengan masa fermentasi 6--10 hari. Jadi, sebelum menambahkan cita rasa lemon, Anda mesti lebih dulu membuat kombucha. Tapi, tahap ini bisa dilewati dengan langsung membeli plain kombucha.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bahan dan Langkah Membuat Kombucha

Bahan-bahan:

2--3 liter air keran yang dipanaskan sampai mendidih lalu didiamkan selama semalam

8 kantong teh hijau atau teh hitam

1 cup gula putih

1--2 buah SCOBY yang sudah jadi

Secukupnya larutan starter. SCOBY biasanya dijual satu paket dengan larutan starter atau juga dikenal dengan cuka kombucha.

Langkah Pembuatan:

1. Didihkan air dalam panci bersih. Angkat dan tambahkan gula dan teh. Biarkan terendam sementara air mendingin hingga mencapai suhu ruang.

2. Pastikan tangan Anda bersih dan keluarkan SCOBY dengan lembut dan letakkan di piring.

3. Setelah benar-benar bersuhu ruang, tuangkan campuran teh dan gula ke dalam stoples, lalu tuangkan starter kombucha tanpa rasa. Jika Anda menggunakan dua stoples, tuangkan setengah starter kombucha ke masing-masing stoples.

4. Masukkan SCOBY ke dalam stoples dengan hati-hati, lalu tutup dengan beberapa lapis kain. Pastikan rapat sebelum dikencangkan dengan karet gelang.

5. Letakkan stoples di tempat yang gelap dengan suhu antara 21--24 celcius selama 6--10 hari. Mulailah mencicipi teh sekitar enam hari dengan menarik sedikit teh menggunakan sedotan kertas. Sebagai catatan, semakin hangat suhu, semakin cepat kombucha berfermentasi.

3 dari 4 halaman

Kombucha Lemon

Mengutip laman fitfoodiefinds, bahan-bahan membuat kombuca lemon adalah:

1 botol kombucha polos atau sekitar 2 cangkir kombucha buatan sendiri

1/2 cup jus lemon segar

1 sendok makan gula kelapa

1 cup air

Langkah Pembuatan:

1. Dalam teko besar, campurkan 1 botol kombucha tawar dan jus dari empat lemon. Sisihkan.

2. Larutkan 1 sendok makan gula kelapa ke dalam air di mangkuk berbeda. Kemudian tuang air ke dalam campuran kombucha dan lemon. Aduk rata.

3. Sajikan dengan es batu untuk lebih nikmat dan bisa juga ditambah irisan lemon.

4 dari 4 halaman

5 Khasiat Madu untuk Perawatan Kecantikan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.